Ingin Melanjutkan Kuliah Tapi Masih Ragu? Ini Dia 3 Ketakutan yang Membuat Mama Maju Mundur!

Ingin Melanjutkan Kuliah Tapi Masih Ragu? Ini Dia 3 Ketakutan yang Membuat Mama Maju Mundur!

163
3 Ketakutan terbesar yang biasanya dialami oleh seseorang yang ingin kembali melanjutkan kuliah. Apakah salah satunya (atau malah ketiganya) juga menjadi ketakutan Mama saat ini?

Mama ingin kembali melanjutkan kuliah, tapi merasa ragu-ragu?

Barangkali memang ada ketakutan-ketakutan tertentu yang muncul di hati Mama ya, yang tanpa Mama sadari membangkitkan keraguan untuk kembali ke kampus atau sekolah, dan melanjutkan kuliah Mama. Padahal sebenarnya Mama tahu sekali betapa perlunya melanjutkan kuliah hingga meraih jenjang tertentu, terutama jika Mama adalah seorang wanita karier.


Ketakutan seperti apa saja sih yang biasanya muncul dalam diri Mama sehingga Mama ragu-ragu melanjutkan kuliah? Apakah salah satu dari ketiga ketakutan ini?

“Saya Takut Umur Saya Terlalu Tua.”


Wajar sekali jika perasaan takut muncul pada Mama yang berusia antara 30 – 40 tahun, dan akan berada di antara mahasiswa lain yang berusia 18 – 25 tahun.

Yah, perlu Mama ingat, kalau mindset masyarakat zaman now itu sudah berubah, Ma, bahwa usia bukan lagi penghalang untuk menuntut ilmu.

Namun, jika hal ini memang tetap membuat Mama ragu melanjutkan kuliah, Mama bisa mengambil E-Learning. Kelas online seperti ini memungkinkan Mama tak perlu hadir langsung di dalam kelas bersama mahasiswa lainnya.



“Saya Takut Akan Terlalu Mahal.”


SPP? Buku-buku? Biaya praktikum? Ini itu ....

Yes, itu semua akan terus menjadi beban Mama selama Mama masih kuliah. Memang hal ini yang sekarang makin menjadikan para calon mahasiswa potensial menjadi takut untuk kembali ke bangku kuliah. Biaya pendidikan itu memang mahal!

Kunci untuk mengatasi rasa takut ini adalah dengan menganggapnya sebagai investasi bagi masa depan diri Mama sendiri. Berpikirlah jangka panjang, Ma, bukan jangka pendek. Pertimbangkan mengenai kemajuan karier yang akan Mama dapatkan setelah Mama melanjutkan kuliah dan akhirnya memperoleh gelar.

Well, kalau memang Mama bisa mencarinya ke tempat yang tepat, sebenarnya banyak perguruan tinggi menawarkan kelas-kelas dengan biaya yang lebih terjangkau tanpa Anda sadari. Juga jika Mama bisa mendapatkan beasiswa, tentunya akan bisa sedikit membantu meringankan biaya kuliah Mama.

Jadi, lebih baik ketimbang Mama ragu-ragu, segeralah mencari informasi mengenai beberapa beasiswa yang bisa dilamar (ada banyak, Ma, baik di dalam maupun di luar negeri), juga berapa biaya total yang harus Mama keluarkan untuk melanjutkan kuliah, termasuk jika Mama mengambil kelas online E-Learning.

Pertimbangkan pula manfaat jangka panjang yang akan Mama terima, sebelum memutuskan untuk tak jadi melanjutkan kuliah Mama untuk alasan “takut terlalu mahal” ini.


“Saya Takut Tak Dapat Membagi Waktu.”


Waktu, memang merupakan hal yang paling sulit dikelola. Apalagi jika Mama sudah punya pekerjaan yang bagus, yang sehari-harinya sudah menyita waktu.

Namun, katakanlah, selalu ada hal yang harus Mama korbankan untuk dapat meraih yang terbaik, bukan? Barangkali Mama bisa sedikit mengorbankan waktu Mama menonton televisi? Atau, sedikit mengurangi acara jalan-jalan bersama teman? Pastinya, Mama juga rela mengorbankan sedikiiit saja waktu me time Mama untuk saat ini demi impian yang harus diwujudkan kan?

Yes, alokasikan semua waktu demi impian yang akan terwujud, tentunya tak akan terbuang sia-sia.

Salah satu pilihan yang baik untuk mengatasi hal ini adalah memilih E-Learning dengan metode asynchronous. Metode asynchronous memungkinkan Anda untuk kuliah dengan waktu yang lebih fleksibel, karena materi-materi perkuliahan akan dikirim melalui email, dan bukan dengan chat atau tele/web conference yang mengharuskan Mama online setiap waktu. Mama dapat mengunduh materi, instruksi dosen, dan juga komentar teman-teman “sekelas” Mama, juga meresponnya kapan pun Mama punya waktu.


BACA JUGA


Kuliah Lagi, Ma? Repot ya? Nggak Perlu! Atasi dengan 3 Tips Praktis Anti Rempong Ini!

Kuliah Lagi, Ma? Repot ya? Nggak Perlu! Atasi dengan 3 Tips Praktis Anti Rempong Ini!

There is a time and a place for everything, and it's called college. ~ Bill Cosby

Read more..


Yash, kini memang makin banyak metode belajar secara formal yang ditawarkan pada kita, yang akan sesuai dengan bidang yang sudah kita geluti sebelumnya. Pastinya metode belajar yang lebih fleksibel ini jadi mempunyai nilai lebih ketimbang sekolah-sekolah konvensional yang kurang terfokus materinya kan, Ma?

Melanjutkan kuliah merupakan langkah besar buat Mama pastinya, ya, sehingga seharusnya Mama bisa mengambil keputusan ini tanpa ragu lagi. Mumpung masih awal tahun, siapa tahu juga ini merupakan resolusi terbesar Mama untuk tahun ini kan? Ayo, mulai rencanakan sematangnya sekarang, Ma!

Semangat!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ingin Melanjutkan Kuliah Tapi Masih Ragu? Ini Dia 3 Ketakutan yang Membuat Mama Maju Mundur!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dewi Kamaratih | @DewiKamaratih

A mom. A wife. A fighter.

Silahkan login untuk memberi komentar