Ini Dia 7 Resep Masakan Praktis dan Cepat yang Cocok Banget buat Ibu Bekerja yang Nggak Suka Repot di Dapur!

Ini Dia 7 Resep Masakan Praktis dan Cepat yang Cocok Banget buat Ibu Bekerja yang Nggak Suka Repot di Dapur!

18.4K
Resep masakan praktis dan cepat selalu diburu oleh ibu bekerja demi penghematan waktu dan tenaga. Jangan lupa, tambahkan resep masakan praktis dan cepat ala Rocking Mama ini dalam koleksi resep Mama ya!

Sebelum punya ART yang mumpuni seperti sekarang, saya sering harus memasak sendiri, Ma. Padahal saya juga bekerja. Masaknya sebelum saya berangkat kerja, terus pulang kerja masak lagi. Duh, capek! Nggak jarang saya harus cari akal dan resep masakan praktis dan cepat, supaya makanan cepat tersaji di sisa-sisa tenaga yang ada.

Pernah sih, saya pakai jasa kateringan, tapi rasanya kurang cocok di lidah. Lagipula saya juga harus masak untuk anak saya yang masih balita, which is bahan-bahan dan jenis masakannya berbeda dengan kami yang dewasa. Jadi, ya mau nggak mau kan, meski saya nggak terlalu suka berada di dapur, tapi saya berusaha mencintainya. Hahaha.

Nah, barangkali di luar sana, ada juga mama-mama yang bernasib sama dengan saya. Nggak terlalu suka berada di dapur, tapi terpaksa mencintai, demi keluarga, beberapa resep masakan praktis dan cepat berikut ini bisa Mama coba.

Jika Mama punya resep masakan praktis dan cepat yang lain, boleh Mama tambahkan nanti di kolom komen ya, Ma!


Resep masakan praktis dan cepat ala Rocking Mama untuk ibu bekerja yang rempong


1. Ayam ungkep



Image via Visit Indonesia Paradise

Iyes, ayam ungkep ini adalah salah satu resep masakan praktis dan cepat yang gampang banget dibuat. Selain itu, ayam ungkep ini juga tahan lama, Ma. Rasanya? Sudah jelas enak dong! Tenang, saya akan bagi resep ayam ungkep ala saya yang praktis ini.

Bahan yang diperlukan:

  • 1 ekor ayam
  • 2 bungkus bumbu ayam kalasan, Mama bisa membeli jadi saja di supermarket kalau tidak bisa membuat sendiri.

Cara memasak:

  • Ungkep ayam yang sudah dipotong-potong bersama dua bungkus bumbu kalasan. Nggak perlu ditambahi bumbu apa-apa lagi kok, Ma.
  • Tambahkan air hingga seluruh ayam terendam, lalu masak hingga air tersisa sedikit. Aduk-aduk.
  • Dinginkan bentar, masukkan ke dalam wadah plastik hampa udara yang tertutup.
  • Simpan dalam kulkas yang bagian paling bawah. Jangan di freezer ya, Ma!
  • Saat dibutuhkan, ambil sesuai porsi, tinggal goreng saja.

Langsung "hap!" saja kan?


2. Bumbu nasi goreng



Nah, ini nih resep masakan praktis dan cepat berikutnya. Nasi goreng adalah masakan segala suasana dan selalu menjadi penyelamat dalam keadaan darurat. Jadi, wajib stok bumbunya. Memang sih, banyak yang bumbu nasi goreng instan dijual. Tapi, kan sebenarnya ini mudah dibuat ya. Jadi mengapa nggak kita buat sendiri saja untuk bumbu yang satu ini?

Bahan yang diperlukan:

  • 250 gr cabai merah
  • 10 butir bawang merah
  • 2 butir bawang putih
  • 1 buah tomat merah
  • 100 gr udang kecepe
  • 1/2 sdt gula
  • 1 sdt garam
  • daun seledri dan daun bawang secukupnya

Cara memasak:

  • Campur jadi satu semua bahan, kemudian blender hingga lembut.
  • Tumis bumbu yang sudah halus dengan api sedang.
  • Masukkan gula, garam, daun seledri dan daun bawang.
  • Sesudah matang, dinginkan sebentar.
  • Masukkan ke dalam wadah, lalu simpan di kulkas.
  • Jika diperlukan, panaskan margarin. Ambil bumbu ini secukupnya, masukkan telur dan nasi yang sudah diberi kecap. Aduk merata hingga matang.

Praktis!


3. Kaldu ayam



Ini adalah resep masakan praktis dan cepat untuk ibu bekerja yang masih harus menyiapkan MPASI untuk balitanya.

Bahan yang diperlukan:

  • 1/2 ekor ayam kampung
  • 2 batang daun seledri
  • 2 buah wortel
  • 2 butir bawang putih, keprek
  • Kayu manis, cengkeh, gula dan garam secukupnya.

Cara memasak:

  • Rebus semua bahan menjadi satu, tambahkan air hingga terendam
  • Masak hingga air tinggal 3/4-nya.
  • Setelah dingin, saring.
  • Kuah yang sudah disaring masukkan ke dalam plastik kecil-kecil, lalu bekukan dalam freezer.
  • Jika diperlukan, ambil satu plastik kaldu beku, campurkan ke dalam bahan MPASI yang lain.

Simsalabim! MPASI siap dalam hitungan detik! *lebay*


4. Bakso



Nah, yang ini kebanyakan dari kita juga membeli yang sudah jadi di supermarket. Tapi kalau mau lebih higienis, dan juga lebih murah, kita bisa lho, Ma. buat bakso sendiri ala kita. Nggak seperti dugaan Mama, resep masakan praktis dan cepat yang satu ini juga mudah banget kok!

Bahan yang diperlukan:

  • 1/2 kg daging ayam, diblender atau Mama bisa juga minta digilingkan di pasar saat membelinya.
  • 250 gr tepung sagu
  • 5 butir bawang putih
  • 1 buah wortel, parut kasar
  • 1 ruas daun bawang
  • 1 sdt garam
  • Merica secukupnya.
  • Tusuk sate secukupnya

Cara memasak:

  • Campur semua bahan menjadi satu hingga rata.
  • Didihkan air dalam panci
  • Ambil tusuk sate, lilitkan daging ayam ke tusuk sate.
  • Rebus hingga mengambang.
  • Kalau nggak suka disate, Mama juga bisa membentuknya menjadi bola-bola dengan menggunakan sendok, lalu rebus hingga mengambang.
  • Setelah matang, dinginkan.
  • Masukkan ke dalam plastik sesuai porsi.

Bakso ayam ini bisa menjadi tambahan bahan sup. Atau, lumuri telur lebih dahulu, kemudian goreng dan sajikan.

Wah, hati-hati. Si kecil bisa minta nambah lho!


5. Jagung manis



Nah, yang satu ini Mama bisa beli jadi. Mama bisa menemukan jagung manis ini di penjual sweet corn di mal yang biasanya berperisa itu, Ma. Satu bungkusnya biasanya berisi 2 kg jagung manis. Harganya, kalau di kota saya sih Rp 100.000. Mama bisa nyetok dan masukkan ke dalam kulkas.

Cara membuat jagung manis:

  • Rebus jagung sesuai porsi, nggak perlu terlalu lama, matang angkat dan tiriskan.
  • Tuang ke atas piring, oleskan mentega, taburi garam sedikit, dan aduk rata.
  • Sajikan dengan taburan parutan keju dan coklat meses.

Selamat makan!


6. Puding



Kalau resep puding, Mama pasti sudah tahu. Sudah jago pula membuatnya. Keluarga saya suka banget dengan puding sutra dengan bahan susu, karena teksturnya lembut banget.

Kalau Mama pengin nyobain resep puding saya, silakan. Ini dia resepnya.


Puding Sutra Mangga

Bahan yang diperlukan:

  • 1 bungkus agar-agar plain. Yang biasa saja ya, Ma, bukan yang jelly.
  • 1 kaleng susu evaporasi
  • 1 buah mangga, dipotong sesuai selera
  • Sirop rasa jeruk

Cara memasak:

  • Rebus 1 bungkus agar-agar plain bersama 1 liter susu tanpa tambahan air
  • Masukkan susu evaporasi, tambahkan air sama banyak dengan susu evaporasi tersebut
  • Aduk-aduk hingga warnanya bening
  • Tuang ke cetakan, dinginkan sebentar, masukkan ke dalam kulkas
  • Kalau sudah agak beku, tuangkan sedikit sirop rasa jeruk di atas puding, taruh potongan mangganya. Masukkan ke dalam kulkas lagi.

Selain puding sutra mangga ini, saya juga sering membuat puding sutra cokelat. Cara membuatnya sama, hanya tinggal mengganti susu evaporasi dengan susu cokelat UHT.


7. Kering tempe



Image via Crispy Orech Tokopedia

Resep masakan praktis dan cepat berikut ini juga mudah banget deh, Ma. Dan, siapa sih yang nggak suka kering tempe, lauk sejuta umat ini?

Bahan yang diperlukan:

  • 1 bungkus tempe ukuran sedang
  • 250 gr ikan teri
  • Cabai merah, bawang merah dan gula merah secukupnya

Cara memasak:

  • Potong tempe kecil-kecil, goreng hingga garing. Setelah masak, masukkan ke dalam wadah tertutup.
  • Goreng teri juga hingga kering. Mama bisa menyimpannya sekaligus dicampur dengan tempe, atau dipisahkan dalam wadah tertutup yang lain. Simpan keduanya dalam kulkas.
  • Buat sambal dari gilingan cabai merah dan bawang merah.
  • Tumis hingga harum, tambahkan gula merah. Setelah matang, dinginkan. Masukkan ke dalam wadah tertutup, dan simpan di kulkas.
  • Saat hendak disajikan, tinggal aduk saja menjadi satu. Kalau mau lebih enak, sambalnya bisa dipanaskan dulu, Ma, dengan api kecil. Kemudian masukkan tempe dan terinya.

Ready!


Nah, itu tadi 7 resep masakan praktis dan cepat ala saya, si ibu bekerja rempong yang mau nggak mau masuk dapur. Hahaha. Cocok kan?

Buatlah semua resep tersebut saat weekend, Ma, untuk 1 atau 2 minggu ke depan. Lumayan banget untuk menghemat waktu dan juga tenaga.

Selamat mencoba!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Dia 7 Resep Masakan Praktis dan Cepat yang Cocok Banget buat Ibu Bekerja yang Nggak Suka Repot di Dapur!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Windi Teguh | @winditeguh

Silahkan login untuk memberi komentar