5 Kebiasaan Tak Sehat Mama Ini Jangan Sampai Mama Wariskan pada Si Kecil ya!

5 Kebiasaan Tak Sehat Mama Ini Jangan Sampai Mama Wariskan pada Si Kecil ya!

5 Kebiasaan Tak Sehat Mama Ini Jangan Sampai Mama Wariskan pada Si Kecil ya!

8.1K
Kadang tanpa sadar, kitalah yang mewariskan beberapa kebiasaan tak sehat pada si kecil.

Ada kalanya kita sebagai orangtua terlalu sibuk menyekolahkan anak-anak di tempat yang mahal, membelikan mereka fasilitas yang super lengkap dan tidak ketinggalan zaman. Tetapi Mama melupakan satu hal, yaitu kekuatan interaksi yang baik antara orang tua dan anak. Mama lupa bahwa mereka mengamati apa-apa yang Mama lakukan. Mereka menirukan hampir gerak gerik dan perilaku Mama. Mereka seperti kamera pengintai. Menangkap diri Mama sepenuhnya, tanpa tahu apakah itu baik atau buruk dan kemudian menerapkan di pola kehidupan mereka.

Apa saja?


Ini nih, Ma! 5 kebiasaan Mama yang tidak sehat yang akan menular secara tidak langsung kepada si Kecil.


1. Mengomel


Ketika mendapat sesuatu yang tidak sesuai harapan, secara spontan Mama pasti punya dorongan untuk mengomel.

Padahal Ma, mengomel sesungguhnya bukan penyelesaian masalah. Si kecil bahkan tidak mengindahkan omelan Mama, apalagi berbuat sesuatu sesuai keinginan Mama.

Jadi bisa dibilang, kebiasaan tak sehat ini hanya merupakan aktivitas yang buang-buang energi, Ma. Sebaiknya, pikirkan saja bagaimana sebaiknya berkomunikasi dengan si kecil secara efektif.

Bangunlah komunikasi yang baik dengan si kecil agar mereka belajar untuk mengerti apa yang Mama inginkan.


BACA JUGA


Tips Memilih Mainan Edukasi yang Tepat Buat si Kecil. Anak Senang, Orangtua Tenang

Tips Memilih Mainan Edukasi yang Tepat Buat si Kecil. Anak Senang, Orangtua Tenang

Walau terdengar seru buat anak-anak, kadang bermain bareng buah hati, bikin Mama pusing tujuh keliling. Betul nggak Ma

Read more..


2. Masa bodoh


Sikap ini bisa diterjemahkan sebagai sebuah sikap yang tertutup, berdiam diri, atau cuek dengan lingkungan sekitar.

Misalnya, Mama bersikap masa bodoh dengan tetangga yang lagi kesusahan, Mama bersikap masa bodoh dengan lantai yang kotor, Mama lebih sering bersikap menyuruh daripada mendengarkan. Semua itu akan direkam oleh si kecil, dan akan diterapkan dalam pola hidupnya juga.

Jika Mama merasa mempunyai kebiasaan tak sehat seperti ini, ayo, Ma, perlahan-lahan ditinggalkan.


3. Overprotektif


Melindungi anak itu sudah tugas kita sebagai orang tua, Ma. Tetapi jika itu dilakukan terlalu over, maka akan sangat merugikan, terutama bagi si kecil sendiri.

Memperhatikan semua hal yang terjadi pada anak, dan berharap selalu membantunya di setiap mereka tertimpa kesulitan akan membuat mereka sangat tergantung pada kita. Mereka akan menjadi sosok yang kurang mandiri dan tidak bertanggung jawab.

Berikan mereka kesempatan untuk melalui kesulitan dan masalah mereka sendiri. Karena dari situlah mereka akan belajar memecahkan masalah dan menjadi pribadi yang lebih percaya diri.


BACA JUGA


Orang Tua Harus Menanyakan 5 Hal Ini Dulu Sebelum Bersikap Keras pada Anak, Belajar dari Kasus Juwita dan Annisa Bahar

Orang Tua Harus Menanyakan 5 Hal Ini Dulu Sebelum Bersikap Keras pada Anak, Belajar dari Kasus Juwita dan Annisa Bahar

Sebuas-buasnya binatang tidak ada yang membuang atau memakan anaknya sendiri. Serumit itukah hubungan orang tua dan anak--darah dagingnya-- ...

Read more..


4. Terlalu memanjakan


Siapa bilang tidak boleh memanjakan anak? Memanjakan anak sesekali tidaklah apa, Ma, asal masih dalam batas wajar.

Yang harus tetap Mama pegang adalah konsistensi dalam menegakkan aturan. Kadang karena terlalu sayang kepada anak, Mama lantas membiarkan dia melakukan kesalahan.

Jika setiap kesalahannya dimaklumi, maka anak tidak belajar dari kesalahannya, tetapi ikut memaklumi juga bahwa kesalahan yang dilakukannya tidaklah masalah, karena kita sebagai orang tua juga tidak mempermasalahkannya.


5. Berbohong


Nah, ini nih. Kebiasaan tak sehat yang kadang kita lakukan atas nama kebaikan, katanya.

Tahu nggak sih, Ma? Ini yang kadang secara tidak sadar Mama lakukan untuk mengelabuhi si kecil. Karena si kecil menangis dan tak kunjung diam, maka jurus yang Mama lakukan biasanya adalah berbohong. Tanpa Mama sadari, semakin lama yang mereka pahami bahwa berbohong adalah tindakan yang boleh dilakukan, karena Mama juga melakukannya.

Nah, kalau sudah demikian, kita sebagai orang tua tidak bisa mengontrol perilaku anak dan apa yang terjadi dengannya. Maka, mulai sekarang, pilih jalan yang lebih bijak, selain berbohong ya, Ma!


BACA JUGA


Begini Cara Mendidik Anak Agar Mau Mendengarkan Kata-Kata Mama dan Jadi Anak Penurut

Begini Cara Mendidik Anak Agar Mau Mendengarkan Kata-Kata Mama dan Jadi Anak Penurut

Anak-anak sering melawan, dan tidak mendengarkan omongan Mama. Hmmm. Mungkin saja ada kesalahan dalam cara mendidik anak dari Mama

Read more..


Tentunya Mama tidak ingin hal buruk terjadi dengan si kecil kan? Sikap baik Mama, pikiran positif, kehangatan, dan bijak dalam menentukan keputusan adalah perilaku sehat yang akan Mama contohkan untuk si kecil, dan meninggalkan kebiasaan tak sehat yang sering Mama lakukan.

Suatu saat Mama akan melihat mereka tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan bisa diandalkan. Dan tentunya, membanggakan mamanya dong ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "5 Kebiasaan Tak Sehat Mama Ini Jangan Sampai Mama Wariskan pada Si Kecil ya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Nana Aditya | @nanaaditya

♡ Hot Mommy yang lagi belajar banyak hal baru. Harus segera menulis dan minum kopi saat gelisah...♡ **Life is like a piano, white and black. If God play it, all will be a beautiful melody.**

Silahkan login untuk memberi komentar