Yuk, Start Your First DIY Project! - Cara Membuat Accessories Hanger dari Koran dan Botol Bekas

Accessories Hanger dari Koran dan Botol Bekas

Yuk, Start Your First DIY Project! - Cara Membuat Accessories Hanger dari Koran dan Botol Bekas

2.3K
Selamat tinggal, berantakan!

Hei, Mama!

Punya koleksi aksesoris? Kalung? Gelang? Topi-topi lucu? Pernak pernik ini dan itu, yang hanya dibiarkan teronggok di atas meja rias, atau sekadar dimasukkan saja ke laci lemari pakaian?

Kenapa nggak dibuatkan tempat yang lucu, yang juga bisa berfungsi sebagai penghias ruangan juga?

Bahannya apa? Gimana cara buatnya?

Barangkali ada yang bertanya demikian?

Tenaaang ... Bahannya gampang bin mudah Mama dapatkan di rumah kok. Punya botol bekas yang tak terpakai? Punya koran bekas juga kan? Ada lem? Di halaman juga ada pasir?

Nah, tuh, sudah lengkap deh.

Kita bikin Accessories Hanger dari Koran dan Botol Bekas sendiri yuk, dari bahan-bahan yang ada!



Baca juga: Kenalan dengan Hand Lettering - Hobi Asyik yang Bisa Menghasilkan Karya Artistik!


Bahan-bahan dan peralatan-peralatan yang diperlukan :

  1. Kertas koran bekas
  2. Botol bekas
  3. Pasir
  4. Gunting kertas
  5. Plastic tape
  6. Lem kayu
  7. Kuas
  8. Penggaris



Sudah lengkap, Mama, bahannya?

Karena accessories hanger ini menggunakan botol bekas, maka botol bekasnya perlu diisi dengan pasir dulu, Ma, supaya botol menjadi agak berat, sehingga nantinya akan kuat menopang aksesoris yang digantung.

Cara pembuatan accessories hanger juga semudah menemukan bahan-bahannya kok, Ma. Coba kita lihat yuk.

  1. Ambil botol bekas, isi dengan pasir. Supaya lebih mudah mengisinya, gunakan corong ya, Ma.
  2. Padatkan pasirnya, lalu tutuplah botol juga dengan kertas koran, perkuat dengan plastic tape.
  3. Siapkan lem kayu, campur dengan sedikit air.
  4. Oleskan lem kayu pada setengah badan bawah botol, kemudian pasang kertas korannya. Kertas koran pada bagian bawah botol ini nanti akan mempermudah Mama melekatkan lintingan kertas koran nantinya.


Baca juga: Yuk, Belajar Hobi Baru! Membuat Clay Doll Ternyata Sangat Mengasyikkan!


Nah, botolnya sudah siap nih. Sekarang yuk, kita lanjutkan ke tahap berikutnya ya.

1. Siapkanlah 3 macam lintingan koran :

  1. Lintingan berukuran cukup panjang, dibuat dengan cara memelintir kertas koran yang sudah disiapkan. Lintingan ini nantinya akan digunakan untuk menutupi seluruh permukaan accessories hanger. Jadi memang harus cukup panjang ya, Ma.
  2. Lintingan berukuran sedang, dibuat dengan cara menggulung kertas koran. Lintingan ini nantinya akan berfungsi sebagai hanger. Kalau diukur, kira-kira tingginya melebihi tinggi botol ya, Ma.
  3. Lintingan berukuran pendek, juga dibuat dengan cara menggulung kertas koran yang ada. Lintingan ini akan menutupi seluruh bagian botol bekas. Tingginya lebih sedikit daripada tinggi botol Mama.

2. Kalau semua lintingan siap, maka kita bisa mulai proses pemasangan semua lintingan di badan botol, Ma.

3. Untuk pemasangan lintingan no. 2 dan no. 3, sisakan dan tekuk lintingan sekitar 2 centimeter pada bagian bawah, Ma. Gunanya untuk menopang botol, sehingga saat aksesoris nanti digantungkan, accessories hanger ini nggak mudah jatuh.

4. Setelah lintingan no. 2 dan no. 3 menutupi seluruh badan botol, balut setengah badan botol bagian bawah tersebut dengan kertas koran lagi, Ma, hingga kencang dan nggak ada yang renggang atau lepas dari badan botol.

5. Lengkungkan lintingan no. 2 yang sudah merekat di badan botol untuk menjadi tempat menggantungkan aksesorisnya. Balut lengkungan tersebut dengan lintingan koran no. 1 hingga lengkungannya menjadi kuat. Agar lengkungan menjadi lebih sempurna, tahan lengkungan dengan tangan, lalu oleskan dan keringkan lem kayu yang menempel dengan hair dryer sampai lengkungan terasa cukup kaku. Lakukanjuga pada 3 lengkungan lainnya ya, Ma.

6. Pada ruang bagian atas botol, sematkan beberapa lintingan yang bisa dikombinasikan antara lintingan no. 2 dan lintingan no. 3 yang nantinya akan dibentuk menjadi hiasan accessories hanger. Setelah penyematan lintingan selesai, balut bagian atas botol dengan lintingan koran no. 1, kemudian bentuklah kombinasi lintingan nomer 2 dan lintingan nomer 3 tersebut sesuai selera, lalu tahan bentuk yang sudah dibuat tersebut dengan paper clip.

7. Sambil menunggu 4 lengkungan tempat menggantungkan aksesoris dan bagian atas accessories hanger mengering dengan sempurna, balut seluruh badan botol yang tersisa dan balut juga dasar atau penopang accessories hanger dengan lintingan no. 1.

8. Pastikan nggak ada satu pun lintingan yang nggak merekat ya, Ma. Pastikan lem sudah kering, lepaskan paper clip yang masih menempel, dan rapikan dasar atau penopang botol.


Baca juga: Miliki 7 Item Fashion Berikut Ini Untuk Penampilan yang Menarik, Seksi, Sekaligus Smart. Fashionable!


Maka selesailah pembuatan accessories hanger berbahan dasar koran dan botol bekas.

Mama sudah bisa menggantungkan aksesoris kesayangan Mama di accessories hanger tersebut.


Nah, gimana, Ma? Project-project DIY seperti ini sangat mengasyikkan kan? Selain kita bisa go green karena memanfaatkan semua barang bekas yang sudah ada di rumah, pastinya juga kita bisa memanfaatkan pula untuk keperluan kita sehari-hari di rumah karena barang bekasnya dialihfungsikan.


Semoga langkah-langkah serta foto-foto di atas cukup jelas ya, Ma. Yuk, berkreasi lagi dengan barang bekas yang ada di sekitar kita!

Kalau Mama pernah punya project DIY lain yang juga memanfaatkan barang bekas, jangan ragu-ragu menuliskannya di Rocking Mama, supaya mama yang lain bisa ikutan bikin yah! Kita bisa jadi generasi penyelamat bumi lho, kalau bisa selalu memanfaatkan barang bekas seperti ini. Hihihi. Lebay ya? Tapi kan bener!

Nah, sampai ketemu di DIY Project berikutnya ya!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Yuk, Start Your First DIY Project! - Cara Membuat Accessories Hanger dari Koran dan Botol Bekas". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


primanola perdananti | @primanola

A curious little mind who loves to explore something new, creating a variation of life, take a good nap, and have a long-great-tireless conversation with those who share the same curiousity and humour. Read her thoughts at www.labollatorium.com

Silahkan login untuk memberi komentar