Yuk, Punya Hobi! 21 Hobi ini Cocok Dilakukan oleh Para Stay at Home Moms

Yuk, Punya Hobi! 21 Hobi ini Cocok Dilakukan oleh Para Stay at Home Moms

3.7K
Find three hobbies you love: one to make you money, one to make you in shape, and one to be creative.

Jadi mama dan sibuk terus, itu mah biasa banget. Kalau nggak sibuk dan nggak repot, barangkali kita juga bingung, Ma. Dan akhirnya malah pusing kalau nganggur seharian.

Nah, demi kesehatan jiwa, kita harus punya hobi. Harus, Ma, nggak bisa tidak. Kadang mungkin ada yang menyepelekan sebuah hobi.



Ah, buat apa sih? Ngabis-abisin duit aja.


Tahukah Mama, bahwa dengan hobi, psikis kita jadi lebih seimbang karena hobi berarti kesenangan. Dan hobi, nggak berarti harus mahal kok. Berikut ini ada 21 macam hobi yang cocok buat kita lakukan nih, Ma.

Dan nggak mahal.


1. Berkebun


Berkebun tak berarti harus punya halaman yang luas, Ma. Sedikit sudut di halaman rumah yang seuprit pun bisa kita manfaatkan sebagai “kebun”. Dengan berbagai teknik berkebun yang bisa Mama temukan di internet, Mama bisa menyulap lahan sempit menjadi kebun sayur atau kebun bunga. Nikmati setiap proses Mama berkebun, jangan dulu memikirkan hasilnya. Pahami setiap karakter tanaman yang tumbuh di kebun Mama, kalau perlu ajaklah bicara. Tanaman juga bisa mengerti dan memahami cinta Mama lho. Jangan salah. Mama akan kaget sendiri nanti, kalau tiba-tiba mereka membalas cinta Mama, saat panen tiba.


2. Menjahit

Menjahit bisa dimulai dari yang simpel-simpel, Ma. Bikin taplak sendiri, tatakan piring, tatakan gelas, tutup galon air mineral, apa pun. Mama bisa menemukan banyak tutorial di Pinterest dan blog-blog crafting. Mama juga bisa memanfaatkan kain perca, tak harus kain utuh. Mama bisa menyulap baju-baju si kecil yang sudah kekecilan tapi masih bagus, menjadi taplak meja yang cantik jika Mama pintar memadumadankan motifnya. Kalau Mama sudah berhasil menjahit barang-barang yang sederhana, coba tingkatkan kemampuan Mama.


3. Cake decorating

Mama suka membuat kue? Cake decorating bisa menjadi hobi yang selanjutnya dapat Mama kembangkan. Mama juga nggak perlu kue yang terlalu besar kan? Mama bisa memulainya dengan menghias cupcakes, misalnya.


4. Fotografi

Hobi fotografi kini juga nggak semahal dulu. Kalau dulu, untuk menjadikan fotografi sebagai hobi yang serius, Mama harus punya kamera yang segede gaban juga harus menyisihkan uang untuk cuci dan cetak film. Sekarang? Pakai smartphone pun jadi. Dengan kamera yang super canggih, ditambah segala macam apps yang bisa membantu Mama membuat foto-foto yang cantik, Mama barangkali bisa saja menjadi selebgram. Tentukan gaya foto Mama sendiri, kalau perlu belajarlah menggunakan berbagai software fotografi yang ada, agar foto-foto Mama bisa menjadi lebih extraordinary.


5. Home decor

Nah, kalau yang ini barangkali merupakan pengembangan hobi ke-2 di atas tuh, Ma. Kalau sudah berhasil membuat barang-barang home accessories sendiri, coba pergunakan untuk mempercantik rumah Mama. Mama bisa menulis mengenai proyek-proyek DIY menata rumah Mama sendiri ini di blog, atau just simplymengunggahnya ke media sosial.


6. Berenang


Nah, ini hobi sehat nih Ma. Jika Mama memang suka berenang, coba bergabung dengan klub-klub renang di kota domisili Mama. Menyenangkan, punya teman baru, sekaligus menyegarkan dan menyehatkan.

Mau lebih profesional? Buka les renang untuk anak-anak. Jadi, sekalian Mama ajak si kecil berenang, Mama juga bisa melatih teman-temannya. Asyik kan?


7. Zumba

Mama suka menari? Atau bahkan pernah menjadi kapten tim cheerleader saat di sekolah dulu? Jangan sia-siakan, Ma. Zumba bisa menjadi hobi baru buat Mama. Kini sudah banyak sanggar senam dan tari yang juga punya kelas Zumba. Seperti halnya klub renang, Mama juga bisa memperluas pergaulan di kelas Zumba ini.


8. Jalan-jalan

Mau hobi murah dan menyehatkan? Ya, jalan-jalan. Di luar negeri, banyak walking club lokal yang sering mengadakan jalan-jalan bareng selayaknya klub motor ataupun klub mobil lho, Ma. Mereka janjian ketemu di satu titik, kemudian menentukan rute sendiri dan kemudian berjalan-jalan bersama-sama menempuh rute yang sudah ditentukan tersebut. Kalau di Indonesia, kayaknya mirip dengan acara Jalan Sehat yang sering diadakan setiap menjelang 17 Agustus-an itu ya.

Mengapa Mama nggak memulai untuk membentuk klub jalan-jalan seperti ini? Tentukan ketemuan setiap dua minggu sekali, atau setiap bulan sekali. Lalu berjalan bersama-sama teman-teman Mama. Pasti asyik.


9. Klub buku

Mama hobi membaca? Kalau iya, Mama bisa mencoba membuat blog buku lho. Setiap kali Mama selesai membaca buku, coba tulis review atas buku yang telah Mama baca tersebut. Awalnya tak usah terlalu susah-susah, Ma. Tuliskan saja apa yang Mama rasakan saat membaca buku, dan kira-kira manfaat apa yang Mama dapatkan dari buku tersebut.

Kemudian, bergabunglah dengan komunitas-komunitas pembaca buku. Offline bisa, online pun tak kalah banyak, Ma. Ada Blog Buku Indonesia, ada Klub Buku Indonesia. Penerbit-penerbit buku pun banyak lho yang punya book club sendiri. Mama tinggal mencari info saja secara online, atau via media sosial. Mama bisa membuat akun di Goodreads, untuk bisa berinteraksi dengan para pembaca buku yang lain.

Offline-nya, Mama bisa mengajak teman-teman Mama untuk berkumpul bersama, lalu sharing tentang buku. Mama juga bisa mengadakan arisan buku. Asyik kan?


10. Menulis

Mama suka menuliskan pengalaman, puisi atau cerita fiksi? Coba yuk, salurkan, Ma. Mama bisa memanfaatkan blog untuk menampung semua tulisan Mama. Dengan blog, Mama bisa mengekspresikan diri, menambah teman baru, mendapatkan ilmu baru, bahkan mungkin ada kesempatan baru yang menantang lho. Barangkali Mama bisa membuat buku sendiri? Atau diajak bergabung untuk menjadi kontributor di media?

Who knows? Asyik kan, Ma?


11. Movie Dates


Punya teman-teman yang sama-sama hobi nonton film? Adakan playdates. Ya, yang bisa playdates nggak cuma anak-anak kita, Ma. Kita pun bisa. Undang teman-teman yang sama-sama hobi nonton film ke rumah untuk nonton bareng. Lalu tentukan, minggu depan atau bulan depan akan nonton bareng di rumah siapa lagi. Bergiliran, dan jangan lupa, baca potluck-nya ya!


12. Dinner swaps

Suka masak? Yang ini juga bisa, Ma, sambil ajak teman-teman Mama yang berhobi sama. Mau masak bareng di rumah? Atau mau di rumah teman? Tentukan saja. Minggu depan Mama bisa lakukan lagi secara bergiliran dengan teman yang lain.

Atau nggak usah masak bareng, tapi adakan ketemuan sambil membawa masakan masing-masing, lalu tukeran? Asyik juga kan?


13. Crafting

Mau paper crafting? Atau knitting? Mama bisa mencoba berbagai keterampilan tangan ini sampai menemukan yang benar-benar Mama suka. Mau cari inspirasi? Pinterest tempatnya! Tahu nggak sih, Ma, crafting ini bisa melatih Mama untuk tetap fokus dan sabar lho.


