5 Sayuran Ini Ternyata Nggak Sesehat yang Kita Kira!

Sayuran tidak sehat

5 Sayuran Ini Ternyata Nggak Sesehat yang Kita Kira!

189
Ternyata ada juga sayuran yang nggak sehat. Hmmm. Kira-kira kenapa ya?

Sering menemui kesulitan untuk "memasukkan" sayuran ke perut anak-anak, Ma?

Yah, mereka memang belum mengerti benar manfaat sayuran sebagai asupan vitamin dan mineral bagi tubuh. Bagi anak-anak, yang terasa enak di lidah itu namanya makanan. Yang terasa tidak enak, namanya sayuran. Hahaha.

Jadi, buat para mama, urusan "memasukkan" makanan sehat itu ke mulut para krucils memang sangat tricky. Penuh dengan bujukan hingga tipu muslihat. Sedapat mungkin, sumber-sumber vitamin-mineral itu tidak kasatmata, namun tetap ada dalam menu mereka.

Fiuh, pe-er banget, kan?

Tapi ternyata, Ma, menurut penelitian terbaru, ada 5 jenis sayuran yang ternyata nggak sesehat yang kita kira! Waduh, apa saja ya? Baca artikel ini sampai selesai ya, Ma!


5 Jenis sayuran yang ternyata tak sesehat yang kita kira

Bayam

Tentu saja, mengonsumsi bayam itu sehat, karena dapat meningkatkan pembentukan sel darah merah sehingga mencegah anemia.

Tapi terutama untuk para lanjut usia, sayuran ini perlu dihindari, Ma. Menurut tabel AcuMedico, terkandung 57 gram purin dalam setiap 100 gram bayam. Sedangkan penyakit asam urat terjadi jika ada pemecahan zat purin yang berlebih pada tubuh. Kondisi ini mengakibatkan pembengkakan, terutama pada jempol kaki dan terasa sangat nyeri.

Selain itu, konsumsi terlalu banyak bayam juga bisa meningkatkan risiko penyakit batu ginjal, mengingat kandungan mineralnya yang tinggi dan sulit tercerna jika kurang minum air putih.


BACA JUGA


Jangan Ragu Mengolah Sayuran - 8 Jenis Sayur Ini Ternyata Jauh Lebih Menyehatkan Setelah Dimasak

Jangan Ragu Mengolah Sayuran - 8 Jenis Sayur Ini Ternyata Jauh Lebih Menyehatkan Setelah Dimasak

Tidak selamanya sayuran mentah lebih menyehatkan daripada sayuran yang sudah diolah

Read more..


Terung Ungu

Padahal jika dimasak balado, duh lezatnya! Tapi ya itu, ternyata terung ungu adalah satu dari sayuran yang mengandung kadar solanine tinggi.

Menurut situs Wisegeek, solanine adalah racun alkaloid yang ditemukan pada tumbuhan seperti terung ungu, kentang, juga tomat.

Namun demikian, manusia sudah sangat pintar mengolah berbagai tumbuhan menjadi makanan yang lezat dan sehat, salah satunya adalah dengan memasak dan menghindarinya jika sudah berubah warna (kentang yang sudah ada sedikit warna hijaunya, misalnya).

Jadi, perhatikan, cuci bersih, dan olah dengan benar tiga sayuran ini, ya Ma. Jika sudah dimasak dengan baik, tidak ada masalah lagi kok.

Khususnya bagi Mama yang memiliki masalah serius dengan persendian, sebaiknya juga mengurangi konsumsi terung ungu. Sayuran ini juga mengandung oksalat, sebuah zat alami yang membentuk batu-batuan menyebabkan pembentukan batu, sehingga kurang baik untuk Mama yang mengalami masalah ginjal dan kantung empedu.


Paprika

Seperti yang dituliskan dalam situs Slice, banyak dari orang Amerika bagian utara yang mengalami peradangan. Memang, peradangan ini bisa dipicu dari mana saja, seperti tingkat stres, faktor genetik, dan makanan cepat saji yang biasa mereka konsumsi. Tapi katanya lagi, paprika juga menjadi salah satunya, Ma.

