Penyebab dan Cara Mengatasi Pintu Mobil Tidak Bisa Dikunci Manual Mudah

Penyebab dan Cara Mengatasi Pintu Mobil Tidak Bisa Dikunci Manual Mudah

Seringkali pengguna mobil kesulitan dengan pintu mobilnya yang tidak bisa dikunci, khususnya untuk pengguna mobil lawas. Mobil lawas belum menggunakan sistem keamanan terbaru sehingga hanya bisa dikunci secara manual. Lantas, sebenarnya apa yang menyebabkan pintu mobil tidak bisa dikunci manual dan bagaimana mengatasinya? Simak ulasan di bawah ini:

Penyebab Pintu Mobil Tidak Dapat Dikunci Manual

Kunci mobil tersusun atas beberapa komponen. Komponen-komponen inilah yang seringkali mengalami kerusakan dan menimbulkan pintu mobil tidak bisa dikunci manual. Berikut beberapa penyebab pintu mobil sulit atau tidak bisa dikunci secara manual:

1. Sekring Putus

Sekring yang putus kerap kali menyebabkan berbagai masalah pada mobil. Tentunya masalah-masalah ini yang berhubungan dengan kelistrikan mobil. Dua di antaranya ialah headlamp mati dan pintu mobil tidak bisa dikunci. Sekring yang putus harus segera diperbaiki agar tidak terjadi masalah lain seperti korsleting.

Kerusakan akibat sekring putus bisa dilihat dari beberapa ciri-ciri. Pertama yakni permukaan sekring yang menghitam. Ini menandakan bahwa short circuit pada sekring terbakar. Beberapa jenis sekring juga akan menunjukkan tanda lain berupa penutup sekring yang meleleh atau terbakar. Ciri lain yang menandakan sekring putus ialah headlamp dan pintu mobil yang mati.

Jika pembaca mengalami ciri-ciri tersebut, segera cek kondisi sekring. Jika permukaan sekring sudah menghitam seperti terbakar maka segera ganti sekring. Ini akan menghindari kemungkinan korsleting. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar otomotif kunjungi Mobilku.

2. Kerusakan pada Solenoid

Solenoid erat kaitannya dengan pintu mobil yang tidak bisa dikunci. Komponen ini memiliki fungsi vital pada panel mobil. Sementara panel mobil mengatur banyak komponen yang salah satunya ialah pengait kunci mobil. Kerusakan pada bagian ini memerlukan penggantian solenoid langsung di bengkel dengan bantuan tenaga khusus.

3. Kawat Putus

Panel mobil memiliki banyak bagian yang kompleks. Salah satunya yakni kawat. Mobil lawas biasanya memiliki kawat yang sudah tua. Kemungkinan kawat sudah berkarat dan rentan putus. Dengan kondisi kawat yang terputus pada panel mobil maka pengait tidak dapat mengunci mobil sekalipun kunci sudah diputar manual.

Cara Mengatasi Pintu Mobil Tidak Dapat Dikunci Manual

Apabila pintu mobil tidak bisa dikunci manual dikarenakan penyebab nomor 1 dan 2 di atas, maka untuk mengatasinya pembaca perlu mengganti komponen tersebut ke bengkel. Namun, jika kerusakan terdapat di kawat yang putus, maka ikut langkah-langkah berikut:

  • Buka door trim pintu. Lakukan secara perlahan agar tidak merusak bagian lain.
  • Lanjutkan dengan melepaskan handle pintu pada bagian dalam.
  • Siapkan kawat pengganti yang menggunakan bahan baja lentur.
  • Lepaskan kawat lawas pada mobil.
  • Ukur atau sesuaikan panjang kawat baru dengan panjang kawat lawas.
  • Pasang kawat baru dan sesuaikan dengan lokasi seperti kawat lawas.
  • Pasang kembali handle pintu bagian dalam mobil.
  • Lakukan uji coba dengan central lock.
  • Jika masih ada bagian yang belum bisa terkunci, lakukan kembali langkah ini.

Demikian ulasan penyebab dan cara mengatasi pintu mobil tidak bisa dikunci manual. Sebelum melakukan perbaikan harus tahu penyebabnya terlebih dahulu.

You May Also Like

About the Author: Yervi Hesna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *