7 Jenis Tanaman Hias Ini Tak Sekadar Jadi Hiasan, Tapi Juga Bisa Bikin Udara dalam Rumah Bersih dan Segar Lo!

7 Jenis Tanaman Hias Ini Tak Sekadar Jadi Hiasan, Tapi Juga Bisa Bikin Udara dalam Rumah Bersih dan Segar Lo!

524
Tanaman itu sangat berjasa bagi hidup kita. Saat siang, daun-daunnya akan menyerap karbondioksida hasil embusan napas kita, dan mengeluarkan oksigen sebagai gantinya. Terutama 7 jenis tanaman hias ini. Mama wajib punya dan memasukkannya ke dalam rumah!

Halo, Ma! Sudah selesai bebereskah siang ini? Mainan anak-anak mungkin sudah rapi pada tempatnya, lantai juga sudah lepas dari kotoran, jendela dan barang-barang pun sudah tidak menyimpan debu. Bagaimana dengan tanaman hias Mama yang di halaman? Sudah disirami juga?

Sudah yakin betul, bahwa rumah sudah rapi, bersih dan juga sehat. Tapi, yakinkah kalau udara dalam rumah Mama sudah bersih juga?

Udara itu mengandung banyak sekali substansi fisik, kimia, dan biologi yang tidak berbahaya, namun ada juga yang berbahaya bagi kesehatan. Substansi-substansi tersebut terdiri dari partikel-pertikel sangat kecil, yang ikut masuk ke dalam tubuh kita saat menghirup napas. Sebagian tersaring, sebagian juga bersarang dalam tubuh.

Jangan khawatir, tubuh yang sempurna ini memiliki sistem penetrasinya sendiri terhadap partikel-partikel itu, meski saat ini banyak sekali zat membahayakan akibat polusi yang ikut mengambang bersama udara.

Yuk, kita singkirkan! Tidak sulit kok, Ma, karena ternyata caranya sangat 'go green' dan mudah! Hanya dengan 7 jenis tanaman hias yang akan mewujudkan rumah dengan udara bersih dan manfaat kesehatan lainnya berikut ini, Ma! Yes, mereka ini nggak hanya berfungsi sebagai hiasan saja, tapi ternyata berjasa banget untuk membuat udara lebih bersih dan sehat. Makanya, jangan dianggurin saja di halaman. Sebagian, bisa Mama angkut ke dalam rumah.


7 Jenis tanaman hias yang bisa membantu membuat udara lebih sehat dan bersih

Suplir, untuk Air Purifier


Tahun 90'an adalah zaman ketika tanaman suplir ini begitu berjaya. Ah tapi, rasanya semua berjaya di dekade itu ya, Ma? *kata anak abege tahun '90an. Hihihi.

Saat itu, hampir setiap rumah memiliki pot berisi tanaman hias ini dengan berbagai ragamnya. Berjajar di sekeliling pagar, memenuhi halaman.

Barangkali saat itu belum banyak yang tahu juga, bahwa suplir bisa membantu memurnikan kandungan O2. Bahan-bahan beracun seperti formaldehid dan xilena akan hilang dari udara berkat suplir.


BACA JUGA


Ingin Memulai Hobi Berkebun? Mulailah dengan Beberapa Hal Sederhana Berikut!

Ingin Memulai Hobi Berkebun? Mulailah dengan Beberapa Hal Sederhana Berikut!

Ingin memulai hobi berkebun? Ternyata nggak perlu mikirin yang terlalu susah

Read more..


Lidah Buaya, untuk Kelembapan Udara

Image via flickriver

Yes, aloe vera, si penyubur rambut dan obat anti peradangan. Tanaman ini memang sudah terkenal dengan khasiatnya yang melimpah, bukan?

Selama beratus tahun, orang-orang dari berbagai belahan dunia memakainya untuk berbagai keperluan, memanfaatkan sifat dingin yang dimilikinya, dalam bentuk mentah maupun olahan.

Namun, selain itu, lidah buaya juga baik untuk menetralisir kadar air di udara. Saat udara sedang kering, masukkan saja satu pot tanaman hias ini di ruang tamu Mama untuk menjaga kelembapannya.


