Hewan, Tumbuhan dan Lingkungannya

Hewan, Tumbuhan dan Lingkungannya

Hewan

Jenis makanan hewan ada dua, yaitu berupa tumbuhan dan berupa hewan lain. Berdasarkan jenis makanannya, hewan digolongkan menjadi tiga, yaitu herbivor, karnivor, dan omnivor.

Herbivor adalah hewan pemakan tumbuhan. Karnivor adalah hewan pemakan daging atau hewan lain. Omnivor adalah hewan pemakan tumbuhan dan hewan lain.

Pada daur hidup terjadi perubahan-perubahan bentuk yang disebut metamorfosis. Metamorfosis ada dua macam, yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

Hal yang harus diperhatikan saat memelihara hewan adalah pemberian makan dan minuman secara cukup dan teratur, kebersihan badan dan kandang hewan, serta dibuatkan kandang atau tempat tinggal. Contoh hewan yang biasanya dipelihara di rumah adalah ayam, kelinci, ikan, kucing, dan burung merpati.

Tumbuhan

Bagian-bagian penting tumbuhan, antara lain, akar, batang, daun, dan bunga. Akar dibedakan menjadi dua, yaitu akar tunggang dan akar serabut. Akar berfungsi menyerap air dan mineral dari dalam tanah.

Jenis batang bermacam-macam, antara lain, batang berkayu, batang basah, dan batang rumput. Fungsi utama batang adalah untuk menopang tegaknya tumbuhan, pengangkut, penyimpan makanan cadangan, dan alat perkembangbiakan.

Bentuk tulang daun tumbuhan bermacam-macam, antara lain, menyirip, melengkung, menjari, menjarum, dan sejajar. Fungsi daun adalah untuk tempat proses pembuatan makanan, penguapan, dan pernapasan.

Bunga sempurna memiliki tangkai bunga, kelopak, benang sari, putik, dan mahkota. Fungsi utama bunga adalah sebagai perhiasan dan alat perkembangbiakan tumbuhan.

Kegunaan tumbuhan bagi manusia, antara lain, sebagai bahan makanan, bahan peralatan rumah tangga, dan bahan obat-obatan.

Makhluk Hidup dan Lingkungannya

Setiap makhluk hidup tergantung pada makhluk hidup yang lain. Setiap makhluk hidup tergantung pada lingkungannya.

Beberapa makhluk hidup saling mengadakan kerja sama yang bersifat khusus yang disebut simbiosis. Simbiosis ada tiga macam, yaitu simbiosis mutualisme, parasitisme, dan komensalisme. Simbiosis mutualisme adalah hubungan antarmakhluk hidup yang saling menguntungkan. Simbiosis parasitisme adalah hubungan antarmakhluk hidup yang menguntungkan salah satu pihak, sedangkan pihak yang lain dirugikan. Simbiosis parasitisme adalah hubungan antarmakhluk hidup yang menguntungkan salah satu pihak, sedangkan pihak yang lain tidak dirugikan.

Rantai makanan adalah peristiwa makan dan dimakan antarmakhluk hidup dengan urutan tertentu. Rantai makanan tersusun atas produsen dan konsumen.

Beberapa perubahan alam yang memengaruhi makhluk hidup adalah pencemaran dan kebakaran hutan.

You May Also Like

About the Author: Yervi Hesna

Leave a Reply

Your email address will not be published.