9 Tempat Liburan Eksotis yang Bisa Mama Masukkan dalam Daftar Kunjungan di Musim Liburan Sekolah Mendatang

9 Tempat Liburan Eksotis yang Bisa Mama Masukkan dalam Daftar Kunjungan di Musim Liburan Sekolah Mendatang. Image via Joglo Wisata

9 Tempat Liburan Eksotis yang Bisa Mama Masukkan dalam Daftar Kunjungan di Musim Liburan Sekolah Mendatang

383
Lagi merencanakan liburan sekolah yang akan datang, Ma? Jangan lupa masukkan 9 tempat liburan eksotis ini juga!

Hai, Mama! Sebentar lagi liburan sekolah tiba ya? Sudah punya rencana belum, Ma? Rencananya mau mengunjungi tempat liburan mana saja nih?

Berikut Rocking Mama punya beberapa rekomendasi tempat liburan yang eksotis dari berbagai lokasi di Indonesia, yang mungkin bisa dimasukkan dalam rencana liburan sekolah mendatang.


9 Tempat liburan eksotis rekomendasi Rocking Mama untuk dikunjungi di masa liburan mendatang

1. Kawah Putih, Jawa Barat


Tempat liburan eksotis - Kawah Putih. Image via Aneka Tempat Wisata

Tempat liburan ini menghadirkan atmosfer kehampaan dan kesunyian yang luar biasa, Ma. Hening, putih, damai.

Lokasinya ada di Gunung Patuha. Dulu, kawasan ini dianggap angker karena jika ada hewan yang melintasi, maka hewan tersebut akan mati. Adalah Dr. Franz Wihelm Junghuhn, seorang Belanda yang menemukan bahwa ada danau yang mengandung belerang di sini.

Cobalah ajak si kecil dan Papa untuk menyempatkan diri duduk sejenak di pinggirnya, meresapi kedamaian dan energi positif tempat ini, Ma.


BACA JUGA


Liburan Murah dan Hemat Bareng Keluarga? Bisa Saja, Tapi Mama Mesti Tahu Dulu 6 Hal Berikut!

Liburan Murah dan Hemat Bareng Keluarga? Bisa Saja, Tapi Mama Mesti Tahu Dulu 6 Hal Berikut!

Travelling itu menyenangkan. Tapi, akan lebih menyenangkan kalau bisa liburan murah alias hemat. Yes

Read more..


2. Karimun Jawa, Jepara


Tempat liburan eksotis - Karimun Jawa. Image via paket wisata karimunjawa tour.

Gunakan kapal dari Tanjung Mas, Semarang, dan kunjungi pulau Karimun Jawa. Hanya 4.5 jam, nggak seperti feri cepat dari Jepara yang malah butuh 6 jam.

Begitu tiba di Karimun Jawa, Mama bisa langsung menikmati wisata bahari, setelah menaruh semua barang bawaan di hotel tempat Mama menginap.

Tempat yang wajib dikunjungi adalah wisata taman lautnya yang telah ditetapkan oleh Pemda Jepara sebagai Taman Nasional tahun 2001.

Selain terkenal akan terumbu karangnya yang bagus, jangan lewatkan petualangan seru berenang bersama ikan hiu dan kura-kura di pulau Menjangan besar.

Hiu-hiunya berukuran kecil dan jinak, jadi nggak perlu takut, Ma.


3. Klenteng Sam Poo Kong, Semarang


Tempat liburan eksotis - Klenteng Sam Poo Kong. Image via TripAdvisor

Sam Poo Kong terletak di daerah Simongan di Semarang sebelah barat daya. Klenteng ini merupakan tempat pemujaan terhadap seorang laksamana yang hidup di masa Dinasti Ming (1368-1643) dalam masa pemerintahan Kaisar Yung Lo, yang tiba di Semarang tahun 1401.

Lampion-lampion, bau dupa dan kertas-kertas syair tentang masa depan memberikan percampuran nilai budaya yang eksotik, Ma. Nikmati suasana sembari mengenalkan bentuk budaya lain pada si kecil.

.

4. Rengasdengklok, Karawang


Tempat liburan eksotik - Rumah Rengasdengklok. Image via Piknik Asik.

Tempat ini menarik karena sejarahnya, Ma. Di Km 47, exit Karawang Barat, keluarlah dari tol mengikuti arah panah menuju Rengasdengklok. Jika Mama kemudian menemukan sebuah monumen berbentuk kepalan tangan yang bernama Bojong Tugu, maka itu tandanya Mama sudah nggak jauh lagi dari lokasi rumah pengasingan Sukarno-Hatta tersebut.

Setelah itu, Mama akan sampai di Jalan Sejarah, gang kecil bergardu merah putih. Rumah nomor 1533 yang terletak di jalan tersebut adalah rumah tempat Soekarno-Hatta, Fatmawati dan Guntur (putra Soekarno) diinapkan.

Di rumah milik seorang keturunan Tionghoa, Djaw Kie Song, inilah para pemuda mendesak Soekarno-Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.


5. Taman Sari, Yogyakarta


Tempat liburan eksotis - Taman Sari Yogyakarta. Image via Wikipedia

Taman Sari Keraton Yogyakarta merupakan bekas taman atau kebun istana yang dibangun tahun 1758-1759.

Mulanya taman ini diberi nama “The Fragrant Garden”. Di area seluas 10 hektar ini terdapat gedung,kolam pemandian, pulau buatan, danau buatan, serta lorong bawah air.

Dari sini, Mama bisa meneruskan perjalanan dengan menyusuri kampung menuju Sumur Gumuling, yaitu sumur bawah tanah yang sudah kuno.


BACA JUGA


Liburan di Jakarta? Kenapa Enggak? Berikut Tip Menghabiskan Libur di Jakarta

Liburan di Jakarta? Kenapa Enggak? Berikut Tip Menghabiskan Libur di Jakarta

Saat semua orang berbondong-bondong keluar Jakarta saat liburan, kita bisa kok malah memilih liburan di Jakarta. Kalau masa libur, Jakarta ...

Read more..


6. Museum Layang-Layang, Jakarta


Tempat liburan eksotis - Museum Layang-layang. Image via wisatasekolah

Tempat liburan ini adalah tempat untuk mengenal lebih jauh permainan tradisional layang-layang.

Museum Layang-Layang di Jakarta ini dibangun di atas lahan seluas 3000 meter persegi tahun 2003. Koleksinya mencapai 500 buah layang-layang, yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

Terdiri atas berbagai macam ukuran, layang-layang di sini juga sering digunakan saat festival layang-layang tahunan di Bali.

Di sini juga ada ruang pemutaran film dokumenter mengenai layang-layang, Ma. Selain itu, juga ada area khusus bagi pengunjung yang ingin membuat dan melukis sendiri layang-layang mereka.


7. Bromo, Jawa Timur


Tempat liburan eksotis - Bromo. Image via Wikipedia

Berbagai keindahan terpapar rapi untuk dinikmati dan diresapi. Mulai dari melihat sunrise di Pananjakan (titik tertinggi di Bromo), berlarian di padang pasir yang menjadi lokasi shooting Pasir Berbisik, menikmati padang sabana yang luas, sampai ngobrol dengan penduduk lokal, menjadi agenda menarik jika Mama ingin berkunjung ke Bromo.

Bahkan ada sebuah festival musik jazz yang digelar secara rutin setiap tahun di sini membuat Bromo semakin menjadi pusat perhatian.


8. Candi Cangkuang


Tempat liburan eksotis - Candi Cangkuang. Image via Indonesia Kaya

Berada di Desa Leles, Jawa Barat, candi ini terletak di Garut bagian utara. Mama harus menempuh perjalanan sekitar 46 km dari kota Bandung untuk bisa ke desa ini.

Lokasi Candi Cangkuang memang agak tersembunyi, Ma. Namun, petunjuk jalan yang terpasang di sepanjang jalan menuju situs sangat membantu kita untuk menuju ke sini.

Setelah itu, Mama juga harus menyeberangi Situ (danau) Cangkuang dengan mendayung sampan dari bambu yang hanya dirakit secara sederhana. Meski sederhana, Mama tak perlu takut karena sampan ini aman kok dipakai untuk menyeberang.


9. Taman Sari Gua Sunyaragi, Jawa Barat


Tempat liburan eksotis - Taman Sari Gua Sunyaragi. Image via Wisata Pulau Pramuka

Taman Sari Sunyaragi—atau yang dikenal dengan sebutan Gua Sunyaragi--adalah salah satu peninggalan bersejarah di Cirebon, selain Masjid Walisangan Ciptarasa, Keraton Kasepuhan dan Kanoman.

Tempat ini dibangun oleh Pangeran Kararangen tahun 1703 M. Taman Sari Sunyaragi terbagi atas 2 bagian, yaitu pesanggrahan untuk menjamu tamu keraton dan gua untuk bersemedi.

Sunyaragi berasal dari kata ‘sunya’ yang berarti sunyi, dan ‘raga’ yang berarti diri. Sesuai dengan namanya, gua ini memang pantas untuk menyepi. Tempat ini menawarkan pemandangan yang berbeda jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda pula.


BACA JUGA


5 Tempat Camping Sekeluarga Buat Mama yang Pengin Liburan Penuh Petualangan Namun Tetap Mengutamakan Kenyamanan Maksimal

5 Tempat Camping Sekeluarga Buat Mama yang Pengin Liburan Penuh Petualangan Namun Tetap Mengutamakan Kenyamanan Maksimal

Fasilitas beberapa tempat camping ini seperti di hotel berbintang. Mama dan si kecil bisa menemukan sensasi menginap di dalam tenda yang ...

Read more..


Yes, itu dia beberapa tempat liburan eksotis yang oke banget untuk dimasukkan dalam daftar kunjungan wisata Mama di musim libur mendatang.

Selamat berlibur, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "9 Tempat Liburan Eksotis yang Bisa Mama Masukkan dalam Daftar Kunjungan di Musim Liburan Sekolah Mendatang". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dewi Kamaratih | @DewiKamaratih

A mom. A wife. A fighter.

Silahkan login untuk memberi komentar