"Paprika mengandung alkaloid, solanine, yang dapat mengganggu fungsi saraf dan menyebabkan kedutan, konvulsi dan gemetar."

Hal ini bisa mengarah pada berbagai masalah kesehatan, seperti sakit jantung, diabetes, kanker dan sebagainya.

Yang jelas, sayuran yang bercita rasa pedas ini tidak cocok juga untuk para penderita masalah persendian, seperti rheumatoid arthritis dan osteoarthritis.

Hadeuh, apalagi kalau mereka makan berbagai ulekan sambal ala orang kita, ya Ma? Ngemil bakwan satu aja habis cabai rawit 3 biji!


BACA JUGA


Warna Buah dan Sayur-Sayuran Kita Ternyata Mempunyai Arti Masing-masing Lho! Kenali, Yuk!

Warna Buah dan Sayur-Sayuran Kita Ternyata Mempunyai Arti Masing-masing Lho! Kenali, Yuk!

Makan buah dan sayur-sayuran dengan variasi warna masih sangat dianjurkan, karena ternyata masing-masing buah dan sayur-sayuran ini ...

Read more..


Tomat Cherry

Karena menurut situs Wmnlife, tomat-tomat mungil itu mengandung lebih dari 30 jenis pestisida! Wow!

Padahal, tomat cherry ini mengandung banyak lycopene yang dapat melawan osteoporosis dan kanker prostat lo, sebenarnya! Dan, sama seperti 3 sayuran sebelumnya, si bulat-bulat merah ini memperburuk peradangan dan musuhnya para penderita masalah sendi.

Tapi, kalau Mama hanya memakainya untuk garnishing dan menelan hanya 2-3 butir saja dalam sehari sepertinya tidak masalah kok, Ma. Yummy!


Selada

Well, sebenarnya, seperti yang dilansir di situs Minq, "Lettuce is basically just water, so it really does nothing for or against you."

Jadi, selada ini pada dasarnya hanya mengandung air saja, sehingga manfaat, kerugian, dan rasanya juga hambar-hambar saja.

Nah, masalahnya, karena hambar itulah, ia dimakan dengan berbagai campuran yang mengandung lemak tinggi, seperti berbagai macam salad dressing. Sayurnya sendiri tidak terlalu masalah, tapi teman makannya itu lo!

Situs Fatsecret mengungkapkan, bahwa ada setidaknya ada 60 kalori dalam 1 sendok teh salad dressing. Misalnya, kayak saus Thousand Island yang mengandung 59 kalori, dan Caesar Salad 78 kalori.

Jadi, kalau seladanya cuma selembar tapi dressingnya 5 sendok makan penuh, ya gimana ya, Ma? Belum lagi kalau cocolannya sambel terasi dadakan ala rumah makan Sunda. Seladanya 3 lembar, tapi nasinya dua piring. Duh!


BACA JUGA


Ini Dia Tips Menyimpan Sayuran yang Praktis Untuk Mama Coba!

Ini Dia Tips Menyimpan Sayuran yang Praktis Untuk Mama Coba!

Tips menyimpan sayuran ini perlu banget Mama ketahui agar sayuran yang telah dibeli bisa dimaksimalkan penggunaannya

Read more..


Sepertinya, urusan sayuran kurang sehat ini lebih pada masalah persendian ya, Ma.

Jadi, kalau dibarengi olahraga yang cukup sehingga sendinya kuat, juga banyak minum air putih sehingga kandungan mineralnya terolah dengan baik, sepertinya tidak menjadi masalah.

Nah, makanya, ayo kita mulai lagi olahraga, dan minum yang banyak setelah makan nasi liwet dan lalapan, ya! *eh


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "5 Sayuran Ini Ternyata Nggak Sesehat yang Kita Kira!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


PutuAyu Winayasari | @ayuwinayasari

A whole-hearted writer. A caring teacher. A Rocking Mama. A loving wife-daughter. Visit me at [email protected] Reach me at raynorkayl[email protected] Or just come by to LIA-Bandung to have some bakso with me :)

Silahkan login untuk memberi komentar