Gangguan Bipolar Nyata Ada di Sekitar Kita, dan Begini Tanda-Tandanya!

Image via WeIncluded

Gangguan Bipolar Nyata Ada di Sekitar Kita, dan Begini Tanda-Tandanya!

508
Penderita gangguan bipolar bisa berperilaku ekstrem, tidak hanya membahayakan diri sendiri, namun juga orang lain.

Pernah mendengar istilah gangguan bipolar, Ma? Penyakit apa sih ini? Berbahayakah?

Mama mungkin sempat membaca berita viral beberapa waktu yang lalu, mengenai seorang pengendara perempuan yang mengalami kecelakaan lalu lintas dan menabrak banyak kendaraan lain di Bundaran Senayan kan? Setelah diselidiki, ternyata si mbak ini mengalami gangguan bipolar, sehingga ia pun harus segera diberi pertolongan sebelum membahayakan lebih banyak orang lagi.

Banyak sekali pertanyaan yang mungkin ada di pikiran kita tentang gangguan bipolar ini. So, mari kita lihat satu per satu.

Gangguan bipolar menurut Wikipedia adalah gangguan mental yang menyerang kondisi psikis seseorang yang ditandai dengan perubahan suasana hati yang sangat ekstrem berupa mania dan depresi (karena itu dalam istilah medis sebelumnya disebut dengan manic depressive).

Suasana hati penderitanya dapat berganti secara tiba-tiba antara 2 kutub atau bipolar yang berlawanan, yaitu kebahagiaan atau mania, dan kesedihan atau depresi yang berlebihan, tanpa pola atau waktu yang pasti.

Pada dasarnya setiap individu pernah merasakan suasana hati yang baik atau mood high dan suasana hati yang buruk atau mood low. Namun, pada penderita bipolar berbeda lo, Ma! Mereka memiliki ayunan perasaan atau mood swings yang ekstrem dan drastis.


Image via Youtube

Pada saat mood meningkat, ODB, atau Orang Dengan Bipolar, mengalami perasaan antusias dan bersemangat, tetapi jika mood menurun mereka merasa depresi, pesimis, putus asa, sampai mempunyai keinginan untuk bunuh diri.

Efek seseorang yang mengalami gangguan bipolar bisa berperilaku ekstrem, maka tidak hanya berbahaya bagi diri sendiri, namun juga bagi orang lain.


BACA JUGA


Hati-hati, Gangguan Tidur yang Nampaknya Sepele Bisa Jadi Merupakan Indikasi Terserang Penyakit Lho!

Hati-hati, Gangguan Tidur yang Nampaknya Sepele Bisa Jadi Merupakan Indikasi Terserang Penyakit Lho!

Kenali 8 gangguan tidur yang sering terjadi pada perempuan, terutama seusia kita, Ma

Read more..


Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Mama mulai sekarang peka terhadap perubahan sikap atau mood diri pribadi, anak, suami, atau tetangga lingkungan sekitar tempat tinggal. Semakin dini terdeteksi, maka semakin besar peluang gangguan tersebut dapat dikendalikan dan disembuhkan.

Oh iya, faktor penyebab gangguan bipolar di antaranya faktor genetika, fisiologis, dan lingkungan.

Faktor genetika disebabkan salah satu atau kedua orang tua penderita mengidap ganggua bipolar, atau mempunyai saudara kembar identik yang juga ODB. Jika hanya salah satu orang tua yang mengidap, kemungkinan potensi tertularnya adalah sebesar 15-30%. Tetapi jika kedua orangtuanya ODB, potensinya bisa meningkat menjadi 50-75%.

Faktor fisiologis penyebab gangguan bipolar terjadi karena terganggunya keseimbangan cairan utama di dalam otak. Jika dibandingkan dengan scan otak orang yang sehat, akan terlihat perbedaannya nih, Ma.

Faktor penyebab yang terakhir, yaitu faktor lingkungan. Faktor ini merupakan faktor dari luar yang memicu timbulnya stres, bisa situasi senang atau sedih uang tiba-tiba. Contohnya ketika akan menikah, harus pindah tempat bekerja, dipecat, atau kehilangan orang yang dicintai. Kurang tidur juga bisa memicu gangguan bipolar.


Image via Mental & Body Care


Setelah mengetahui faktor penyebab, alangkah baiknya kita bahas pula ciri-ciri orang yang menderita gangguan bipolar. Ciri-cirinya yaitu:

  1. Sering menangis tanpa alasan yang jelas, atau malah sebaliknya suasana hati yang terlalu gembira
  2. Merasa cepat lelah dan tidak bersemangat, atau sebaliknya malah terlalu penuh ide serta semangat
  3. Merasa berdosa, rendah diri, dan kurang percaya diri atau sebaliknya, merasa diri sangat penting, mempunyai kemampuan lebih dibanding orang lain
  4. Hilang nafsu makan atau makan secara berlebih
  5. Sulit tidur atau tidur berlebihan


BACA JUGA


Lakukan 4 Tips Hidup Sehat Ini untuk Jiwa, Pikiran dan Diri Mama yang Lebih Bahagia!

Lakukan 4 Tips Hidup Sehat Ini untuk Jiwa, Pikiran dan Diri Mama yang Lebih Bahagia!

Tips hidup sehat nggak berhenti di soal menu makanan dan memelihara fisik. Tips hidup sehat justru harus berawal dari jiwa, pikiran, dan ...

Read more..


Nah, kalau gejala atau tanda-tanda gangguan bipolar di atas sering terjadi pada Mama, maka ada baiknya Mama segera berkonsultasi dengan mereka yang lebih profesional ya. Pun demikian halnya jika ada orang di dekat Mama yang juga sering menampakkan ciri-ciri tersebut.


Image via Recovery Ranch


Cara menangani ODB ada beberapa cara, yaitu dengan:

  • mengonsumsi obat-obatan khusus dari dokter
  • konsultasi dengan psikiater
  • tidak mengonsumsi teh, kopi, alkohol, dan merokok
  • terapi diri sendiri seperti mengenali fase yang dialami, menjauhkan diri dari stres seperti melakukan relaksasi, meditasi, dan berdoa
  • mencari dukungan orang yang berkompeten
  • membuat pilihan yang sehat bagi diri sendiri.


BACA JUGA


Beberapa Jenis Fobia yang Bisa Menjauhkan Hubungan Suami Istri dan Harus Segera Diatasi

Beberapa Jenis Fobia yang Bisa Menjauhkan Hubungan Suami Istri dan Harus Segera Diatasi

Fobia biasanya terjadi karena masalah psikologis, terutama timbulnya trauma akan hal tertentu. Kalau dirasakan bisa mengganggu hubungan, ...

Read more..


Dengan mengenali tanda dan cara menangani gangguan bipolar, kita bisa meminimalkan penyebarannya lo, Ma!

Tahu nggak sih. Sekarang ini 10-12% remaja di luar negeri terdeteksi mengalami gangguan bipolar. Beberapa kota di Indonesia juga mulai dilaporkan ada penderita usia remaja.

Masih ingat kasus artis Marshanda beberapa waktu yang lalu kan, Ma? Maka mari semakin peka terhadap perubahan mood yang cenderung berpotensi menjadi gangguan bipolar.

Lebih baik mencegah bukan?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Gangguan Bipolar Nyata Ada di Sekitar Kita, dan Begini Tanda-Tandanya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Elizabeth Septarini | @septarini

Ibu satu anak yang suka membaca dan menulis tentang parenting, anak, kuliner, dan semua hal yang menarik perhatian. Menulis artikel, review, blog dan tergabung dalam Pasukan Blogger alumni Joeragan Artikel. Pernah belajar di Jurusan Perhotelan di salah sa

Silahkan login untuk memberi komentar