Yuk, Tetap Membaca Buku Meski Mama Sibuk Luar Biasa, Luangkan Waktu dengan 5 Tips Berikut!

Yuk, Tetap Membaca Buku Meski Mama Sibuk Luar Biasa, Luangkan Waktu dengan 5 Tips Berikut!

1.4K
5 hal yang bisa Mama lakukan untuk tetap membaca buku meski sibuk setiap hari.

Membaca buku barangkali merupakan hobi yang paling mudah ya, Ma. Nggak butuh bakat khusus, nggak butuh keterampilan aneh-aneh. Yang penting, Mama suka membaca, maka sudah bisa menjadi hobi yang menguntungkan bagi Mama.

Ya, gimana nggak menguntungkan? Membaca buku kan mendatangkan banyak manfaat pastinya kan buat kita? Bukankah buku sumber ilmu? Apa pun jenis buku yang Mama baca, pastilah berilmu. Iya, Ma, bahkan dalam sebuah novel pun, Mama bisa mengambil "ilmu", pelajaran tentang kehidupan.

Namun semudah itu dilakukan, semudah itu pula membaca buku menjadi kegiatan yang bisa dikesampingkan. Alasannya? Sibuk!

Menjadi seorang Mama pasti penuh dengan kesibukan. Bangun pagi mempersiapkan sarapan, memasak, mengantar dan menjemput anak sekolah, membereskan rumah, bekerja di kantor, dan segudang pekerjaan lainnya yang kadang 24 jam pun dirasa masih kurang. Ya nggak sih, Ma?

Padahal pasti sesekali Mama juga ingin meluangkan waktu untuk membaca buku yang sedang populer, buku-buku best seller, majalah yang baru dibeli, atau sekadar membaca ulang komik favorit.

Lagipula, kadang kita juga risih sendiri kalau membaca buku sedangkan pekerjaan-pekerjaan lainnya belum selesai. Rasanya seperti lagi malas-malasan. Padahal sih ya, enggak. Membaca buku itu seharusnya menjadi kebutuhan, alih-alih dianggap sebagai kegiatan bermalas-malasan seperti itu.

Nah, bagi Mama yang sibuk dan merasa kekurangan waktu untuk bisa membaca buku dengan leluasa, bisa coba tips berikut ini agar tetap memiliki kesempatan untuk membaca.


Tips Membaca Buku di Sela-sela Waktu Sibuk Seorang Rocking Mama




1. Membaca buku pada pagi hari

1.   Membaca Buku Pada Pagi Hari -


Pagi hari biasanya semangat masih full untuk bersiap diri beraktivitas. Mama bisa selipkan sejenak waktu untuk membaca.

Mengapa pagi hari?

Membaca buku dipercaya bisa menjadi mood booster yang cukup efektif, selayaknya kopi. Pilihlah buku bacaan yang ringan dan menggembirakan hati Mama. Lumayan kan, Ma, bisa membaca 5-10 menit sebelum mandi pagi atau sambil sarapan.

Atau yang paling asyik adalah sesaat setelah anak-anak berangkat ke sekolah dan si Papa juga sudah berangkat ke kantor. Kita bisa rehat sejenak setelah "kegaduhan" pagi sambil membaca buku, untuk kemudian mulai mengerjakan tugas-tugas lagi.



2. Membaca buku sembari menunggu

2. Membaca Buku Sembari Menunggu -


Menunggu adalah hal yang membosankan kalau Mama tidak mengisinya dengan hal yang menyenangkan. Betul?

Maka dari itu, selalu bawalah satu buku yang sedang atau akan Mama baca di dalam tas. Pilih yang tipis sehingga tidak mengganggu barang bawaan Mama terlalu banyak. Atau selalu siapkan satu buku di dalam mobil, jadi Mama nggak akan lupa membawanya ke mana pun Mama pergi.

Mama juga bisa membaca buku sambil menunggu si kecil bangun tidur, atau saat menjemputnya di sekolah, menunggu antrean di bank, atau di loket pembayaran listrik. Mama bahkan juga bisa membaca buku saat di dalam kendaraan umum menuju ke kantor.

Dengan begitu, saat-saat penantian Mama akan terisi dengan hal yang bermanfaat, sekaligus membunuh waktu. Nunggunya jadi nggak sampai bosan deh.



3. Semakin praktis dengan membaca buku digital

3. Semakin Praktis Dengan Membaca Buku Digital -


Hal yang paling menyenangkan dari kemajuan teknologi adalah dengan makin mudahnya Mama untuk mengakses buku digital. Ponsel, tablet, laptop sudah bukan menjadi barang mewah lagi sekarang. Mama hanya perlu mengunduh aplikasi untuk membaca buku-buku dari gadget Mama.

Sekarang juga sudah banyak aplikasi perpustakaan digital gratis di PlayStore maupun AppStore, untuk meminjam buku digital tersebut Mama hanya memerlukan alamat email saja. Mudah kan?

Ada juga toko buku khusus untuk buku digital dengan berbagai macam cara pembayaran yang bisa dilakukan Mama juga bisa membeli e-book reader khusus dan membeli e-book langsung di aplikasi mereka.

Dengan berbagai kemudahan ini, Mama bisa mengakses buku bacaan favorit Mama dengan lebih mudah, cepat dan praktis, sehingga misalnya Mama tak perlu ribet membawa novel setebal 1.000 halaman ke mana-mana.

Ada lagi keunggulannya, saat membaca buku dalam bahasa asing, Mama juga langsung dapat mengakses kamus langsung dari gadget lho. Asyik kan?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Yuk, Tetap Membaca Buku Meski Mama Sibuk Luar Biasa, Luangkan Waktu dengan 5 Tips Berikut!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Alvina Vanila | @alvina13

Blogger buku di orybooks.com // Lagi nyari unicorn dan naga untuk dipelihara

Silahkan login untuk memberi komentar