Lavender, untuk Ketenangan


Sepertinya Mama sudah tahu, ya, bahwa wangi bunga ini sangat ampuh mengusir nyamuk. Tidak hanya secara fisik bermanfaat, tapi keharumannya juga sangat menenangkan pikiran.

Minyak atsiri yang terkandung di dalamnya memang sudah digunakan sekian lama sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai keluhan penyakit.

Jadi, untuk rumah bebas nyamuk dan pikiran bebas dari kenegatifan, yuk, menghirup si bunga ungu cantik ini!


Ficus, untuk Bebas Bau

Image via myhouseplnats

Tanaman hias berdaun kecil ini mirip dengan beringin, tapi versi mini. Jika ingin menaruhnya di dalam rumah, letakkan di sisi jendela karena ia butuh sinar matahari.

Tanaman ini konon bisa menghirup sekitar 30.000 mikrogram zat amonia dalam 24 jam lo, Ma! Ruangan akan bebas bau dan udara semakin segar untuk dihirup!


BACA JUGA


Menanam Tanaman di dalam Rumah untuk Menambah Kesegaran - Ini Tips Perawatannya!

Menanam Tanaman di dalam Rumah untuk Menambah Kesegaran - Ini Tips Perawatannya!

Sudah waktunya untuk menyingkirkan semua yang artifisial. Bunga plastik di dalam rumah? That is so yesterday! Yuk, menanam untuk membawa ...

Read more..


Rosemary, untuk Daya Ingat

Image via topfoodfacts

Ya, bukan hanya sebagai bumbu masak, rosemary juga adalah obat herbal yang mujarab, Ma. Ia sangat berguna untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

Sebuah studi di Northumbria University bahkan menyebutkan, bahwa yang sering menghirup wangi rosemary akan lebih baik dalam menjawab pertanyaan.

Nah, siapa yang ingin otak dan pernapasannya sehat, yuk masukkan tanaman hias ini di rumah.


Lili Paris, untuk Mengusir Partikel Berbahaya

Image via biohomecares

Tahukah Mama kalau bermacam jenis tisu, kantung kertas, papan-papan kayu dan material lain itu mengandung formaldehid, sejenis bahan kimia yang berbahaya? Bahan itu biasanya dipakai untuk perekat, pelapis kertas, pemutih, juga pengawet. Walaupun tidak banyak kandungannya di udara, tapi boleh saja mengusirnya dari udara di rumah, bukan?

Lili Paris atau Spider Plant ini salah satu tanaman hias yang bisa menghilangkan bau dan partikel-partikelnya dari udara, Ma.


English Ivy, untuk Lega Pernapasan

Image via Etsy

Tanaman hias yang satu ini cocok sekali untuk dipelihara oleh penderita asma. Katanya, tanaman dengan bentuk daun indah ini bisa mengurangi sampai dengan 94% partikel pemicu alergi di udara.

Tanaman ini akan berwarna lebih gelap jika tidak terekspos cahaya, walaupun memang jangan sampai terkena sinar matahari langsung.

Dan, English Ivy ini termasuk tanaman hias yang beracun, Ma, seperti Poison Ivy di film Batman itu. Jadi, gantung saja agar jauh dari jangkauan anak-anak.


BACA JUGA


11 Tanaman Hias Unik Ini Bikin Mupeng untuk Dikoleksi. Nomor 4 Lucu Banget, Ma!

11 Tanaman Hias Unik Ini Bikin Mupeng untuk Dikoleksi. Nomor 4 Lucu Banget, Ma!

Tanaman hias terbukti sukses bikin rumah kita terlihat makin cantik

Read more..


Jadi, Mama butuh tanaman hias yang mana nih? Membersihkan racun atau melembabkan udara? Menghilangkan bau atau meningkatkan kecerdasan otak?

Ah, borong saja semuanya yuk, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "7 Jenis Tanaman Hias Ini Tak Sekadar Jadi Hiasan, Tapi Juga Bisa Bikin Udara dalam Rumah Bersih dan Segar Lo!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


PutuAyu Winayasari | @ayuwinayasari

A whole-hearted writer. A caring teacher. A Rocking Mama. A loving wife-daughter. Visit me at [email protected] Reach me at [email protected] Or just come by to LIA-Bandung to have some bakso with me :)

Silahkan login untuk memberi komentar