7 Tempat Wisata di Jakarta yang Asyik untuk Belajar Sejarah dan Seni Lebih Jauh - Ajak Anak-Anak Ke Sini Yuk, Ma!

7 Tempat Wisata di Jakarta yang Asyik untuk Belajar Sejarah dan Seni Lebih Jauh - Ajak Anak-Anak Ke Sini Yuk, Ma!

928
Taruhan, salah satu atau setidaknya 2 dari tempat wisata di Jakarta ini pasti belum pernah Mama kunjungi. Padahal di sini kita bisa mengenalkan sejarah dan seni pada anak-anak lo!

Di Jakarta banyak tempat seni dan sejarah yang bisa dikunjungi selama liburan ini lo, Ma. Beberapa tempat wisata di Jakarta ini bisa banget jadi tempat ‘pelarian’ saat jenuh dengan rutinitas dan kesibukan, sambil ngajak wisata edukasi anak-anak sekaligus berekreasi murah meriah.

Apalagi di musim liburan tahun baru kali ini nih. Kalau Mama tak ada rencana untuk keluar kota Jakarta, atau mungkin Mama yang di luar Jakarta mau ajak anak-anak menelusuri jejak sejarah Jakarta, nah ... ajak mereka ke beberapa tempat wisata di Jakarta ini saja.


7 Tempat wisata di Jakarta untuk memperkenalkan sejarah dan seni Jakarta


1. Museum Fatahillah


Tempat wisata di Jakarta untuk sejarah dan seni - Museum Fatahillah. Image via Wikipedia.

Mau belajar tentang sejarah Jakarta secara lengkap, ya mesti ke tempat wisata di Jakarta yang satu ini nih. Museum yang didirikan oleh J. Kremmer dan didesain oleh W. J. van de Velde ini sudah berdiri sejak tahun 1707.

Di sini Mama bisa mengajak si kecil untuk mengikuti perjalanan sejarah Jakarta. Ada replika peninggalan masa Tarumanegara dan Pajajaran, juga hasil penggalian arkeologi, hingga melihat-lihat koleksi mebel antik yang dibuat di abad ke-17 hingga 19, yang merupakan perpaduan dari gaya Eropa, Republik Rakyat Tiongkok, dan Indonesia. Juga berbagai prasasti.

Museum Fatahillah terbagi atas beberapa ruang, yaitu Ruang Prasejarah Jakarta, Ruang Tarumanegara, Ruang Jayakarta, Ruang Fatahillah, Ruang Sultan Agung, dan Ruang Batavia yang kesemuanya diisi dengan berbagai koleksi bersejarah Jakarta.

Tiketnya murah, Ma. Untuk dewasa, hanya Rp 5.000. Sedangkan untuk mahasiswa Rp 3.000, dan anak-anak hanya Rp 2.000 saja.


BACA JUGA


Ini Dia 11 Museum di Dunia yang Paling Menakjubkan dan Harus Dikunjungi!

Ini Dia 11 Museum di Dunia yang Paling Menakjubkan dan Harus Dikunjungi!

Real museums are places where time is transformed into space. ~ Orhan Pamuk

Read more..


2. Museum Basuki Abdullah


Tempat wisata di Jakarta untuk sejarah dan seni - Museum Basoeki Abdullah. Image via Travel Detik.

Museum yang diresmikan tanggal 25 September 2001 ini merupakan rumah kediaman pelukis Basoeki Abdullah. Berlokasi di Jalan Keuangan Raya No. 19, Cilandak Barat, Jakarta Selatan ini, terdapat koleksi-koleksi pribadi milik Basoeki berupa patung, wayang, topeng, buku serta lukisan karyanya.

Menariknya, dalam ruang pameran terdapat lukisan yang dibuat oleh Basoeki saat masih berusia 10 tahun, yakni lukisan ayahnya, Abdullah Suriosubroto, dan tokoh terkenal dunia, Mahatma Gandhi.

Selain itu, ada pula ruang memorial yang merupakan kamar tidur Basoeki yang posisinya masih sama seperti saat beliau masih hidup dulu.

Museum ini buka pada hari Selasa-Jumat pukul 08.00-16.00, Sabtu-Minggu pukul 08.00-15.00, dan di hari Senin serta hari libur nasional tutup. Tiket masuknya hanya Rp 2.000 saja.


3. Art Mon Decor


Tempat wisata di Jakarta untuk sejarah dan seni - Art Mon Decor. Image via Mondecor.

Galeri ini terletak di Jalan Rajawali Selatan Raya No.3, Kemayoran, Jakarta Selatan.

Banyak karya seni dipamerikan dalam galeri ini. Biasanya penggantian koleksi dilakukan setiap 3-4 bulan sekali.

Galeri ini juga bisa disewa untuk acara pribadi lo. Tiket masuk museum, untuk umum Rp 75.000 dan mahasiswa Rp 50.000. Untuk area exhibition, nggak dipungut biaya.

Untuk anak-anak, di hari Sabtu dan Minggu bisa belajar melukis di Institute of Art. Galeri ini buka dari hari Selasa hingga Sabtu, dari pukul 10.00-18.00, dan Minggu pukul 10.00-16.00.


4. Museum MURI


Tempat wisata di Jakarta untuk sejarah dan seni - Museum MURI. Image via MURI.

