Cara Menghitung Berat Badan Bayi dan Tabel Berat Badan Bayi Ideal Lengkap Terbaru

Cara Menghitung Berat Badan Bayi dan Tabel Berat Badan Bayi Ideal Lengkap Terbaru

Tentu saja tumbuh kembang bayi harus diperhatikan dengan baik. dua hal yang menjadi kategori pertumbuhan bayi sesuai adalah tinggi, dan berat badannya. Karena keduanya merupakan faktor penting, maka orang tua wajib mengetahui bagaimana cara menghitung berat badan bayi dan juga tingginya. Di pembahasan kali ini, akan dibantu untuk menghitung berat badannya.

Cara Menghitung Berat Badan Bayi

Tadi dikatakan sebelumnya kalau pembahasan kali ini adalah rumus cara menghitung berat badan bayi. Tentu saja ada rumusnya tersendiri untuk mengetahui kesehatan bayi melalui berat badannya. Hal ini penting untuk diketahui, supaya berat badan bayi sesuai. Tidak terlalu kurus, atau juga tidak menjadi obesitas. Berikut ini adalah caranya:

  • Untuk anak usia 3 bulan sampai 1 tahun: (usia bayi (bulan) + 9) : 2.
  • Anak dengan usia 1th sampai 6th: (usia bayi (tahun) x 2) + 8.
  • Perhitungan anak usia 7 th sampai 12 th: (usia (tahun) x 7) – 5) : 2.

Untuk tabel bobot badan ideal anak sendiri adalah, sbb:

Usia Berat Badan Ideal Umumnya
0 bulan 3 – 3,5 kg
Bulan ke-5 BB bayi saat lahir x 2
12 bulan (1 tahun) BB bayi saat lahir x 3
24 bulan (2 tahun) BB bayi saat lahir x 4

Tips Menambah Berat Badan Bayi dengan Tepat

Tadi sudah dikatakan kalau di sini akan dibahas tentang cara menghitung berat badan bayi. Tentu saja, secara seimbang dan juga tepat. Jadi tidak berlebihan, yang justru membuat bayi menjadi obesitas dan membahayakan bayi. Berikut ini adalah tips yang dapat ibu lakukan.

  • Memberikan makanan bergizi. Karena tentu makanan yang bergizi baik sangat penting untuk pertumbuhan bayi. Beberapa makanan yang dapat ibu berikan adalah seafood, ikan, telur, buah, sayur, daging, dsb.
  • Memeriksakan alergi. Tentu saja dalam memberikan makanan, orang tua wajib terlebih dahulu mengetahui alergi yang dimiliki oleh anak.
  • Memperhatikan nilai gizi pada makanan. Hal ini penting untuk dilakukan, dengan melihat kandungan gizi yang ada pada makanannya supaya semua seimbang.
  • Tidak memberikan makanan secara berlebihan. Jangan hanya karena ingin anak menjadi cepat gemuk, maka memberi makan secara berlebihan. Nantinya hal itu justru membahayakan bagi anak, dan dapat menyebabkan obesitas.
  • Menghindari konsumsi garam, gula, ataupun MSG secara berlebihan. Karena ketiga bahan tersebut memiliki bahaya apabila dikonsumsi berlebih, semuanya harus dengan takaran yang sesuai.
  • Menggunakan alat makan yang aman untuk digunakan. Dari mulai wadah makanan sampai minuman, harus menggunakan tempat makan dan juga botol susu bayi yang aman.

Setelah mengetahui bagaimana cara menghitung berat badan bayi dengan tepat, dan juga tipsnya maka tentu orang tua sudah mengerti cara bertindak. Ingat, gunakan semuanya yang aman untuk bayi, paling terpenting botol susunya. Supaya tidak salah dalam memilih, lebih baik gunakan botol susu dr browns, karena botol susu tersebut aman dan dapat mencegah terjadinya kolik pada bayi.

You May Also Like

About the Author: Yervi Hesna

Leave a Reply

Your email address will not be published.