Mau Me Time Atasi Stres Tapi Cuma Punya Waktu 20 Menit? Bisa! Ini Dia 16 Caranya!

Mau Me Time Atasi Stres Tapi Cuma Punya Waktu 20 Menit? Bisa! Ini Dia 16 Caranya!

2.6K
Kita sebenarnya nggak perlu banyak menghabiskan waktu untuk sekadar ber-me time dan rileks. Saat kita hanya punya 20 menit dalam sehari saja, itu sudah cukup.

Ma, pernah nggak ngerasa hectic banget? Ratusan email belum dibaca, banyak janji urusan pekerjaan, pekerjaan kantor menjelang deadline, setrikaan segunung, buku-buku belum dirapikan, anak-anak minta main keluar, belum sempat masak, dan masih banyak pekerjaan lainnya?

Fyuh! *elap kringet* Kita benar-benar membutuhkan me time ya?

Waktu rasanya kejar-kejaran, 24 jam serasa kurang dan rasanya kita nggak punya waktu buat istirahat. Daftar to do list semakin nambah yang otomatis menambah tingkat stress di waktu yang sama. Itulah mengapa ketika kita merasa lelah, kita perlu untuk mengambil langkah mundur. Ya, Ma, mundur sementara untuk me-recharge energi.

Kabar baiknya, Ma, kita sebenarnya nggak perlu banyak menghabiskan waktu untuk sekadar ber-me time dan rileks. Saat kita hanya punya 20 menit dalam sehari saja, itu sudah cukup. Nggak percaya?


BACA JUGA


Istirahat Setelah Sibuk Mengurus Anak, Perlu Banget Mama Lakukan! 7 Hal Simpel Ini Bisa Mama coba!

Istirahat Setelah Sibuk Mengurus Anak, Perlu Banget Mama Lakukan! 7 Hal Simpel Ini Bisa Mama coba!

Istirahat perlu banget kita lakukan setelah seharian mengurus rumah dan anak

Read more..


Berikut ada 16 cara untuk me time atau melepaskan lelah dalam waktu 20 menit


1. Memijat tangan

Memijat tangan dapat menciptakan relaksasi instan yang menenangkan hati, Ma. Hal ini terutama bermanfaat untuk Mama yang menghabiskan banyak waktu di depan komputer.

Tangan membawa banyak ketegangan, jadi dengan menghilangkan titik poin stres tersebut, akan membuat tubuh kita lebih baik.

Gunakan body lotion, mulai meremas dasar otot (dekat ibu jari). Hal tersebut sekaligus akan bisa mengurangi ketegangan di bahu, leher, dan kulit kepala.


2. Meneteskan air dingin pada pergelangan tangan

Hayo, taruhan! Pasti Mama belum tahu tentang trik ini!

Coba untuk meneteskan air dingin ke pergelangan tangan dan belakang daun telinga. Daerah tersebut merupakan daerah sensitif, Ma. Dengan mendinginkannya, maka akan timbul perasaan rileks yang luar biasa pada seluruh tubuh. Coba deh!


3. Pergi keluar

Jika hari cerah, pergilah keluar untuk mendapatkan vitamin D. Cahaya yang terang merupakan obat yang efektif untuk Mama yang sering cemas dan depresi.

Ini adalah cara me time yang mudah, untuk meningkatkan semangat dan keluar dari kantor untuk beberapa menit.


4. Mendengarkan musik

Ya, mendengarkan musik dapat dengan mudah memperbaiki mood kita yang jelek dan penghilang stres yang bagus. Jika Mama suka dan mampu memainkan musik, hal itu akan lebih baik lagi.

Nah, Mama pilih deh musik yang sesuai dengan selera untuk me time Mama. Akan lebih baik lagi kalau yang upbeat ya. Jadi bisa memberi suntikan semangat dengan beat-beat cepatnya, misalnya semacam lagu Firework-nya Katty Perry, atau Wild Ones-nya Flo Rida, atau yang lain-lain deh.

Atau Mama bisa menemukan playlist yang cocok di Youtube. Ini salah satunya.



BACA JUGA


Resep Chiffon Cake Almond - Untuk Temani Saat Santai Mama

Resep Chiffon Cake Almond - Untuk Temani Saat Santai Mama

Hasil resep chiffon cake ini lembut, bikin ketagihan

Read more..


5. Makan cokelat

Nah, ini cara favorit semua mama nih, untuk me time. Hanya makan sebatang cokelat, bisa menenangkan kegugupan kita.

Cokelat juga bisa mengatur tingkat metabolisme kita. Tapi ingat ya, Ma, jangan kebanyakan. Makanlah dalam porsi yang wajar. Ntar malah bukannya rileks tapi jadi setres lagi karena ukuran pinggang yang melebar.


6. Mengunyah permen karet

Dulu saat saya masih duduk di bangku sekolah, guru saya pernah memberi tips mengunyah permen karet selama kita sedang menjalani ujian atau tes.

Dan, benar lho, Ma. Hanya beberapa menit mengunyah permen karet ternyata dapat mengurangi kecemasan. Mama boleh coba tuh untuk semakin santai saat melakukan me time.


7. Menonton sesuatu yang lucu

Tawa segar adalah teknik relaksasi dan me time yang baik. Hal tersebut akan meningkatkan kadar oksigen yang masuk, menstimulasi jantung dan meningkatkan hormon endorphins.

Mungkin Mama bisa nonton video lucu di Youtube dan cari apa yang sedang populer hari itu yang biasanya menampilkan video terlucu sepanjang hari.


8. Yoga

Banyak teknik yoga yang terkenal dapat menghilangkan stres, Ma. Coba jadwalkan untuk melakukan yoga setiap hari, terutama di pagi hari.

Yoga juga cocok untuk dijadikan aktivitas me time karena nggak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk melakukannya. Badan sehat, pikiran pun segar.


BACA JUGA


Pengin Me Time Tapi Sibuk? Bisa Kok, Bahkan Walau Mama Hanya Punya Waktu 5 Menit Saja!

Pengin Me Time Tapi Sibuk? Bisa Kok, Bahkan Walau Mama Hanya Punya Waktu 5 Menit Saja!

Me time to me is doing exactly what I want on my own. So, do it full-hearted

Read more..


9. Menulis

Ketika Mama merasa stres atau cemas, coba tuliskan hal-hal yang membuat Mama merasa bersyukur. Hal ini merupakan teknik relaksasi yang keren, selain juga melatih otak kita untuk merasa optimis ketika merasa sulit.

Ketika kita merasa stres, otak kita segera fokus pada sesuatu yang tidak beres, yang itu tidak mungkin membuat kita merasa santai.

Banyak hal, Ma, yang patut kita syukuri. Kita hanya perlu untuk menggali sedikit lebih dalam untuk menemukannya ketika stres melanda.


10. Membaca buku

Seperti juga menulis, membaca buku juga merupakan a perfect me time saat kita sedang luar biasa lelah.

Coba, ambil satu buku yang belum sempat Mama selesaikan. Akan lebih baik jika Mama memilih buku fiksi ya, novel misalnya. Pilih genre yang Mama suka. Romantis? Komedi? Bahkan, cerita horor pun akan mampu membuat Mama rileks lo.

Penelitian membuktikan, bahwa saat kita mulai masuk ke 'alam fiksi', itu efeknya sama dengan saat kita bermeditasi. Karena kita membiarkan otak kosong, dan kemudian mulai menyelami cerita sang tokoh.



11. Go out and play!

Jangan karena kita sudah dewasa, kita harus berhenti bermain, Ma.

Ajak teman kerja mama untuk ngopi cantik sebentar atau Mama bisa main ayunan di taman. Atau Mama suka main games di Facebook, atau games online yang lain. Boleh juga tuh, Ma, asal dibatasi ya. Soalnya kalau sudah asyik main games, kadang kita juga jadi lupa waktu deh.


12. Berjalan di atas rumput, bertelanjang kaki

Lepas sandal Mama, dan berjalanlah tanpa alas kaki di rumput.

Tahu nggak sih, Ma, kalau cara ini adalah cara cepat untuk menghilangkan kecemasan. Telapak kaki kita sangat sensitif dan mengandung titik refleksiologi, sehingga dengan berjalan di atas rumput akan menciptakan sensasi instan di area tubuh lainnya.

Hal ini juga bisa membawa rasa nostalgia di masa lalu. Ingat kan, waktu kecil dulu kita suka lari tanpa alas kaki di rumput. Sungguh menyenangkan!


BACA JUGA


Ma, Jangan Terlalu Tegang Menjalani Hari! Mari Nikmati Hidup Ini To The Fullest!

Ma, Jangan Terlalu Tegang Menjalani Hari! Mari Nikmati Hidup Ini To The Fullest!

The most important thing is to enjor your life -to be happy- it's all that matters. - Audrey Hepburn

Read more..


13. Tidur sebentar

Hal ini mungkin bukan merupakan pilihan buat setiap orang, tapi tidur dalam waktu singkat bisa Mama rasakan seperti sedang melakukan perjalanan singkat.

Kalau Mama tidur lebih dari 30 menit, menurut para ahli, akan membuat kita benar-benar tidur lelap. Hal ini memang malah akan membuat kita pusing dan kurang fokus ketika bangun.

Tapi. kalau tidur selama 20 menit, sensasinya beda, Ma. Waktu 20 menit ini, konon, merupakan waktu yang pas jika Mama beristirahat untuk kemudian meningkatkan produktivitas.


14. Tarik napas

Ketika kita stres, napas kita akan menjadi pendek, dan napas pendek akan mengirim sinyal panik ke otak. Coba untuk memperpanjang tarikannya dengan menghirup napas dalam-dalam, menahannya selama tiga detik dan mengembuskannya selama lima detik. Coba selama beberapa kali, dan di tempat yang tenang jika memungkinkan.

Jika Mama sudah berhasil melakukannya, selamat, Mama baru saja mempraktikkan salah satu cara untuk bermeditasi.

Untuk selanjutnya, Mama bisa mempelajari sendiri cara-cara bermeditasi yang lain. Ada banyak tutorial bertebaran di internet, atau Mama bisa juga mengambil kelas meditasi yang kini makin banyak kita temukan.

Praktikkan hasil latihan Mama setiap kali Mama merasa overwhelmed, dan rasakan bedanya.


15. Buat commitment list

Susah untuk bersantai ketika pikiran kita terpaku pada to do list yang tidak ada habisnya.

Ya, Mama, to do list kadang berhenti sekadar menjadi sebuah daftar kerjaan, jika Mama tak pandai mengaturnya. Coba untuk membuat strategi yang jelas.

Apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu? Prioritaskan, dan kerjakan. Beri reward pada diri sendiri, saat Mama sudah selesai dengan satu pekerjaan.

Duduk santai sebentar, me time sambil minum teh, barangkali? Penting juga untuk menghilangkan segala hal yang bisa mengganggu, seperti bermain media sosial, bergosip bareng tetangga, telepon rumpi nggak ada habisnya, atau menonton acara televisi yang nggak ada gunanya.


16. Minum teh hijau

Teh hijau baik untuk kesehatan dan merupakan sumber asam amino yang bisa menghilangkan marah. Teh hijau juga dapat meningkatkan tingkat energi.

So, instead of coffee, mengapa Mama tidak mencoba minum teh hijau untuk relaksasi sekaligus sebagai me time dan mood booster?



Hanya punya waktu 20 menit? 15 menit? 10 menit yang tersisa? Manfaatkan sebaik mungkin. Jangan membuang waktu untuk hal-hal yang kurang penting. Fokus, itu intinya. Kalau kita bisa fokus, maka semua hal yang kita lakukan tentu akan bermanfaat. Bener nggak, Ma?

Nah, selamat menikmati waktu me time Mama yang meski hanya sedikit namun sangat berkualitas.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mau Me Time Atasi Stres Tapi Cuma Punya Waktu 20 Menit? Bisa! Ini Dia 16 Caranya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Suzie Icus | @suzieicus

new mom, teacher, social entreprenuer, learner, suzieicus.com

Silahkan login untuk memberi komentar