Berkunjung ke mal, nggak selalu mesti cuma belanja aja. Mama juga bisa menjadikan mal sebagai tempat edukasi lo. Bahkan Mama bisa mengetahui segala keunikan yang terjadi di Indonesia di Museum MURI Jakarta.

Terletak di Lower Ground Floor, Mall of Indonesia, Kelapa Gading, Jakarta. Mama bisa melihat ratusan foto dokumentasi dari karya-karya anak bangsa yang unik dan mampu menembus level dunia.

Mama juga bisa masuk ke dalam theater yang terletak di dalam museum. Di sini Mama bisa menonton film pendek dari penciptaan dan pemecahan rekor MURI di Indonesia.

Berminat berkunjung, Ma? Museum dibuka dari pukul 10.00-20.00 dengan tiket masuk Rp 10.000 untuk dewasa, dan Rp 5.000 untuk mahasiswa.


BACA JUGA


Yuk, Ajak Anak-anak Langsung Belajar di Lokasi dengan Mengunjungi Empat Cagar Budaya di Jawa Tengah Ini!

Yuk, Ajak Anak-anak Langsung Belajar di Lokasi dengan Mengunjungi Empat Cagar Budaya di Jawa Tengah Ini!

A people without the knowledge of their past, origin and culture is like a tree without roots. ~ Irish Proverb

Read more..


5. Bentara Budaya


Tempat wisata di Jakarta untuk sejarah dan seni - Bentara Budaya. Image via CitySeeker

Art space yang satu ini kerap kali mengadakan berbagai macam acara kesenian secara berkala. Mulai dari pameran dan pagelaran, hingga pemutaran film dan diskusi bulanan.

Bentara Budaya Jakarta memiliki ikon rumah adat yang berasal dari Kudus, Jawa Tengah. Di dalamnya ada ratusan koleksi lukisan dari para pelukis legenda Indonesia, seperti Basoeki Abdullah, Affandi, S Sudjojono, dan beberapa pelukis terkenal dari Bali klasik. Juga ada koleksi keramik klasik dari Tiongkok, Singkawang, Bali, Plered, Trowulan dan Cirebon. Tak ketinggalan koleksi patung, wayang golek, dan mebel antik.

Tak hanya memamerkan karya seni, di Bentara Budaya juga sering ada event-event kesenian lo, Ma. So, Mama bisa mencari info, siapa tahu sekarang lagi ada event menarik tuh di sana.


6. Museum Tengah Kebun di Kemang


Tempat wisata di Jakarta untuk sejarah dan seni - Museum Tengah Kebun Kemang. Image via Kaskus.

Banyak yang bingung ketika mencari lokasi museum ini, karena dari depan bangunannya nggak terlihat seperti museum. Hahaha.

Memang museum di tengah kebun ini merupakan museum yang dibangun di rumah pribadi dari sang pemilik, bernama Bapak Sharial Djalil, terletak di Jalan Kemang Timur No. 66, Jakarta Selatan.

Bangunan ini sangat terawat keasriannya. Di dalam museum initerdapat 2481 koleksi barang peninggalan sejarah dan memiliki fosil tertua yakni fosil pohon berusia 248 juta tahun! Wow!

Untuk mengunjungi tempat wisata di Jakarta satu ini, pengunjung nggak dikenakan biaya, Ma. Hanya saja, sang pemilik sudah memberikan peraturan, bahwa kalau ingin berkunjung kita harus membuat janji terlebih dahulu dan harus tepat waktu.


7. Art & Culture Edutainment Center


Tempat wisata di Jakarta untuk sejarah dan seni - Art & Culture Edutainment Center. Image via FreeMagz.

Bagi yang ingin mencari pengalaman baru bersama keluarga, bisa deh datang ke Art & Culture (ARTUR) Edutainment Center yang berlokasi di lantai 3F, Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta Selatan.

Dibuka sejak September 2013 lalu, Arture merupakan informal education yang ditujukan bagi masyarakat yang ingin mengasah keahlian di bidang kesenian, kebudayaan dan pendidikan.

Dibagi dalam 7 ruang kelas, yakni Studio Room (Multifungsi), Art Room, Lingua Room (Kelas Bahasa), Music Room, Soial Room (Community), Cooking Room, Mom & Kids Room.

Semua kegiatan yang dilakukan sejak pukul 09.00-21.00 ini bisa dilakukan oleh segala umur. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.


BACA JUGA


Wisata di Jogja Belum Lengkap Jika Belum Berkunjung ke 5 Museum Budaya Ini

Wisata di Jogja Belum Lengkap Jika Belum Berkunjung ke 5 Museum Budaya Ini

Sudah berkunjung ke objek wisata di Jogja yang populer? Lengkapi lagi pengalaman liburan sekolah si kecil dengan berkunjung ke 7 museum ...

Read more..


Itu dia beberapa tempat wisata di Jakarta, yang bisa jadi tempat Mama mengajak si kecil mengenal sejarah dan seni lebih dekat.

Liburan sih liburan, tapi kalau bisa sambil belajar ya kenapa enggak? Lagipula, tiket-tiket masuk ke tempat wisata di Jakarta di atas pun terjangkau banget kan? Ada yang gratis juga lo!

Selamat berlibur, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "7 Tempat Wisata di Jakarta yang Asyik untuk Belajar Sejarah dan Seni Lebih Jauh - Ajak Anak-Anak Ke Sini Yuk, Ma!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar