Ingin Punya Anak? Tak Hanya Mama yang Harus Siap, Papa Juga Perlu Mempersiapkan Diri!

Ingin Punya Anak? Tak Hanya Mama yang Harus Siap, Papa Juga Perlu Mempersiapkan Diri!

Ingin Punya Anak? Tak Hanya Mama yang Harus Siap, Papa Juga Perlu Mempersiapkan Diri!

194
Ingin punya anak, maka kedua calon orang tua harus sama-sama saling mempersiapkan diri. Apa saja yang harus dipersiapkan oleh Mama pasti sudah banyak yang bahas. Yang harus dipersiapkan Papa, nah, ini dia!

Ingin punya anak, adalah tugas istrilah--atau calon ibu--yang harus mempersiapkan diri.

Well, itu salah!

Bukan cuma Mama yang harus mempersiapkan diri kalau ingin punya anak sekarang. Papa juga!


Ini dia yang harus dilakukan dan dihindari oleh Papa jika ingin punya anak sekarang

1. Periksa gigi


Jangan pernah anggap remeh bau napas tak sedap, gusi berdarah dan gigi keropos.

Dr. Nigel Carter, Chief Executive British Dental Health Foundation menjelaskan, pada peneitian yang dilakukan terhadap 70 pria di Inggris menunjukkan meningkatnya kasus disfungsi ereksi pada pria dibarengi dengan bertambahnya penyakit gusi kronis.

82% pria yang menderita disfungsi ereksi juga memiliki periodontitis atau penyakit gusi. Saat gusi berdarah, bakteri dari mulut bisa masuk ke aliran darah yang menjalar ke seluruh bagian tubuh, tak terkecuali area genital.

Cara terbaik untuk mengatasi penyakit mulut dan gusi adalah dengan:

  • Memastikan gigi serta mulut tetap bersih dengan menyikat gigi 2 kali sehari dengan cara yang tepat
  • Jauhi makanan yang banyak mengandung gula, begitu juga minuman berkadar gula tinggi.
  • Kunjungi dokter gigi secara rutin, minimal 6 bulan sekali
  • Segera berkonsultasi ke dokter gigi untuk mendapat perawatan intensif, jika sudah terlanjur mengalami sakit gigi dan mulut.


BACA JUGA


6 Cara Menghemat Uang Secara Pintar Bagi Keluarga Baru Saat Baru Saja Memiliki Bayi

6 Cara Menghemat Uang Secara Pintar Bagi Keluarga Baru Saat Baru Saja Memiliki Bayi

Punya bayi, tak hanya soal mental yang harus disiapkan. Terutama sih soal materi. Bagaimanapun, pengeluaran pasti akan membengkak. Sudah ...

Read more..


2. Lakukan general check up


Tujuan utama general check up adalah untuk memeriksa kenormalan kerja seluruh sistem di dalam tubuh. Jadi, bukan hanya sekadar ada-tidaknya penyakit mengerikan yang diderita, seperti liver, jantung diabetes, atau kanker.

Tujuan berikutnya adalah mengetahui lebih dini adanya penyakit yang kita derita untuk kemudian dilakukan pemeriksaan secara spesifik.

Ini juga penting bagi para orang tua baru--ataupun mereka yang ingin punya anak. Jadi, ayo, ajak Papa untuk melakukan general check up ya, Ma.


3. Berhenti merokok


Kandungan zat berbahaya dalam rokok sangat membahayakan kesehatan reproduksi pria, karena mengurangi jumlah sperma dan mengurangi kemampuan sperma untuk bergerak menembus dinding sel telur.

Racun yang terdapat dalam rokok, yang masuk ke dalam jaringan pembuluh darah di penis, bisa menyebabkan impotensi.

Selain itu, zat karbon monoksida dalam rokok mengurangi kadar testoteron yang bisa jadi penyebab gairah menurun. Frekuensi hubungan seks pun berkurang dan mengakibatkan sulit terjadi pembuahan.

Rokok juga sangat berbahaya bagi bayi, jika Papa ingin punya anak. Jangan sampai membuat si kecil (dan istri Papa yang cantik ini) menjadi seorang perokok pasif yang justru akan lebih berbahaya dibandingkan diri Papa sendiri yang aktif merokok.


4. Tidak berendam di air panas


Kebiasaan berendam di air panas dan bersauna pun dapat menyebabkan terjadinya peningkatan suhu tubuh dan pada skrotum lo.

Padahal idealnya, proses pembentukan sperma terjadi saat suhu testis 2 – 4 derajat di bawah suhu tubuh.

Suhu yang tinggi di sekitar testis dapat memicu pelebaran pembuluh darah balik. Awalnya, suhu tinggi ini amat berpotensi menurunkan kualitas sperma yang pada gilirannya akan mengganggu fungsi testis dalam menghasilkan sperma, Ma.


BACA JUGA


Dari Suami Siaga Menjadi Papa Siaga, Ini yang Harus Papa Baru Lakukan untuk Membantu Mama Merawat Bayi di Rumah!

Dari Suami Siaga Menjadi Papa Siaga, Ini yang Harus Papa Baru Lakukan untuk Membantu Mama Merawat Bayi di Rumah!

Setelah menunggu selama sembilan bulan, akhirnya Mama berhasil mengantarkan si buah hati ke dunia. Rasanya pasti bahagia sekaligus lelah ya ...

Read more..


5. Lakukan olahraga rutin


Hubungan antara ketangguhan sperma dan ketahanan fisik pria terungkap dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Diana Vaamonde, Ph. D, dari Universitas Cordoba, Spanyol.

Penelitian tersebut melibatkan 31 pria sehat dari berbagai usia. Hasil pengamatan di sampel sperma menunjukkan, bahwa kualitas dan ketangguhannya berbanding lurus dengan jenis olahraga yang dilakukan oleh para partisipan.

Sperma cenderung tangguh jika partisipan melakukan olahraga high impact berdurasi 2 – 4 jam per hari minmal 3 kali dalam seminggu.


6. Jauhkan laptop dari area genital


Berdasarkan data dari European Science Foundation dan American Urological Association, 1 dari 5 pria mengalami masalah reproduksi.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti mengamati sampel sperma dari 29 pria yang sehat secara fisik. Sampel tersebut ditampung dalam wadah khusus dan diletakkan di dekat laptop yang terhubung dengan internet lewat koneksi wifi. Para peneliti kemudian mengaktifkan jaringan internet selama 4 jam terus menerus.

Hasilnya, lebih dari separuh sampel sperma tidak lagi mampu bergerak dengan lincah. Hanya 14% yang masih aktif seperti biasa. Bahkan 9%-nya mengalami kerusakan DNA!

Para peneliti menduga, berkurangnya kualitas sperma hingga terjadi kerusakan seperti itu tuh gara-gara radiasi elektromagnetik yang muncul saat perangkat wifi diaktifkan, Ma.


7. Lakukan hubungan seksual pada pagi hari


Berdasarkan ritme alamiah tubuh manusia, pukul 7 – 9 pagi merupakan waktu terbaik untuk bermesraan bersama pasangan.

Penelitian di Inggris membuktikan, pada waktu tersebut hormon oksitosin atau hormon cinta berada pada titik tertinggi, Ma. Ini karena tubuh manusia punya jam biologis yang menentukan ritme alamiah dalam melakukan aktivitas tertentu.

Jika kebanyakan orang memilih berhubungan seks di malam hari, tubuh justru memilih pagi hari untuk segala bentuk aktivitas romantis.


BACA JUGA


Persiapkan 6 Perlengkapan Bayi Berikut Sebelum Hari Perkiraan Lahir si Baby Tiba!

Persiapkan 6 Perlengkapan Bayi Berikut Sebelum Hari Perkiraan Lahir si Baby Tiba!

Hai, Mama! Bagaimana kabar kandungan Mama? Sudah semakin mendekati HPL? Sudah siap menyambut kedatangan si baby mungil kesayangan Mama itu? ...

Read more..


8. Konsumsi makanan sehat


Makanan yang disantap selain bsia memberikan gizi dalam tubuh seseorang juga bisa meningkatkan kualitas sperma kaum pria, Ma.

Ini dia beberapa bahan makanan yang dapat menjadi pilihan Papa jika ingin punya anak:

• Walnut dan almond

Walnut dan almond kaya akan arginin, yaitu asam amino yang meningkatkan produksi sperma dan aliran darah. Peningkatan aliran darah untuk membuat ereksi lebih kuat, meskipun nggak berhubungan dengan jumlah sperma, tapi berkolerasi dengan tingkat pembuahan yang lebih tinggi.

• Biji-bijian

Semua makanan dari biji-bijian seperti butir padi, gandum, jagung, dan segala jenis padi-padian dapat meningkatkan kadar kromium, sehingga meningkatkan jumlah sperma. Dalam tinjauan studi tentang pengaruh kromium yang diterbitkan dalam jurnal “Biological Trace Element Research mengatakan, bahwa tingkat kromium yang rendah berkolerasi dengan penurunan jumlah sperma.

• Telur

Makan telur nggak hanya dapat membantu menambah jumlah sperma, tapi juga meningkatkan kemungkinan pembuahan. Kualitas antioksidan vitamin E dalam telur dapat membantu melawan efek negatif radikal bebas terhadap sel-sel tubuh kita, termasuk sperma.

• Ikan laut

Sebuah penelitian di Universitas Illinois, Amerika Serikat,menunjukkan bahwa kandungan docosa hexaenoic acid (DHA) di dalam ikan laut sangat memengaruhi proses pembentukan sperma. Jika secara genetik sperma yang dihasilkan kurang bagus, nutrisi inibisa memperbaikinya.


9. Konsumsi asam folat


Brenda Eskenazi, peneliti jurnal Human Reproduction, menjelaskan bahwa ada hubungan yang kuat antara kebiasaan mengonsumsi asam folat yang tinggi dan gangguan sperma yang tak normal.

Pria yang biasa mengonsumsi asam folat berpeluang untuk bisa memperbaiki kondisi sperma menjadi normal.

Dalam penelitian tersebut, Brenda melakukan pengujian dengan memberikan asupan asam folat berbagai takaran kepada sejumlah pria.

Hasilnya, pria yang diberi suplemen asam folat dengan kadar tinggi seperti sayuran hijau, kondisi spermanya lebih normal. Maka, para ilmuwan merekomendasikan kepada para pria yang berusia 19 tahun ke atas untuk mengonsumsi asam folat setidaknya 400 mg per hari.


10. Membuat komitmen


Menjadi seorang papa bukan sekadar tradisi turun temurun atau hanya status sosial dan ingin punya anak saja, melainkan soal tanggung jawab yang tak berkesudahan.

Tanggung jawab seorang papa kelak adalah melindungi istri yang hamil dan menyiapkan kedatangan bayi dengan baik, secara finansial maupun fisik.

Mulailah menunjukkan komitmen dengan menabung uang untuk biaya kehamilan, persalinan dan biaya pendidikan anak di masa depan.

Komitmen itu bisa Papa buat sedari sekarang.


BACA JUGA


Untuk Menjalani Peran Ayah dengan Baik, Papa Perlu Bantuan Mama Lho. Berikan 5 Hal Ini Untuknya!

Untuk Menjalani Peran Ayah dengan Baik, Papa Perlu Bantuan Mama Lho. Berikan 5 Hal Ini Untuknya!

Peran ayah dalam keluarga pastilah yang terpenting. Tapi ternyata tak semua pria bisa melakukannya dengan baik. Jika Papa masih kurang fasih ...

Read more..


Jadi, tugas mempersiapkan diri bukan hanya menjadi milik para mama saja ya. Ini adalah tanggung jawab para papa juga jika memang Mama dan Papa ingin punya anak sekarang.

Semoga segera dikabulkan doanya ya, Pa, Ma, dan mempunyai keturunan hebat sepertiyang diminta. Amin!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ingin Punya Anak? Tak Hanya Mama yang Harus Siap, Papa Juga Perlu Mempersiapkan Diri!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dewi Kamaratih | @DewiKamaratih

A mom. A wife. A fighter.

Silahkan login untuk memberi komentar