Kenali Jenis Implan Gigi yang Tersedia di Klinik Gigi Yogyakarta

Kenali Jenis Implan Gigi yang Tersedia di Klinik Gigi Yogyakarta

Gigi yang ompong bisa meningkatkan risiko fraktur. Jika hal ini dibiarkan, maka alternatifnya harus cabut gigi dan perlahan gigi pun akan hilang. Hal mengerikan ini bisa diatasi dengan implant gigi. Ragam jenis implan gigi bisa didapatkan di Klinik Gigi Yogyakarta.

Apa Itu Implan Gigi?

Sebelum mengetahui ragam jenis implan, mari pahami dulu apa itu implan gigi. Salah satu prosedur yang dilakukan dengan cara menanam akar untuk gigi buatan. Umumnya dibuat dari bahan logam khusus, missal titanium.

Prosedur ini hanya boleh dilakukan dokter spesialis. Terdiri dari berbagai tahapan yang harus dilakukan hingga masa penyembuhan mencapai hitungan bulan. Implan gigi tidak lepas dari tiga bagian penting yakni, akar, mahkota, dan juga penyangga gigi.

Banyak kelebihan yang bisa didapatkan dengan melakukan implan gigi. Hal ini akan membuat pasien terkait lebih mudah mengunyah, lebih nyaman, tidak sulit untuk berbicara, dan sebagainya. Pasien yang melakukan implan gigi harus memenuhi beberapa syarat tertentu, yakni:

  • Tulang rahang yang tumbuh secara sempurna
  • Jaringan gigi dan mulut sehat
  • Tidak sedang melakukan terapi area kepala atau pun leher
  • Terhindar dari kondisi yang mengganggu penyembuhan, semisal diabetes
  • Bukan perokok
  • Memiliki komitmen untuk melakukan implant gigi

Apakah Keuntungan Implan Gigi?

Perawatan implan gigi, seperti halnya yang disuguhkan Klinik Gigi Yogyakarta tidak lepas dari keuntungan yang hendak diraih. Di antara keuntungan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Prosedur implan gigi yang dilakukan secara berhasil akan membuat pasien lebih efisien ketika berbicara
  • Selain itu, implan gigi akan membuat penggunanya lebih nyaman dibanding dengan gigi palsu
  • Memungkinkan seseorang untuk makan lebih nyaman dengan fungsi gigi yang baik
  • Tidak bisa dipungkiri, dengan memiliki gigi yang lengkap akan membuat seseorang tampil lebih percaya diri
  • Selanjutnya, implan gigi juga lebih tahan lama bisa bertahan seumur hidup.

Jenis Implan Gigi Tiruan

Terdapat tiga jenis implan gigi yang bisa dicoba. Setiap pasien bisa memilihnya dengan menyesuaikan situasi serta kebutuhan masing-masing. Hal ini tentunya harus dikonsultasikan dengan dokter spesialis terkait. Di antara pilihan implan tersebut yakni sebagai berikut:

  • Dental implan. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, prosedur implan dilakukan guna melengkapi gigi yang hilang. Selain menampilkan gigi yang lebih lengkap, proses mengunyah pun akan dilakukan secara maksimal. Dengan menerapkan dental implan, gigi yang hilang akan terganti. Selain itu, akan membuat tulang rahang tetap seimbang, meskipun gigi yang asli sudah hilang.
  • Gigi tiruan lepasan. Selanjutnya, jenis gigi tiruan lepasan memungkinkan pasien untuk menutupi gigi yang hilang. Dibuat dengan material terbaik, sehingga tidak akan tampak seperti gigi palsu. Jenis gigi tiruan ini bisa diterapkan sebagian atau pun secara menyeluruh, bergantung pada kebutuhan masing-masing.
  • Crown & bridge. Selanjutnya, pasien juga bisa menerapkan¬† crown & bridge. Prosedur ini diberikan dengan perhatian ekstra dengan perawatan yang mendetail, sehingga gigi baru pun akan lebih nyaman digunakan. Jenis implan ini diterapkan ketika gigi yang hilang masih ditemukan ruangan antara gigi yang ada. Perawatan ini pun akan diterapkan setepat mungkin.

Demikianlah ulasan terkait jenis implan gigi yang bisa didapatkan di Klinik Gigi Yogyakarta. Gigi yang hilang bukan untuk ditangisi, tapi cobalah untuk mengatasinya dengan implan. Ikuti setiap prosedurnya, tahap demi tahap, gigi yang hilang pun bisa diganti dengan yang baru.

You May Also Like

About the Author: Yervi Hesna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *