Ibu Sri Mulyani Dinobatkan Jadi Menteri Terbaik Sedunia - Ini Dia 5 Inspirasi dari Kehebatan Beliau!

Ibu Sri Mulyani Dinobatkan Jadi Menteri Terbaik Sedunia - Ini Dia 5 Inspirasi dari Kehebatan Beliau!

Ibu Sri Mulyani Dinobatkan Jadi Menteri Terbaik Sedunia - Ini Dia 5 Inspirasi dari Kehebatan Beliau!

823
Perempuan hebat yang satu ini sangat membanggakan Indonesia. Yuk, kita lihat inspirasi apa saja yang bisa diambil dari kehebatan Sri Mulyani di mata dunia.

Indonesia sangat berbangga dengan dinobatkannya Ibu Sri Mulyani sebagai menteri terbaik sedunia. *standing applause* Benar-benar luar biasa ya, Ma!

Pastinya, perjalanan panjang karier seorang Ibu Sri Mulyani ini sangat menginspirasi sekali ya, Ma. Bayangkan saja, ia adalah orang Indonesia (sekaligus wanita) pertama yang pernah menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Jabatan ini diembannya selama satu tahun, sebelum kemudian beliau dipanggil Presiden Joko Widodo kembali ke Indonesia, untuk menata ulang kas keuangan negeri ini. Dan, pastinya Mama juga ingat ya, bahwa Ibu Sri Mulyani juga merupakan Menteri Keuangan Kabinet Indonesia Bersatu, dan sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas.

Ini bukanlah penghargaan pertama yang diterima oleh Ibu Sri Mulyani. Tahun 2006, beliau juga pernah menerima penghargaan sebagai menteri keuangan terbaik Asia, Ma, serta beberapa kali menerima predikat yang sama dari majalah Emerging Markets.

Terutama untuk pemberian penghargaan sebagai menteri terbaik di dunia ini, Ibu Sri Mulyani dinilai berhasil dalam mengurangi target defisit fiskal, selain itu juga mampu memperbaiki sistem perpajakan Indonesia lewat program pengampunan pajak (tax amnesty) yang bahkan realisasi pembayaran tebusannya jauh melebihi proyeksi dari Bank Indonesia.

Yang benar-benar membuat orang mengacungkan jempol padanya adalah ketika Ibu Sri Mulyani dengan berani menagih pajak perusahaan raksasa Google dan Facebook yang berkantor di Indonesia, dan berhasil.

Luar biasa!

Ada beberapa hal penting yang bisa kita ambil dari kisah hidup seorang Sri Mulyani. Coba kita telusuri yuk.


Ini dia 5 inspirasi dari seorang Sri Mulyani

1. Bekerja tulus tak melulu menilai dari gaji

Image via : ekbis

Dibandingkan jumlah gajinya sebagai menteri keuangan di Indonesia yang hanya Rp19 juta setiap bulannya, Sri Mulyani mendapat gaji sekitar Rp. 687,5 juta per bulan ketika menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Tapi beliau lebih memilih mengabdi kepada negara tanpa melihat besarnya gaji yang beliau terima.

Salut buat Ibu Sri Mulyani.


BACA JUGA


7 Tips Sukses dari Para Perempuan Sukses Ini Ternyata Sederhana - Semua Tergantung pada Pagi Mama!

7 Tips Sukses dari Para Perempuan Sukses Ini Ternyata Sederhana - Semua Tergantung pada Pagi Mama!

Memang benar, pagi hari adalah saat yang penting, karena akan menentukan kesuksesan kita sepanjang hari. Apakah Mama bangun pagi dengan ...

Read more..


2. Berjuang dengan keras demi kepentingan negara

Image via : Tribun Jogja

Dengan dinobatkannya Sri Mulyani menjadi menteri terbaik sedunia telah membuktikan bahwa beliau sangat berjuang dengan kerasnya untuk menjaga dan mengelola keuangan negara.

Tidak hanya itu saja, upaya Sri Mulyani dalam memberantas korupsi pun telah banyak membuahkan hasil. Beliau pun mendirikan beasiswa LPDP bagi mahasiswa Indonesia. Kita memang patut berbangga ya, Ma.


3. Walau pernah terbuang tak merasa dendam

Image via : covesia

Sri Mulyani pernah seolah terbuang. Beliau disangkutpautkan dengan kasus bailout Bank Century, dituduh ikut andil dalam kasus tersebut.

Tapi beliau tak sama sekali mendendam pada negara ini. Buktinya, beliau memilih mengiyakan panggilan Presiden Jokowi untuk kembali menjabat sebagai menteri keuangan di Indonesia yang gajinya tidak seberapa dibanding ketika beliau menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Beliau memilih untuk mengabdi kepada negara yang jelas-jelas pernah menjegalnya berkaitan dengan kasus Bank Century yang sama sekali tak pernah terbukti. Luar biasa sekali ketulusan hati Ibu Sri Mulyani ini ya, Ma.


BACA JUGA


Ini Dia 10 Perempuan Paling Berpengaruh dan Terkuat di Dunia Versi Rocking Mama

Ini Dia 10 Perempuan Paling Berpengaruh dan Terkuat di Dunia Versi Rocking Mama

Perempuan sudah tak lagi hanya mengurus soal kasur, dapur dan sumur. Tren dunia politik pun menunjukkan, banyak negara maju, maupun negara ...

Read more..


4. Selain menjadi terbaik juga menjadi yang paling berpengaruh

Image via : katadata

Ternyata selain menjadi yang terbaik, Sri Mulyani juga dinobatkan sebagai wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes tahun 2008, dan wanita paling berpengaruh ke-2 di Indonesia versi majalah Globe Asia tahun 2007.

Ini menjadi inspirasi buat kita agar bisa menjadi mama paling berpengaruh keluarga ya, Ma. Harus!


5. Walau menjadi yang luar biasa penampilannya tetap sederhana

Image via : tribun style

Lihatlah, dengan predikat wanita yang terbaik, terhebat dan paling berpengaruh di dunia, Sri Mulyani tetap tampak sangat sederhana. Dari segi penampilannya saja sama sekali tidak terkesan mewah. Tidak seperti selebriti atau para ibu pejabat yang gaya hidupnya sungguh luar biasa itu. Sri Mulyani tetap tampil bersahaja.

Pun kehidupan keluarganya, sangat sederhana. Tidak bermewah-mewahan dan mempunyai pola hidup hemat. Itu yang membuat Sri Mulyani sangat cocok menjadi menteri keuangan di negara ini.


BACA JUGA


R.A. Kartini dan 7 Kutipan Bijak yang Meyakinkan Kita Bahwa Perempuan Bisa Melakukan Segalanya!

R.A. Kartini dan 7 Kutipan Bijak yang Meyakinkan Kita Bahwa Perempuan Bisa Melakukan Segalanya!

RA Kartini dan emansipasi perempuan, sudah tak perlu ditanyakan lagi hubungannya. Kutipan-kutipan penuh semangat ini akan membuat kita ...

Read more..


Sangat menginspirasi kan, Ma? Dari karakternya yang tegas namun tetap feminin, prestasi hingga gaya hidup Ibu Sri Mulyani memang sangat patut untuk dijadikan contoh.

Meski urusan kita "hanya" keuangan keluarga, tentunya nggak salah kalau kita terinspirasi selalu oleh sosok Ibu Sri Mulyani. Misalnya saja, Mama terapkan transparansi dalam perencanaan dan pertanggungjawaban keuangan bulanan dengan Papa, disiplin dalam mengalkulasi dan mengelola pengeluaran serta pemasukan, pun harus cepat tanggap saat ada sesuatu yang diprediksi akan mengacaukan keuangan. Juga, kalau Ibu Sri Mulyani selalu membuat kebijakan yang berpihak pada rakyat, maka Mama pun juga bisa membuat kebijakan-kebijakan keuangan yang berpihak pada keluarga Mama.

Setuju, Ma? Yuk, jadi sepintar Ibu Sri Mulyani, dan menjadi menteri keuangan keluarga yang bisa diandalkan!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ibu Sri Mulyani Dinobatkan Jadi Menteri Terbaik Sedunia - Ini Dia 5 Inspirasi dari Kehebatan Beliau!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mel Ara | @melara

Silahkan login untuk memberi komentar