4 Cara Membedakan Ikan Green Tiger Jantan dan Betina dengan Mudah

4 Cara Membedakan Ikan Green Tiger Jantan dan Betina dengan Mudah

Ikan green tiger adalah salah satu ikan hias air tawar yang sudah lama dikenal dan banyak dipelihara. Pasalnya, ikan green tiger memiliki corak tubuh yang unik dengan warna yang menarik serta tingkah lakunya pun gesit. Jika tertarik membudidayakannya, lebih baik mengetahui cara membedakan ikan green tiger jantan dan betina terlebih dahulu.

Dengan tahu cara membedakannya, tentu saja memudahkan proses pemijahan dan pembudidayaan ikan green tiger. Pasalnya, ikan green tiger jantan biasanya cenderung aktif dan bisa menjadi agresif sehingga disarankan untuk tidak banyak memasukkan ikan green tiger jantan pada satu kolam. Berikut ini adalah cara membedakan ikan green tiger jantan dan betina yang bisa dijadikan referensi.

1.         Warna

Ikan green tiger banyak dipelihara karena memiliki warna yang menarik. Seperti namanya, ikan green tiger memiliki warna dominan hijau, hitam, dan juga putih. Selain itu, ikan green tiger juga memiliki bar di badannya yang berwarna hijau tua atau hitam. Kemudian, ada pula yang memiliki pola Sumatra dengan empat bar kecil.

Biasanya ikan green tiger dikawinkan dengan ikan Sumatra atau tiger barb. Dengan begitu, ikan tersebut bisa menghasilkan pola garis Sumatra sekaligus pola garis green tiger. Namun, warna yang muncul adalah hijau, hitam, dan juga putih.

Kemudian, ada cara membedakan ikan green tiger jantan dan betina, salah satunya yaitu melalui warnanya. Pada ikan green tiger betina, warna oren pada bagian mulutnya tidak cerah atau sama sekali tidak terdapat warna oren. Sedangkan pada ikan green tiger jantan, warna oren pada mulutnya lebih terang, terutama ketika masa kawin dan pemijahan.

Pada ikan green tiger jantan juga warna oren pada siripnya terlihat jelas dan cerah. Atau, di beberapa ikan, warna tersebut lebih gelap dibandingkan dengan ikan green tiger betina. Terlebih lagi jika semakin dewasa, antara ikan green tiger jantan dan betina warnanya akan berubah sehingga lebih gampang membedakannya.

Kemudian, pada hidung ikan green tiger jantan, warna hidungnya juga lebih cerah. Sedangkan pada sirip punggungnya, terdapat garis berwarna merah diatas warna hitam. Sedangkan pada ikan green tiger jantan dan betina, biasanya sirip pada punggungnya berwarna hitam saja.

2.         Bentuk Perut

Ikan green tiger tidak hanya memiliki warna yang menarik dengan gerak yang gesit, tetapi juga bentuknya yang menggemaskan. Bentuk perut juga bisa menjadi salah satu cara membedakan ikan green tiger jantan dan betina. Pada ikan green tiger betina, bentuk perutnya agak sedikit lebar dibandingkan dengan ikan green tiger jantan.

Sedangkan, pada ikan green tiger jantan, bentuk perutnya lebih panjang. Ketika ikan green tiger masih kecil memang sulit dibedakan jika dilihat dari bentuk perut karena ukuran ikan green tiger jantan maupun betina biasanya serupa. Namun, lama kelamaan bentuk perut ikan green tiger bisa lebih mudah dibedakan.

3.         Ukuran Tubuh

Ikan green tiger merupakan hasil mutasi dari tipe Sumatera sehingga tidak heran jika ukurannya pun sama. Ketika dewasa, ikan green tiger memiliki ukuran panjang tubuh sekitar 5 cm sampai dengan 10 cm. Oleh karena itu, banyak orang memelihara ikan green tiger karena ukurannya mungil sehingga cocok dipelihara di akuarium yang ukurannya kecil.

Kemudian, ikan green tiger inipun bisa dibedakan dengan ukuran tubuhnya. Bagi ikan green tiger betina, ukuran tubuhnya lebih bulat sehingga jika dilihat ukurannya seringkali lebih besar dari ikan green tiger jantan. Sedangkan untuk ikan green tiger jantan, ukuran tubuhnya lebih ramping.

4.         Bentuk Sirip

Ikan green tiger termasuk ikan dengan sirip pendek. Namun, membedakan ikan green tiger jantan dan betina bisa dilihat dari bentuk siripnya. Pada ikan green tiger betina, bentuk siripnya lurus ke bawah. Sedangkan pada ikan green tiger jantan, bentuk siripnya lebih miring ke arah ekor.

Itulah 4 cara membedakan ikan green tiger jantan dan betina yang bisa dijadikan referensi. Keempat cara tersebut bisa dicoba untuk memudahkan masa pemijahan maupun jika ingin membudidayakan ikan green tiger. Tidak lupa untuk terus memperhatikan kebersihan air dan juga pakannya karena ikan green tiger termasuk dalam ikan pemakan segala.

You May Also Like

About the Author: Yervi Hesna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *