Hobi Belanja Online? Kuy! Tapi 7 Hal Ini Penting untuk Diperhatikan Ya, Ma!

Hobi Belanja Online? Kuy! Tapi 7 Hal Ini Penting untuk Diperhatikan Ya, Ma!

Hobi Belanja Online? Kuy! Tapi 7 Hal Ini Penting untuk Diperhatikan Ya, Ma!

171
Belanja online? Nggak usah nunggu Harbolnas. Sekarang saja yuk! Eits, tapi perhatikan dulu 7 hal berikut, biar dompet tetap terjaga.

Belanja online.

Duh, apa yang lebih menyenangkan dari sore yang luang, setelah separuh hari yang hectic, baik di kantor maupun di rumah? Apalagi, kalau diisi dengan secangkir teh atau kopi dengan kudapannya, dan ... belanja online!

Menatap layar komputer. Memandangi barang-barang lucu. Membanding-bandingkan harganya. Lalu bawa ke keranjang. Siap bayar! Hmmm, benar-benar pengalaman yang mengasyikkan! Bahkan bagi sebagian Mama, belanja melalui jalur daring begini lebih menyenangkan ketimbang belanja langsung ke tokonya.

Hayoo, Mama termasuk yang mana, nih? Tim online shopping atau tim belanja langsung?

Yang jelas, jika ingin belanja online, maka Mama harus perhatikan 7 hal ini dulu ya!

Cek dan ricek tentang tokonya

Mama tentu sudah sering mendengar tentang penipuan online shopping, bukan?

Nah, sempatkanlah melakukan penyelidikan tentang toko yang akan dipercayai transaksi, ya Ma. Apakah namanya familier? Kalau tidak, dari mana Mama mengetahuinya? Hasil rekomendasi teman, melihat di sebuah media, atau melalui mein pencari?

Kalau ada kolom komentar, baca saja satu-satu, apakah ada yang pernah komplain mengenainya atau tidak. Jangan sampai menyesal nanti, karena tidak melakukan cek ricek dulu.



Gunakan Fitur Pembatas Harga

Supaya Mama tidak bersedih hati kalau ada barang yang disuka tapi harganya selangit. Tulis harga sesuai bujet Mama, selain hanya menuliskan jenis barang saja.


BACA JUGA


7 Festival Belanja di Seluruh Dunia ini Benar-benar Memanjakan Perempuan!

7 Festival Belanja di Seluruh Dunia ini Benar-benar Memanjakan Perempuan!

Belanja, adalah napas perempuan. Belanja dan perempuan memang tak terpisahkan, karena itu ada 7 festival belanja dunia ini, demi memanjakan ...

Read more..


Manfaatkan Chat Box

Yang suka ada di pinggir halamannya itu lo, Ma. Apalagi kalau Mama sudah kepincut banget sama suatu barang, kali aja bisa minta diskon.

Ajak chat saja si adminnya. Katakan hal-hal bagus kepadanya, dan ujung-ujungnya minta diskon. Hahaha. Kalau belum dikasih, minta ia mengabari kapan tokonya akan menggelar acara diskon, supaya Mama dikabari.



Langganan Katalog

Terutama jika tokonya terpercaya, barangnya bagus-bagus, jasa pengirimannya tepat waktu dan ada asuransinya. Dengan berlangganan katalog, Mama jadi selalu updated akan keluaran terbarunya.

Klik saja tombol subscribe, ya Ma!


Viva Social Media!

Selain katalog, para online shops itu biasanya punya akun media sosial. Ikuti banyak toko, Ma, untuk mencari tahu kapan mereka mengadakan sale event.

Atau, terkadang ada toko yang hanya dengan like dan follow akunnya sudah memberi diskon. Yeay!



Gunakan Point Reward

Jika Mama adalah pembeli setia sebuah toko online, kumpulkan poin reward sebanyaknya supaya bisa digunakan sewaktu-waktu. Misalnya saat ada barang lucu dan mahal, Mama bisa memakainya untuk diskon. Atau ditukar dengan hadiah-hadaih yang disediakan.


BACA JUGA


Mama Hobi Belanja Online? Intip Taktik Tokcernya Agar Tidak Mengganggu Keuangan Keseharian Mama!

Mama Hobi Belanja Online? Intip Taktik Tokcernya Agar Tidak Mengganggu Keuangan Keseharian Mama!

Belanja online, tapi tanpa mengganggu kas harian? Bisa kok, bisa! Simak taktik tokcer ala Rocking Mama ini

Read more..


Asuransi itu Penting

Dan pastikan itu ada dalam perjanjian transaksinya. Sungguh Mama tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi pada barang yang sudah Mama bayar saat belanja online semasa perjalanannya menuju rumah Mama.

Jangan sampai nanti kecewa kalau barangnya rusak saat diterima.



Free Shipping

Ada situs-situs belanja online yang memfasilitasi pengiriman gratis. Manfaatkan saja ini untuk menghemat biaya. Tapi jangan kesal juga kalau tidak diberikan ya, apalagi kalau beda kota atau negara.


COD lebih baik

Daripada membayar dengan kartu kredit, carilah toko yang menawarkan sistem Cash on Delivery ini. Tapi, memang tidak semua online shop yang bersedia, sih.

Yang jelas, telusuri benar-benar kredibilitas tokonya sebelum Mama klik untuk membayar.



Too Good to be True

Siapa yang menolak barang bagus dengan harga murah? Lagipula, kita memang terbiasa membandingkan harga jika sedang belanja online kan?

Namun, yang sewajarnya juga, ya Ma. Jangan sampai harganya terlalu indah untuk menjadi kenyataan, alias murah banget. Tidak masuk akal dan terkesan terlalu mengiming-imingi. Kalau sudah ketemu yang seperti itu, tinggalkan saja, daripada tertipu karena termakan rayuannya!


BACA JUGA


Atasi Boros Belanja Yang Kerap Mama Lakukan Dengan 6 Langkah Simpel Ini!

Atasi Boros Belanja Yang Kerap Mama Lakukan Dengan 6 Langkah Simpel Ini!

Atasi boros belanja memang gampang-gampang susah, ya, Ma? Kita harus lebih bisa memprioritaskan yang mana kebutuhan dan mana keinginan

Read more..


Tetap Berhati-hati

Walau sekarang sudah banyak sekali online shop yang bisa dipercaya, namun ada baiknya untuk tetap berhati-hati, ya Ma. Tidak ada satu toko pun yang berhak meminta nomor identitas, password, pin, atau apa pun itu yang bersifat pribadi.

Selain itu, masih ada banyak kasus mengenai pembajakan kartu kredit. Jadi, hati-hati juga bertransaksi menggunakan kartu kredit Mama, ya.



Jadi, masih tetap berada di kubu 'Tim Belanja Online'-kah daripada belanja langsung? You go, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Hobi Belanja Online? Kuy! Tapi 7 Hal Ini Penting untuk Diperhatikan Ya, Ma!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


PutuAyu Winayasari | @ayuwinayasari

A whole-hearted writer. A caring teacher. A Rocking Mama. A loving wife-daughter. Visit me at [email protected] Reach me at [email protected] Or just come by to LIA-Bandung to have some bakso with me :)

Silahkan login untuk memberi komentar