Alih-Alih Konsumsi Minuman Berenergi Kemasan, 4 Minuman Ini Justru Paling Efisien untuk Meningkatkan Stamina Saat Berolahraga Lo!

Alih-Alih Konsumsi Minuman Berenergi Kemasan, 4 Minuman Ini Justru Paling Efisien untuk Meningkatkan Stamina Saat Berolahraga Lo!

Alih-Alih Konsumsi Minuman Berenergi Kemasan, 4 Minuman Ini Justru Paling Efisien untuk Meningkatkan Stamina Saat Berolahraga Lo!

94
Jangan terlalu banyak mengonsumsi minuman berenergi kemasan ya, Ma. Mendingan konsumsi saja 4 minuman ini!

Kalau lihat iklan minuman berenergi kemasan di TV itu kita rasanya jadi percaya ya, kalau semua minuman itu bisa bikin tubuh kuat, tetap segar dan berstamina meski sudah kerja berjam-jam atau olahraga berat?

Tapi, tahu nggak sih, Ma, apa saja zat yang terkandung dalam minuman berenergi itu? Di antaranya sih ada kafein, gula berlebih, taurin, hingga soda. Kalau diminum terlalu sering--katakanlah lebih dari satu per harinya--minuman berenergi kemasan itu bisa malah mengganggu konsentrasi dan ketidakseimbangan nutrisi. Apalagi kalau diminum dalam jangka panjang, bisa merusak organ tubuh juga.

Nah, alih-alih minuman berenergi untuk meningkatkan stamina tubuh--terutama saat olahraga--mendingan Mama sediakan saja 4 jenis minuman alami nan menyegarkan ini. Kandungan nutrisi dalam 4 jenis minuman dan bahan minuman ini ternyata sudah terbukti merupakan energy booster untuk olahraga lo!


Bukan minuman berenergi kemasan, beberapa minuman berikut dapat menjadi partner sempurna untuk meningkatkan stamina berolahraga

1. Jus Ceri


Olahraga teratur tentu akan memberikan keuntungan bagi tubuh. Namun, ada kalanya si penggila olahraga melakukan rutinitasnya terlalu berlebihan sehingga menyebabkan nyeri otot tertunda, atau yang dikenal dengan istilah DOMS (Delayed Onset Muscle Soreness).

Tinggi akan antioksidan, kandungan fitonutrisi dalam buah ceri dipercaya berkhasiat mengurangi gejala DOMS ini, Ma.

Para atlet yang mengonsumsi jus ceri pasca berolahraga demi meredakan nyeri otot tertunda dan mempercepat perbaikan otot.

Paling baik diminum sebelum olahraga berat, seperti maraton misalnya, dan beberapa saat setelah berolahraga.


BACA JUGA


Kurang Olahraga, Tubuh pun Mengirimkan 8 Sinyal Ini. Namun Sayangnya Sering Mama Abaikan!

Kurang Olahraga, Tubuh pun Mengirimkan 8 Sinyal Ini. Namun Sayangnya Sering Mama Abaikan!

Kurang olahraga bisa membuat kita lemah, lesu, lemot, sampai mengalami mood swing. Yes, olahraga nggak cuma berkaitan dengan pengurangan ...

Read more..


2. Susu rendah lemak


Menurut penelitian yang dilakukan oleh McMaster University di Kanada, perempuan yang rutin minum susu beberapa saat sebelum atau sesudah berolahraga angkat beban, mendapat lebih banyak tambahan massa otot dibandingkan mereka yang mengonsumsi minuman berenergi dengan basis gula.

Selain itu, kalsium dan vitamin D di dalamnya bekerja memperkuat tulang dan sendi untuk melakukan gerakan.

Susu rendah lemak paling baik diminum secara rutin setiap pagi jika Mama sedang fokus dalam pelatihan angkat beban. Untuk energi ekstra, minumlah setelah Mama berolahraga.


3. Teh hijau


Teh hijau dapat dikatakan sebagai opsi sehat pengganti kopi, karena kandungan kafein di dalamnya yang dibutuhkan untuk meningkatkan stamina selama berolahraga.

Kafein dipercaya mampu meningkatkan ketahanan tubuh sehingga lebih “berenergi”. Berbeda dengan kopi yang membuat jantung berdebar, berkat adanya zat polifenol tubuh akan tetap rileks selama berolahraga.

Polifenol ini juga dapat membantu merangsang pembakaran lemak lebih besar, Ma.

Teh hijau paling baik diminum secangkir setiap hari, khususnya sebelum berolahraga.


4. Madu


Madu merupakan salah satu “suplemen” terbaik untuk dikonsumsi untuk berolahraga. Mengonsumsi madu sebelum berolahraga dapat meningkatkan kekuatan dan ketahanan tubuh serta mengurangi kelelahan otot di saat yang bersamaan.

“Keajaiban” ini hadir berkat karbohidrat yang terdapat di dalamnya. Glukosa dalam madu juga dapat memberikan asupan energi instan, sedangkan fruktosa membantu menjaga cadangan energi.

Madu sebaiknya diminum sebelum dan sesudah olahraga untuk mendapatkan manfaat terbaiknya. Dapat dikonsumsi langsung sebanyak 1 sendok makan, atau dicampur dengan air.


BACA JUGA


Olahraga di Rumah Ternyata Hanya Butuh Waktu 7 Menit dengan 7 Gerakan Ini!

Olahraga di Rumah Ternyata Hanya Butuh Waktu 7 Menit dengan 7 Gerakan Ini!

Malas melakukan olahraga di rumah karena suka digelendotin anak-anak? 7 gerakan olahraga di rumah ini bisa Mama lakukan dengan mudah, meski ...

Read more..


Nah, nggak perlu lagi deh beli minuman berenergi kemasan yang mahal itu ya, Ma. Nyetok aja buah ceri, susu rendah lemak, teh hijau dan madu. Konsumsi keempatnya secara rutin--karena nggak punya efek samping yang justru berbahaya bagi tubuh--sehingga Mama pun akan makin semangat berolahraga. Dan, setelahnya pun badan nggak terlalu capek, lemas dan lesu.

Selamat berolahraga, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Alih-Alih Konsumsi Minuman Berenergi Kemasan, 4 Minuman Ini Justru Paling Efisien untuk Meningkatkan Stamina Saat Berolahraga Lo!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar