Pekerjaan

Pekerjaan

Tentunya orang tua kita bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Demikian juga orang lain di sekitar kita, mereka bekerja untuk memenuhi kebutuhan.

Jadi, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia harus bekerja. Pekerjaan tersebut merupakan bagian dari kegiatan ekonomi.

Jenis-Jenis Pekerjaan

Penjahit membuat pakaian dan celana. Penjahit akan memperoleh upah setelah jahitan selesai. Tukang kayu membuat meja dan kursi. Setelah pesanan selesai, ia mendapat upah.

Barang-barang yang kita butuhkan merupakan hasil dari pekerjaan. Beberapa pekerjaan yang menghasilkan barang antara lain petani, peternak, nelayan, dan tukang jahit.

Selain pekerjaan yang menghasilkan barang, ada juga pekerjaan yang menghasilkan jasa atau layanan.

Guru dan dokter juga termasuk pekerjaan. Guru dan dokter tidak menghasilkan barang. Akan tetapi menghasilkan jasa. Guru memberikan ilmu. Dokter mengobati pasien yang sakit.

Alasan Bekerja

Orang tua kita bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Demikian juga orang lain di sekitar kita, mereka bekerja untuk memenuhi kebutuhan. Apa saja kebutuhan kita? Paling tidak kita butuh makan, pakaian, dan tempat tinggal.

Kita butuh makan agar kita sehat. Kalau kita lapar kita akan mudah sakit. Kita butuh pakaian untuk menutupi tubuh kita. Tubuh kita perlu kita lindungi dari panas matahari dan udara dingin. Kita membutuhkan tempat tinggal. Kita memerlukan rumah. Rumah merupakan tempat kita berteduh. Rumah juga berguna untuk melindungi kita dari binatang buas.

Jadi, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia harus bekerja. Pekerjaan tersebut merupakan bagian dari kegiatan ekonomi.

Ciri-Ciri Orang Yang Memiliki Semangat Kerja

Kerja Keras

Orang yang memiliki semangat kerja, akan bekerja keras. Dia tidak mudah menyerah bila gagal. Selalu berusaha dengan sebaik-baiknya.

Ciri-ciri pekerja keras:

  1. Kesulitan tidak membuat berhenti bekerja.
  2. Mencari cara kerja baru.
  3. Tidak malu bertanya.

Disiplin

Orang yang memiliki semangat kerja tentunya memiliki sikap disiplin. Disiplin merupakan bentuk perhatian terhadap waktu. Dia akan menghargai waktu. Dia tidak mudah mengingkari janji yang telah diberikan.

Ciri-ciri orang yang disiplin:

  1. Tepat waktu
  2. Tidak mengingkari janji

Jujur

Orang yang memiliki semangat kerja akan bersikap jujur. Jujur adalah berkata dan berbuat apa adanya, tidak mengada-ada. Orang yang jujur mau mengakui kekurangannya.

Ciri-ciri orang yang jujur:

  1. Mau mengakui kekurangan
  2. Tidak takut diolok-olok
  3. Selalu mematuhi aturan

You May Also Like

About the Author: Yervi Hesna

Leave a Reply

Your email address will not be published.