7 Resep Snack Arisan Praktis yang Bisa Mama Buat Sendiri Kurang dari 30 Menit!

7 Resep Snack Arisan Praktis yang Bisa Mama Buat Sendiri Kurang dari 30 Menit!

236.8K
Snack arisan buatan sendiri adalah kebanggaan para Mama. Setuju? Hati berbunga-bunga, hidung kembang kempis, ketika para peserta arisan memuji, "Wah, Mama keren banget, semua dibuat sendiri, semua enak."

Ketika Mama menerima giliran arisan, yang dipikirkan pertama kali pasti snack apa yang harus disajikan? Bener nggak, Ma?

Sebagian Mama sulit untuk melakukannya karena sudak capek bekerja di luar rumah, belum lagi anak-anak nggak ada yang urus atau merasa kemampuan memasak di level paling rendah. *huft. Masalah banget, ya, Ma. Padahal snack arisan itu tak selamanya harus mewah.

Bagi Mama yang memiliki waktu luang, sayang banget jika nggak menggunakan kesempatan ini untuk bikin snack arisan sendiri. Mama yang pintar memasak atau sering ikutan komunitas memasak bahkan memiliki blog yang berisi segudang resep masakan tentunya tak punya kesulitan berarti, ya, untuk menyajikan snack arisan.

Saya pernah dinasehatin Ibu, berapa pun jumlahnya snack arisan harus mengandung 3 elemen yaitu, snack asin, snack manis dan klethikan.

Mama zaman dulu senang menyajikan aneka snack arisan dalam porsi besar, sedangkan Mama masa kini terbiasa dengan snack yang lebih kecil karena nggak perlu memegangnya lama-lama. Snack arisan dalam bentuk yang kecil ini mengadopsi model finger food yang sering disajikan di hotel dan pesta cocktail di Eropa dan Amerika. Tapi, jika Mama googling dalam bahasa Indonesia, finger food ini merujuk ke makanan bayi yang bisa digunakan untuk latihan memegang para bayi.

Mama yang punya waktu luang, pengin masak tapi punya skill lebih dan pengin ngirit, ada segudang resep snack arisan yang bisa dicoba. Kalaupun Mama mau beli, harga snack sekarang ini mulai dari Rp. 2000,-. Untuk menyiasatinya, Mama cek terlebih dahulu bahan-bahan yang ada di rumah, lalu cari resep snack menyesuaikan bahan yang ada. Kalaupun harus belanja, hanya untuk bahan yang tidak ada saja.

Untuk Mama yang nggak terlalu pintar masak dan ketiban giliran arisan, bisa mencoba resep-resep berikut ini.

Baca juga : Serba-serbi ukuran takaran di dapur supaya Mama nggak bingung lagi!


Ini dia 7 resep snack arisan yang praktis dan bisa dibuat tidak lebih dari 30 menit.




PUDING COCKTAIL

PUDING COCKTAIL - Puding Cocktail
Puding Cocktail

Ini adalah menu favorit saya, karena nggak pernah gagal bikinnya dan nggak pernah gagal juga untuk menyegarkan suasana. Cara membuatnya pun sangat mudah. Mama nggak perlu memiliki keahlian masak untuk bikin snack ini.

Bahan- bahan

- 1 liter susu

- 1 bungkus agar-agar

- Sirup ABC orange

- 1 kaleng cocktail buah

Cara membuat

1. Aduk susu dan agar-agar sejak dingin hingga mendidih dan buih naik.

2. Saat buih naik, matikan kompor dan terus aduk hingga gelembung udaranya hilang. Proses ini cepat kok nggak sampai capek.

3. Tuang campuran agar-agar panas ke wadah yang sudah disediakan atau cetakan, biarkan mengeras. 

4. Tuangkan sirup ABC. Mama nggak perlu takut rasanya terlalu manis karena sirupnya akan turun dan menyatu dengan puding, menyisakan sedikit sirup di bagian atas.

5. Tambahkan buah cocktail di atas.

6. Masukkan ke kulkas.

*Catatan

- Untuk 2 resep, Mama hanya perlu tambahkan susu dan agar-agar saja.

- 1 kaleng cocktail cukup untuk 2-3 resep.

- Jika Mama mau bikin 2 resep, sebaiknya jangan dimasak bersamaan.

- Susu yang digunakan bisa susu murni atau kemasan. Tapi, saya cenderung memilih susu murni karena gurihnya pas, selain itu harga aman di kantong. Saya beli di bakul khusus susu murni mentah dengan harga Rp. 6.000,-/liter.

- Walau sederhana, perlu diperhatikan dengan benar karena susu berbuih dan naik dengan cepat saat mendidih.



DONAT

DONAT - Proses membuat donat
Proses membuat donat


Dulu, donat adalah musuh terbesar saya karena setiap membuatnya selalu gagal! *hiks

Tapi, sekarang ini sudah banyak beredar resep anti gagal dengan bahan sederhana. Thanks to them who made this recipe. Saya memutuskan memilih resep ini karena memiliki bahan 1/4 kg gula donat, mentega dan sebungkus tepung terigu di dapur. Sayang banget gula donat sisa membuat kue putri salju sewaktu Lebaran nggak dimanfaatkan. Tak ada resep lain selain donat untuk menghabiskan gula donat ini.

Berikut resep donat yang saya adopsi dari Dapur Ayu.

Bahan-bahan

- 100 gram terigu

- 1 sdm fermipan (1 bungkus 11 gram)

- 2 sdm gula pasir

- 150 ml air hangat

- 1 kuning telur

- 220 gram terigu

- 3 sdm susu

- 2 sdm margarin

- 1/2 sdt garam

Cara membuat

1. Bikin biangnya terlebih dahulu dengan mencampurkan 100 gram terigu, 1 sdm femipan, 2 sdm gula pasir, 150 ml air hangat.

2. Biarkan sampai fermipan bereaksi dengan keluarnya semacam rongga-rongga kecil.

3. Tambahkan 1 kuning telur, 220 gram terigu, 3 sendok makan susu, 2 sendok makan margarin, 1/2 sendok teh garam.

4. Uleni hingga kalis dan halus, lalu tutup dengan serbet dan biarkan hingga mengembang. Tak perlu berpatokan waktu. Intip saja jika sedang selo.

5. Kempiskan dan bagi menjadi bulatan-bulatan yang besarnya terserah, lalu diamkan biar mengembang lagi.

6. Bentuk dengan cetakan donat. Jika tak punya, bulatkan sempurna saja lalu coblos tengahnya dengan telunjuk yang juga membuat bulatan tersebut agak oval.

7. Goreng dengan minyak yang banyak. Jika punya mentega putih, masukkan ke minyak sesendok untuk membuat donat lebih mudah ditiriskan.



LUMPIA

LUMPIA - Lumpia dan isiannya.
Lumpia dan isiannya.

Bikin lumpia adalah pilihan yang mudah. Snack arisan satu ini menyehatkan karena di dalamnya berisi beragam sayuran. Mama pun cukup ke warung saja untuk membeli isian lumpia. Untuk kulit, biar nggak repot beli saja yang sudah jadi. Di supermarket, kulit lumpia banyak dijual dengan berbagai bentuk. Ada kotak dengan tekstur lebih tebal dan kering, tapi ketika digoreng lebih crispy. Adapun bulat dan lebih tipis memiliki tekstur moist sehingga mudah untuk membungkus. Hanya saja setelah matang, minyak gorengnya seperti terjebak dan membuat lumpia sangat berminyak meski sudah ditiriskan menggunakan kitchen towel hingga tiga kali ganti.

Bahan-bahan

- Wortel

- Daun bawang

- Taoge

- Bawang merah

- Bawang putih

- Putih telur

- Gula

- Garam

- Minyak goreng

- Air

- 1 sdm kecap manis

- 1 sdm kecap asin

- 1 sdt maizena

Cara membuat

1. Haluskan bawang merah dan bawang putih.

2. Tumis sebentar bawang merah dan bawang putih dengan sedikit minyak.

3. Masukkan sayuran dan tambahkan air.

4. Masukkan gula dan garam

5. Kunci membuat isian lumpia adalah tambahkan kecap asin dan kecap manis.

6. Cicipi terlebih dahulu dan sesuaikan selera, jika sudah pas, tambahkan maizena yang dicairkan dengan air.

7. Aduk sampai air di wajan habis.

8. Tunggu hinga dingin, lalu masukkan ke dalam kulit lumpia. Lipat lalu lem kulit lumpia dengan putih telur.

*Catatan

Untuk variasi sayuran, disesuaikan dengan selera Mama.



TAHU ACI

TAHU ACI - Tahu aci sebelum dan sesudah digoreng.
Tahu aci sebelum dan sesudah digoreng.


Dengan tahu seadanya, saya membuat tahu aci yang resepnya saya dapatkan dari blog ricke-ordiarykitchen.blogspot.co.id.

Bahan untuk aci

- 50 ml air

- Bawang putih

- Garam

- Merica

- 1 sdt gula pasir

- 150 gr tepung aci/tapioka/sagu tani

- 50 gram terigu

- 1 tahu putih yang dihaluskan 

- Irisan daun bawang

- Tahu

Cara membuat

1. Untuk aci - didihkan 50 ml air, bawang putih, garam, merica dan 1 sendok teh gula pasir.

2. Jika sudah mendidih, cepat angkat dan tuangkan dalam baskom berisi 150 gram tepung aci / tapioka / sagu tani, 50 gram terigu, 1 tahu putih yang dihaluskan dan irisan daun bawang. Saya menggunakan sagu tani yang selalu tersedia di dapur saya untuk campuran membuat gorengan.

3. Siapkan tahu, iris bagian tengah lalu masukkan adonan aci.

4. Goreng

*Catatan

Jika adonan tepung aci lepas, tidak mau menempel ketika digoreng, Mama bisa menyiasati dengan menyatukannya menggunakan garpu kecil.



PISANG KEJU

PISANG KEJU - Pisang keju, paling disukai anak-anak yang ikut arisan para mama.
Pisang keju, paling disukai anak-anak yang ikut arisan para mama.


Bahan-bahan

- Pisang ambon diris kecil

- Mentega

- Keju

- Susu kental manis

Cara membuat

1. Pisang ambon yang sudah diiris kecil-kecil digoreng dengan mentega hanya sampai bentuknya agak lembek, tidak sampai berwarna cokelat.

2. Masukkan pisang ke dalam wadah-wadah kecil tanpa ditiriskan, biarkan tetap basah oleh mentega.

3. Taburi keju dan susu kental manis di atasnya. 

Resep ngasal ini ternyata mendapat sambutan yang paling banyak dari anak-anak kecil yang ikut ibu mereka arisan. Sebentar saja ludes.


BITTERBALEN

BITTERBALEN - Bitterbalen
Bitterbalen


Bitterbalen ini dipilih karena tidak perlu repot-repot. 

Bahan- bahan

- Tepung terigu

- Wortel

- Kentang

- Keju

- Telur

- Tepung panir

- Minyak goreng

Cara membuat

1. Wortel dirajang, kentang dipotong dadu kecil-kecil.

2. Masukkan kentang dan wortel ke dalam air (tidak usah banyak airnya).  

3. Jika kentang sudah empuk, masukkan tepung terigu.

4. Aduk yang kuat agar terigu tidak menggumpal. Apinya kecil saja ya mak.

5. Matikan kompor jika air sudah kering, lalu dinginkan.

6. Bentuk bulat-bulat, masukkan keju (bisa diparut, dipotong kotak-kotak kecil atau melting cheese).

7. Gulingkan di telur kemudian tepung panir.

8. Goreng di api kecil.



SANDWICH

SANDWICH - Sandwich
Sandwich


Sandwich tak lazim digunakan sebagai hidangan arisan. Tapi yang terpikir waktu itu hanya karena mudah dibuat dan cepat. Namun agar roti tawarnya tidak cepat kering, sebaiknya ini dibuat mendekati waktu arisan. 

Bahan-bahan

- Roti tawar

- Mentega

- Mayonaise

- Smoked beef

- Lettuce

Cara membuat

- Potong pinggiran roti, diiris menjadi dua bagian.

- Lettuce dirajang

- Goreng terlebih dahulu smoked beef dengan pan teflon.

- Olesi roti dengan mentega lalu susun lettuce dan smoked beef kemudian tuangkan mayonaise.



Nah, Mama, gimana nih? Mudah kan, semua resep snack arisan di atas? Selain mudah dan cepat, kita juga bisa sedikit berhemat kalau bisa membuatnya sendiri.

Selamat mencoba ya!

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "7 Resep Snack Arisan Praktis yang Bisa Mama Buat Sendiri Kurang dari 30 Menit!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Lusi Tris | @lusitris

Silahkan login untuk memberi komentar