Apa Itu NFT? Cara Baru Sukses Di Era Digital

Apa Itu NFT

Dunia digital saat ini telah berkembang pesat dan akan terus berevolusi kedepannya. Salah satu aset digital yang sedang populer saat ini adalah NFT. Berawal dari kisah kesuksesan Ghozali kini masyarakat mulai banyak tertarik pada hal ini. Disini, akan dibahas mengenai pertanyaan apa itu NFT dan dapat digunakan untuk apa saja kah aset digital ini.

Mengenal Apa Itu NFT ?

NFT atau (Non-Fungible Token) merupakan evolusi dalam aset digital yang mewakili barang berharga. Nilai pada barang berharga tersebut menjadi tidak dapat diganti atau ditukarkan. Aset digital NFT secara umum berkembang seperti halnya kripto. Akan tetapi terdapat perbedaan antara NFT dan cryptocurrency lainnya. Tujuan, bentuk, dan penggunaan yang berbeda dari kripto seperti Bitcoin.

NFT Untuk Apa ?

Setelah mengenal definisi mengenai apa itu NFT, sekarang akan membahas untuk apa NFT digunakan. Banyak masyarakat yang hanya mengenal dan tertarik pada aset digital ini. Namun karena kurangnya pemahaman menjadi menyalahgunakan fungsi dari NFT itu sendiri. Berikut beberapa fungsi NFT :

1. Untuk Industri Seni

NFT tentu memiliki fungsi dalam sektor seni digital. Masyarakat dapat mempublikasikan karya seni berupa foto ,video ,dan vektor digital yang nantinya dapat meningkatkan nilai seni dari karya tersebut. Teknologi NFT sudah menjamin keamanan atas karya yang dipublikasikan oleh seniman. Terdapat smart contract untuk seniman menuliskan persentase royalti dari tiap karya yang berpindah tangan.

2. Untuk Bisnis

NFT dapat dijadikan sebagai aset bisnis seperti properti dan lisensi. Sertifikat properti seperti akta kepemilikan fisik dapat disimpan lebih aman dalam blockchain. Blockchain tersebut nantinya juga akan melakukan verifikasi dengan cepat guna tetap menjaga keamanan, keaslian, dan kecepatan layanan. Seiring dengan meningkatnya popularitas NFT, pengaplikasian hal di atas menjadi meluas.

Selain untuk properti dan lisensi, NFT juga dapat menjadi ladang industri olahraga dan fashion. Ketika banyak pengguna yang mempublikasikan foto desain baju maka akan berpotensi menciptakan trend baru dalam dunia fashion. Cuplikan – cuplikan dalam pertandingan olahraga favorit yang dipublikasikan secara luas melalui NFT dapat menciptakan fantasi game olahraga seperti sepak bola.

3. Untuk Industri Hobi dan Hiburan

NFT dapat berpotensi menjadi industri digital dalam bidang hobi dan hiburan. Seperti halnya ketika pengguna yang mempublikasikan barang koleksi kesukaannya secara rutin tentu akan meningkatkan nilai dari produk tersebut. Selain itu juga meningkatkan nilai dari hobi yang dilakukannya. Konten – konten yang unik dan lucu tentu juga berkontribusi dalam terciptanya peluang industri hiburan NFT.

Demikian penjelasan mengenai apa itu NFT dan fungsinya. Sebagai generasi milenial tentu sudah seharusnya mengetahui pemahaman mengenai aset digital seperti ini. Tujuannya agar tidak mengalami ketertinggalan dalam kemajuan teknologi dan digitalisasi yang ada. Masih banyak penjelasan mengenai NFT pada referensi lain yang dapat dicari dan dipahami.

 

You May Also Like

About the Author: Yervi Hesna

Leave a Reply

Your email address will not be published.