Jenis Jenis Investasi dan Penjelasannya yang Wajib Dipahami Sebelum Terjun Melakukan Investasi!

Jenis Jenis Investasi dan Penjelasannya yang Wajib Dipahami Sebelum Terjun Melakukan Investasi!

Sudah tidak heran lagi jika kalangan anak muda membicarakan investasi. Pasalnya hari ini investasi bisa sangat mudah untuk dilakukan. Jadi tidak heran jika kemunculan aplikasi investasi online semakin mendukung trend ini. Namun, bagi pemula wajib ketahui apa saja jenis jenis investasi dan penjelasannya berikut ini:

Pengertian Investasi

Sebenarnya pembahasan kali ini adalah mengenai jenis jenis investasi dan penjelasannya. Namun, untuk mempermudah pemahaman para pemula, akan dipaparkan mengenai pengertian dari investasi terlebih dahulu. Sehingga saat membicarakan mengenai jenis investasi yang beragam tidak kebingungan.

Secara garis besar investasi dapat dipahami sebagai kegiatan penanaman modal.  Dan untuk penjelasan lebih lengkapnya adalah aktivitas yang dilakukan oleh investor atau penanam modal, yang menempatkan modalnya pada sebuah barang atau aset tertentu. Hal tersebut bukan tanpa tujuan, pasalnya pemodal berharap akan mendapatkan keuntungan di waktu tertentu.

Jenis-jenis investasi

Setelah membahas mengenai pengertian dari investasi. Maka saatnya mengajak pembaca agar lebih paham mengenai jenis-jenis investasi. Berikut ulasan lengkapnya yang akan dibahas di sini untuk informasi lanjut:

1. Emas

Adapun pembahasan mengenai jenis investasi yang pertama adalah Emas. Mungkin untuk instrumen ini sudah dipahami banyak pihak. Bahwa emas ataupun logam mulia memang akan diprediksi harganya semakin meningkat dari tahun ke tahun. Jadi sudah sangat jelas bisa untuk investasi jangka lama.

2. Reksadana

Untuk jenis investasi yang selanjutnya adalah investasi reksadana. Mengenai instrumen investasi Reksadana memang pas untuk dipakai para pemula. Karena untuk resikonya sangat minim. Ditambah saat ini sudah banyak aplikasi investasi reksadana dengan modal mulai Rp10.000 saja.

3. Saham

Membicarakan mengenai Reksadana, pasti tidak lengkap dengan saham. Bisa dikatakan saham sendiri instrumen paling populer. Pasalnya walaupun resikonya tinggi, namun sudah tidak diragukan lagi bahwa dengan investasi di saham akan sangat berpotensi mendapatkan keuntungan berlipat ganda.

4. Obligasi

Bisa dikatakan obligasi adalah surat utang, untuk waktunya berbeda-beda. Jadi, isi dari surat tersebut adalah sebuah perjanjian penerbit akan memberikan bunga tertentu kepada pemegang surat obligasi. Untuk obligasi sendiri sudah dijamin keamanannya oleh pemerintah.

5. Properti

Selain beberapa hal yang sudah dijelaskan, jika masih belum puas pembaca bisa mencoba di melakukan investasi properti. Pasalnya untuk tanah dan bangunan setiap tahun harganya akan melambung. Maka dari itu segera investasi kebagian ini.

Selain itu juga terkenal dengan resiko yang minim tapi keuntungan yang berlipat ganda. Sebenarnya untuk properti ini bukan hanya untuk dijual saja, namun pemilik bisa dengan menyewakan tanah atau bangunan yang dimiliki.

Demikian itu beberapa ulasan mengenai jenis jenis investasi dan penjelasannya yang bisa dijadikan informasi penting. Khususnya bagi para generasi milenial yang hendak berinvestasi juga. Namun, jika masih membutuhkan informasi yang lebih lengkap bisa kunjungi sickforprofit yang menyediakan banyak informasi menarik lainnya.

You May Also Like

About the Author: Yervi Hesna

Leave a Reply

Your email address will not be published.