14. Scrapbooking

Sama seperti crafting, scrapbooking juga membutuhkan keterampilan tangan dan ketelatenan untuk mengerjakannya. Hasilnya selain Mama menambah ketelatenan tersebut, foto-foto anak-anak juga jadi tampil menarik dalam sebuah album foto yang Mama buat sendiri. Asyik banget nggak sih, Ma?


15. Memelihara hewan

Kalau Mama suka memelihara kucing, anjing, hamster, burung atau apa saja, manfaatkan kesempatan ini untuk juga memperkenalkannya pada anak-anak, Ma. Mama bisa menumbuhkan rasa sayang pada hewan pada mereka bahkan sejak dini. Berbagilah tugas dengan anak-anak mengenai pemeliharaan hewan kesayangan Mama, siapa yang bertugas memberi makan, siapa yang membersihkan kandang, siapa yang memandikan dan lain sebagainya. Hal ini juga akan melatih mereka untuk punya rasa tanggung jawab yang lebih.


16. Yoga


Yoga sangat bagus sebagai pereda stres, Ma. Mama bisa bergabung dengan kelas-kelas yoga yang kini kian menjamur, lalu praktikkan sendiri secara teratur di rumah. Badan bugar, jiwa juga sehat. Kurang apa lagi coba?


17. Bersepeda

Sambil ke pasar buat beli kebutuhan, kayuhlah sepeda Mama. Mau ke tempat-tempat yang tak perlu jauh dari rumah, kayuhlah sepeda Mama. Hari Minggu? Keliling kotalah dengan bersepeda. Jangan lupa ajak suami dan anak-anak. Pasti seru! Sudahlah badan sehat, Mama juga membantu mengurangi polusi udara akibat asap knalpot kendaraan. Kalau ada Car Free Day di kota Mama, jangan lupa untuk hadir juga ya! Dengan bersepeda tentunya.


18. Melukis

Memulai hobi meluksi tak harus terlalu repot, Ma. Belilah sketchbook yang cukup terjangkau di toko-toko alat tulis dan bereksperimenlah di sketchbook tersebut. Kalau Mama sudah benar-benar serius menekuninya, baru deh Mama pikirkan lagi, apakah ingin melukis di atas kanvas atau yang lainnya.

Atau Mama juga bisa mencoba adult coloring book yang sekarang lagi ngehits, Ma. Mewarnai adult coloring books konon juga bisa meredakan stres, dan juga bisa melatih keterampilan detailing Mama.


19. Koleksi benda-benda lucu

Banyak benda bisa dikoleksi; koin atau uang luar negeri, atau boneka, atau figur-figur mainan, dan lain-lain. Asal jangan koleksi kertas nota ya, Ma. Kalau yang ini, catat saja di buku pengeluaran.


20. Postcrossing

Sudah pernah mendengar mengenai postcrossing, Ma?

Postcrossing ini adalah komunitas para pecinta postcard atau kartu pos. Amazing-nya pesertanya dari berbagai negara lho! Mama pengin bisa memperkenalkan Indonesia, sekaligus mengenal negara lain? Ayo, coba ikutan postcrossing! Seru banget.


21. Menyanyi


Jangan biarkan hobi Mama yang satu ini tersia-sia, Ma. Zaman sekarang banyak lho artis terkenal karena mengunggah hasil nyanyiannya ke Youtube atau Soundcloud. Mama juga jangan ketinggalan. Unduh musik-musik minus one dari internet (jangan membajak ya, Ma!), lalu bernyanyilah dan rekam. Unggah ke Youtube atau Soundcloud. Siapa tahu, Mama menjadi artis masa depan berikutnya.



Sepertinya masih banyak hobi lain yang bisa Mama temukan dan kemudian Mama tekuni. Jangan pernah tak serius untuk mengerjakan hobi, Ma. Karena dengan melakukan hobi berarti Mama sedang melakukan hal yang menyenangkan Mama, dan ini akan sangat baik bagi psikis Mama.

Selamat seru-seruan!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Yuk, Punya Hobi! 21 Hobi ini Cocok Dilakukan oleh Para Stay at Home Moms". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar