Begini Tips Interview Fresh Graduate Supaya Lancar

Begini Tips Interview Fresh Graduate Supaya Lancar

Tips interview fresh graduate memang sering dicari oleh siapapun. Melalui interview, seseorang bisa dinyatakan lolos ataupun tidak bergantung pada jawaban yang dilontarkan. Takut salah menjawab dalam melaksanakan interview memang menjadi alasan utamanya.

Untuk mengatasi rasa gugup dalam menjawab pertanyaan interview, ada baiknya pelamar mempersiapkan jawaban yang akan dilontarkan ketika ada pertanyaan. Dengan begitu, pelamar bisa meminimalisir rasa gugup sehingga jawaban yang dilontarkan menjadi lancar. Berikut merupakan contoh pertanyaan yang diajukan HRD beserta jawabannya:

1. Ceritakan Diri Secara Singkat

Pertanyaan ini sangat umum dilontarkan oleh pihak HRD saat pertama kali bertemu. Walaupun HRD sudah membaca CV yang telah dikirimkan, namun pelamar kerja tetap harus menggambarkan seperti apa karakter yang dimiliki. Tips interview fresh graduate pada saat pertanyaan ini muncul yaitu:

  • Jawablah sesuai fakta yang dapat diverifikasi melalui surat lamaran kerja.
  • Untuk menjawab pertanyaan ini, lakukan maksimal 3 menit.
  • Ceritakan pengalaman maupun kelebihan yang dimiliki sesuai dengan posisi yang akan dilamar.
  • Jangan lupa untuk mempersiapkan kalimat memperkenalkan diri pada saat sebelum melakukan interview.

2. Apa yang Diketahui Mengenai Perusahaan Ini?

Agar tidak gugup saat menjawab pertanyaan ini, pastikan pelamar mempelajari beberapa hal mengenai perusahaan yang dilamar. Tidak harus seluruh bagian yang dijelaskan, minimal pelamar harus menguasai satu bidang hingga ke akarnya.

Semisal perusahaan tersebut bergerak di bidang industri, pelamar bisa menjawab perusahaan tersebut telah bekerjasama dengan pihak mana saja. Atau bahkan jelaskan produk apa saja yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut.

3. Apa Hal yang Paling Tidak Disukai Saat Berada di Perusahaan Sebelumnya?

Banyak sekali fenomena fresh graduate mengundurkan diri dari perusahaan untuk mencari pekerjaan baru. Alasannya tentu beragam. Bagi fresh graduate yang sempat bekerja sebentar di perusahaan sebelumnya, pertanyaan ini akan ditanyakan oleh pihak HRD.

Pertanyaan ini diajukan oleh HRD untuk mengetahui seberapa puas pelamar pada perusahaan sebelumnya. Meskipun banyak yang tidak disuka, namun jawablah pertanyaan ini dengan hal yang positif. Jangan terpancing untuk menceritakan hal negatif ya!.

4. Apa Kegiatan Saat Berkuliah Dulu?

Tips interview fresh graduate pada pertanyaan ini, jangan menjawab dengan gugup. Meskipun tidak pernah mengikuti organisasi intra kampus, pelamar bisa menceritakan berbagai kegiatan yang pernah diikuti semasa kuliah. Seperti mengikuti ajang lomba, kerja sampingan atau bahkan kegiatan positif lainnya.

5. Kerja Tim atau Kerja Individu?

Melalui pertanyaan ini, HRD tidak akan menyimpulkan apakah pelamar bersifat ekstrovert atau introvert. HRD hanya ingin jawaban yang membuat melekat dan terlihat bahwa pelamar bisa diandalkan dalam situasi apapun. Disarankan untuk memberikan contoh pekerjaan yang pernah dilakukan secara mandiri maupun tim yang sebelumnya pernah dilakukan.

Tips interview fresh graduate agar lancar dan disukai oleh HRD telah dibahas dengan rinci. Saat menghadapi pertanyaan lain, usahakan untuk menjawab pertanyaan sesuai dengan realita yang ada.

You May Also Like

About the Author: Yervi Hesna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *