Hukum-Hukum Newton

Gaya gesekan : Gaya yang muncul ketika dua benda bersinggungan, yang arahnya berlawanan dengan arah gerak salah satu benda.

Kerugian dan Keuntungan Gaya Gesekan :

Kerugian :

  1. Gaya gesekan antara permukaan jalan dan roda kendaraan.
  2. Gaya gesekan antara bagian-bagian yang berputar dalam sebuah mesin.
  3. Gesekan udara, pada mobil.

Keuntungan :

  1. Gaya gesekan antara tubuh kita dengan benda-benda lain bermanfaat untuk melakukan berbagai kegiatan.
  2. Gaya gesekan digunakan dalam prinsip pengereman sepeda dan sepeda motor.
  3. Gaya gesekan udara dengan parasut menyebabkan penerjun payung dapat melayang-layang diudara.

Bila dua buah benda dalam keadaan bersentuhan maka akan timbul gaya kontak yang berarah sejajar bidang sentuh. Gaya kontak ini disebut gaya gesekan. Jika pada bidang sentuh itu tidak terjadi pergerakan benda 1 relatif terhadap benda 2 maka gaya gesekannya adalah gaya gesekan statik (fs). Gaya gesekan statik dapat bernilai 0 sampai mencapai maksimumnya ms­.N

fs, maks = ms­.N

Jika pada bidang sentuh ini terjadi pergerakan benda 1 relatif terhadap benda 2 maka gaya gesekannya adalah gaya gesekan kinetis (fk). Gaya gesekan kinetik dianggap bernilai tetap dan dinyatakan oleh

Fk = mk­.N

Gaya gesekan kinetik lebih kecil daripada gaya gesekan statik maksimum. Dengan demikian koefesien gesekan kinetik sedikit lebih kecil daripada koefesien gesekan statik (ms<mk).

Ada gesekan yang menguntungkan dan ada yang merugikan. Gesekan yang menguntungkan berusaha dimanfaatkan manusia. Misalnya, dalam kasus perlambatan gerak penerjun payung yang membuka parasutnya. Gesekan yang merugikan berusaha dikurangi oleh manusia. Misalnya, gesekan angin yang menghambat kelajuan mobil dan kereta api berusaha dikurangi. Caranya dengan merancang bentuk badan mobil dan kereta api yang aerodinamis (ilmu dinamika udara).

Dalam kasus belokan pada jalan datar, gaya sentripetal yang diperlukan mobil untuk membelok berasal dari gaya gesekan antara keempat roda dan permukaan jalan.

kasus belokan

dengan vmaksadalah kelajuan maksimum mobil yang diperoleh pada saat menikung, jika kelajuan mobil melebihivmaks maka mobil tidak akan menempuh belokan, tetapi cenderung bergerak lurus.

You May Also Like

About the Author: Yervi Hesna

Leave a Reply

Your email address will not be published.