Gaya dan Pesawat Sederhana

Gaya dan Pesawat Sederhana

Gaya

Dorongan atau tarikan yang menyebabkan benda bergerak disebut gaya. Gaya terhadap suatu benda dapat mengakibatkan benda bergerak, berubah bentuk, dan berubah arah. Berdasarkan sumbernya, gaya dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.

Tarikan atau dorongan yang disebabkan oleh magnet disebut gaya magnet. Benda- benda yang dapat tertarik oleh magnet disebut benda yang bersifat magnetis sedangkan benda-benda yang tidak dapat tertarik oleh magnet disebut benda yang tidak magnetis.

Kekuatan gaya magnet untuk menarik benda-benda yang bersifat magnetis dipengaruhi oleh garis gaya magnet dan jarak magnet dengan benda tersebut. Jika kutub-kutub senama pada magnet didekatkan maka akan terjadi tolak menolak sedangkan jika kutub-kutub tidak senama didekatkkan maka akan terjadi tarik-menarik.

Dalam kehidupan sehari-hari magnet digunakan pada dinamo, kompas, mikrofon, dan alarm. Magnet dapat dibuat dengan cara menginduksi, menggosok, dan mengaliri arus listrik.

Gaya gravitasi merupakan gaya tarik bumi yang menyebabkan benda yang ada di bumi tertarik ke bawah. Gaya gesekan merupakan gaya yang ditimbulkan karena dua permukaan yang saling bersentuhan.

Pesawat Sederhana

Pesawat adalah semua jenis alat yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Pesawat sederhana terdiri dari:

  1. Tuas
  2. Bidang Miring
  3. Katrol
  4. Roda Berporos

Berdasarkan kedudukan beban, titik tumpu, dan kuasa, tuas dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:

  1. Tuas golongan pertama, contohnya: gunting, catut, tuas, dan linggis.
  2. Tuas golongan kedua, contohnya: gerobak roda satu dan alat pemecah kemiri
  3. Tuas golongan ketiga, contohnya: sekop

Bidang miring adalah permukaan datar yang menghubungkan dua tempat yang berbeda ketinggiannya. Katrol merupakan roda yang berputar pada porosnya.

Katrol digolongkan menjadi tiga, yaitu katrol tetap, katrol bebas, dan katrol majemuk.

Roda berporos merupakan roda yang dihubungkan dengan sebuah poros yang dapat berputar bersama-sama.

You May Also Like

About the Author: Yervi Hesna

Leave a Reply

Your email address will not be published.