6 tips dalam Mencegah Penyakit Diabetes

6 tips dalam Mencegah Penyakit Diabetes

Diabetes termasuk salah satu penyakit kronis yang dapat menimpa siapapun baik muda atau tua. Untuk itu perlu adanya proses pencegahan yang harus dilakukan agar penyakit ini tidak semakin parah.

Dikutip dari Indo Times, penyakit satu ini bisa membuat seseorang gagal ginjal, jantung atau kondisi kronis lainnya. Umumnya penyakit disebabkan karena kadar gula di dalam tubuh tinggi.

Tips ini sangat penting karena ada juga beberapa orang yang langkah pencegahannya salah. Jika sudah demikian maka penyakit ini bukan sembuh tetapi semakin parah.

Kurangi Asupan Karbohidrat

Ketika kamu sudah terinfeksi penyakit ini maka perlu mengurangi kadar karbohidrat khususnya yang kandungannya tinggi. Selain itu hindari juga minuman yang mengandung gula tambahan. Misalnya soda, permen, makanan sereal manis, pasta dan yang lainnya.

Untuk makanan pengganti, kamu bisa mengkonsumsi sayuran yang tidak mengandung tepung. Misalnya brokoli, jamur, oatmeal, buah utuh, roti gandung dan yang lainnya.

Pada intinya makanan tersebut perlu mengandung serat yang tinggi untuk mengurangi lonjakan gula darah. Dalam hal ini, kamu bisa mengkonsumsi alpukat, kacang-kacangan biji-bijian dan yang lainnya.

Berolahraga secara Teratur

Selain mengatur kadar makanan juga perlu berolahraga secara teratur agar bisa mencegah penyakit diabetes. Dengan aktivitas seperti ini maka kadar insulin di dalam tubuh akan semakin meningkat.

Untuk penyakit satu ini bisa dilakukan dengan berbagai aktivitas fisik agar kadar resistensi insulin di dalam tubuh berkurang. Untuk jenis latihannya ini bisa dalam bentuk aerobik dengan intensitas tinggi dan melatih kekuatan otot.

Mengkonsumsi Air Putih

Air putih termasuk jenis pencegahan alami yang bisa dikatakan gratis karena tidak ada biaya. Cara ini sudah bukan rahasia umum dan memiliki banyak manfaat yang salah satunya untuk mencegah diabetes.

Dengan air putih yang mencukupi bisa membantu menjaga cairan yang ada di dalam tubuh. Salah satunya ada beberapa bagian tubuh tetap aman seperti pencernaan dan juga ginjal. Semakin banyak mengkonsumsi tubuh maka ketahanan tubuh semakin meningkat.

Menurunkan Berat Badan

Berat badan yang berlebihan dapat meningkatkan resiko terkena diabetes tipe dua. Apalagi jika berat badan tersebut berada di bagian tengah tubuh atau sekitar perut tentu akan intensitas penyakit semakin tinggi.

Untuk menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan berbagai cara yang sehat. Misalnya mengkonsumsi makanan non sayur, protein tanpa lemak, karbohidrat kompleks dan yang lainnya. Semua jenis makanan ini umumnya ada di buah dan sayur-sayuran.

Hindari Merokok

Orang yang sering merokok dapat menyebabkan resistensi insulinnya meningkat. Jika sudah demikian maka seseorang bisa terkena penyakit diabetes tipe dua dan akan semakin parah jika diteruskan.

Maka dari itu salah satu cara ketika sedang terkena diabetes adalah dengan berhenti merokok. Awalnya memang berat tetapi ini semua harus dilatih dan pastikan kamu benar-benar berhenti merokok.

Kurangi Porsi Makan

Makan yang berlebihan bisa menimbulkan semakin parahnya penyakit diabetes. Sehingga salah satu caranya adalah dengan mengurangi porsi makanan agar kadang gula darah dan insulin tidak semakin tinggi.

Begitu juga sebaliknya dimana dengan mengurangi porsi makan maka asupan kalori semakin menurut. Dengan seperti ini maka resiko terkena penyakit diabetes juga semakin menurun.

Jadi cara mencegah penyakit diabetes ini bisa dengan tidak merokok, mengurangi asupan karbohidrat, dll. Pada intinya kamu perlu menjaga pola makan dan konsumsi yang banyak mengandung serat serta perbanyak berolahraga.

 

You May Also Like

About the Author: Yervi Hesna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *