Pewarisan Sifat

Pewarisan Sifat

Penurunan sifat dari induk kepada keturunannya dipelajari dalam cabang biologi yang disebut genetika. Tokoh yang sangat berjasa dalam genetika adalah Gregor Mendel (1822 –1884) dari Austria, sehingga ia dijuluki sebagai Bapak Genetika.

Pembawa sifat pada makhluk hidup disebut kromosom. Setiap spesies memiliki jumlah kromosom yang konstan dan spesifik. Kromosom tersebut secara umum dapat dibedakan menjadi dua tipe, yaitu kromosom tubuh (autosom) dan kromosom kelamin (gonosom). Kromosom tubuh terdapat pada individu jantan maupun betina dan sifat-sifat yang dibawa tidak ada hubungannya dengan penentuan jenis kelamin. Adapun kromosom seks (gonosom) merupakan kromosom yang menentukan jenis kelamin suatu individu.

Gen merupakan bagian dari kromosom. Gen-gen terletak berderet dan teratur pada kromosom. Tempat gen terdapat pada kromosom disebut lokus gen. Gen berfungsi untuk mengatur perkembangan dan metabolisme individu, dan menyampaikan informasi genetik kepada generasi selanjutnya.

Untuk mempelajari penurunan sifat tidak lepas dari persilangan. Persilangan antara dua individu dengan satu sifat beda disebut persilangan monohibrid. Dominasi dapat terjadi secara penuh atau tidak penuh. Masing-masing dominasi ini menghasilkan bentuk keturunan pertama (F1) yang berbeda.

Persilangan monohibrid akan menghasilkan individu F1 yang seragam, apabila salah satu induk mempunyai sifat dominan penuh dan induk yang lain bersifat resesif. Apabila dilanjutkan dengan menyilangkan individu sesama F1, maka akan menghasilkan keturunan (individu F2) dengan tiga macam genotipe dan dua macam fenotipe. Sebaliknya, apabila salah satu induknya mempunyai sifat dominan tak penuh (intermediate), maka persilangan individu sesama F1 akan menghasilkan tiga macam genotip dan tiga macam fenotipe.

Persilangan antara dua individu dengan dua sifat beda disebut persilangan dihibrid. Contohnya persilangan antara tanaman ercis dengan memerhatikan bentuk dan warna biji.

Hewan dan tumbuhan unggul memiliki kelebihan dalam hal-hal tertentu, seperti produksi tinggi, tahan terhadap penyakit, rasa enak, umur berbuah pendek, dan sebagainya. Hewan dan tumbuhan unggul dapat diperoleh dengan cara hibridisasi (persilangan) dan mutasi.

Persilangan antara kacang ercis berbunga merah dominan dengan kacang ercis berwarna putih resesif dapat dibuat bagan sebagai berikut.

Persilangan antara kacang ercis

Persilangan antara tanaman bunga pukul empat berbunga merah dominan dengan bunga pukul empat berbunga putih resesif dapat dibuat bagan sebagai berikut.

Persilangan antara tanaman bunga pukul empat

Persilangan antara kapri (ercis) biji bulat warna kuning dengan kapri biji keriput warna hijau yang menghasilkan

F1 berupa kapri berbiji bulat warna kuning.

Persilangan antara kapri

You May Also Like

About the Author: Yervi Hesna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *