Karpet Lantai - Elemen Rumah yang Bisa Menyulap Rumah Mama Menjadi Lebih Hidup, Luas dan Nyaman!

Karpet Lantai - Elemen Rumah yang Bisa Menyulap Rumah Mama Menjadi Lebih Hidup, Luas dan Nyaman!

260
Para home interior designer suka sekali menambahkan karpet lantai dalam dekorasi ruangan mereka. Memangnya kenapa ya?

Ternyata ada hubungan antara harga tanah yang selalu naik dengan karpet lantai.

Hah?

Iya, Ma. Coba deh, perhatiin. Rumah-rumah baru belakangan ini semakin kecil. Iya nggak sih? Para pengembang meluncurkan berbagai tipe, namun tetap dalam luas tanah yang seadanya. Wajar memang, karena menurut situs Lamudi, harga tanah selalu naik per tahunnya, rata-rata sekitar 20-25%.

So, dengan daya beli masyarakat kita, plus permintaan yang semakin naik, wajar memang akhirnya kita hanya "kebagian" rumah di atas tanah seluas seadanya.

Eh, biar seadanya ya tetap harus disyukuri banget-banget kan, Ma? Iya dong!

Sekarang, coba perhatikan, Ma. Rumah dengan luas bangunan 36 meter persegi di atas tanah 60 meter persegi, misalnya, atau luas bangunan 60 meter persegi di atas tanah 90 meter persegi, adalah tipe-tipe yang banyak ditawarkan. Dengan luasan yang sedemikian, para penghuni harus pintar menyiasati keadaan agar bisa tinggal dengan nyaman di sana. Apalagi buat keluarga muda, seperti kita-kita ini, yang anak-anaknya pada lasak! Rasanya nggak ada rumah yang terlalu luas, seberapa pun besarnya. Iya nggak sih? Rasanya selalu sempit! Hahaha.

Well, tenang. Bukankah kita adalah Rocking Mama yang selalu bisa mengatasi segala macam masalah? Untuk urusan menata rumah sempit agar nyaman ditinggali, kita pun punya senjata. Salah satunya adalah dengan menggunakan karpet lantai.

Karpet, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, adalah "hamparan (tikar) penutup lantai yg dibuat dari bulu domba atau kain tebal", yang bisa juga disebut permadani atau ambal.

Benda pelapis lantai ini pada kenyataannya memang sangat digemari, bahkan oleh para home interior designer untuk menghias ruangan--selain dari fungsinya yang juga beragam.


BACA JUGA


7 Langkah Menata Ruang Keluarga Sempit Agar Berkesan Luas

7 Langkah Menata Ruang Keluarga Sempit Agar Berkesan Luas

Menata ruang keluarga yang sempit? Bisa kok tetap nyaman ditempati, asal Mama tahu cara mengatur dan membuatnya menjadi terlihat lebih besar ...

Read more..


Oleh karena itu, kita lihat yuk, bagaimana sentuhan karpet lantai atau permadani bisa membuat ruangan dalam rumah Mama bisa lebih hidup!

Ruang Tamu

Saat ini fungsi ruang tamu sudah jauh bergeser dari zaman dulu.

Jika dulu rumah-rumah berjauhan, sehingga bertamu itu adalah sebuah ikhtiar luar biasa, maka tentu saja ruangannya harus yang paling bagus di antara ruangan lain di rumah. Sedangkan di zaman now, siapa juga yang mau bertamu kecuali pak RT?

Untuk urusan formal, kafe adalah tempat yang lebih disukai untuk mengadakan pertemuan, bukan? Tak heran bila ruang tamu sekarang diisi dengan mebel minimalis yang kadang lebih tampak seperti pajangan, karena jarang diduduki.

Untuk itu, Mama bisa memberikan sentuhan sebuah karpet lantai atau permadani kecil yang bercorak Mandala nan simetris seperti di atas, agar bisa menghidupkan suasana sekaligus menghidupkan ruangan dengan dengan keramaiannya.

Suasana berbincang formal akan terasa lebih rileks ditemani oleh karpet lantai bercorak ini.


Ruang Keluarga

Yang biasanya bertamu sekarang ini biasanya adalah orang-orang yang termasuk dalam lingkaran keluarga, seperti para sepupu, sahabat dekat, maupun sanak saudara lain yang akan 'digiring' langsung menuju ruang keluarga. Mereka adalah orang-orang yang sudah dekat di hati, sehingga tetap nyaman untuk diajak berbagi langsung di ruang keluarga.

Permadani atau karpet lantai yang polos dengan tekstur bulu yang tebal akan semakin menambah kehangatan.

Permadani jenis ini sangat empuk dan lembut. Di atasnya, keponakan akan nyaman bergulingan bersama anak-anak Mama, sementara orang tuanya berbincang-bincang. Dengan orang-orang terdekat, berbagi ruangan sambil duduk di sofa maupun lesehan di karpet tidak akan menjadi masalah, bukan?


Ruang Makan

Ruangan ini benar-benar dipakai sesuai fungsinya, yaitu makan. Tidak banyak yang perlu diperhatikan, kecuali hidangan yang tertata di atas meja. Memang seringkali tercipta obrolan hangat keluarga di dalam ruang makan, namun tetap saja barang-barang sekunder tidak akan terlalu menjadi perhatian.

Oleh karena itu, jika Mama ingin menambahkan selembar karpet lantai sebagai pemanis, pilih corak yang sederhana atau minimalis. Biarkan kesederhanaan permadani itu menjadi saksi atas perbincangan hangat keluarga, tanpa mendistraksinya.


BACA JUGA


Mau Punya Ruang Kerja di Rumah yang Nyaman? Begini Cara Mempersiapkannya!

Mau Punya Ruang Kerja di Rumah yang Nyaman? Begini Cara Mempersiapkannya!

The only way to love what you do, is to create what you love ~ Jennifer Ann. Yuk, berkreasi dengan ruang kerja Mama di rumah

Read more..


Ruang Tidur Mama dan Papa

Ruang ini sejatinya adalah yang paling hangat di antara ruangan lainnya di rumah. Segalanya bisa terjadi di sini, mulai dari candaan mesra, kegiatan ranjang, meneruskan pekerjaan kantor yang belum selesai, sampai pertengkaran yang heboh.

Untuk itulah Mama perlu sebuah karpet lantai yang senantiasa mengajak tenang. Yang ketenangannya membuat betah beristirahat, 'mengundang', menyamankan saat bekerja, sekaligus menurunkan emosi.

Pilih sebuah permadani besar nan empuk dengan warna hangat ya, Ma, seperti marun atau ungu, lalu ajak Papa duduk di sana setiap kali ia terlalu sibuk bekerja, atau sedang emosi. Lalu, rasakan sendiri efek dari warna hangat dan tekstur lembut dari permadani pilihan Mama itu!


Ruang Tidur Anak-anak

Kamar bagi anak-anak adalah tempat mengekpresikan diri. Di sana, mereka bisa istirahat, bermain, belajar, berkhayal, beribadah, sampai latihan nyanyi atau pianika dengan suara yang masih fals!

Nah, rangkum semua itu dalam sebuah permadani unik yang motifnya bisa merangsang kreativitas.

Selain pilihan motif yang membuatnya tambah kreatif, Mama juga bisa membelikan karpet lantai yang bertekstur empuk. Mereka akan suka sekali menghabiskan waktu untuk berkarya sambil duduk-duduk di atasnya. Selain itu, mereka juga akan sering mengundang teman-temannya, sehingga permadani ukuran sedang selalu menjadi andalan dalam berkegiatan.

Untuk anak-anak yang lebih kecil, Mama tentu lebih ingin membekali sebuah karpet lantai berbahan vinil dengan motif kartun. Para balita itu akan senang berimajinasi dengan gambarnya. Jangan lupa untuk rajin membersihkannya dengan lap basah, karena mereka juga pasti akan menumpahkan banyak hal di sana!


Ruang Membaca

Tidak akan ada banyak sisa untuk ruang membaca dalam rumah bertipe kecil, namun sebuah pojokan dengan rak buku unik akan cukup mewakili.

Selain itu, sebuah karpet lantai berukuran sedang dengan corak yang berkesan serius juga dapat merepresentasikan sebuah ruang baca. Karpet yang dengan memandangnya, Mama jadi betah di sanan dan ingin tetap membalik-balikkan halaman buku sampai habis.


Kamar Mandi

Penggunaan permadani di kamar mandi juga sebagai keset. Tapi biasanya, kamar mandi yang berpermadani adalah yang cukup luas dan berjenis kamar mandi kering.

Biasanya, karpet lantai ini akan diletakkan di sisi bath tub atau di depan bilik shower, untuk melap kaki yang bersih. Jadi, sebuah permadani berukuran kecil yang cepat menyerap air akan jadi pilihan baik.


BACA JUGA


Menata Rumah Bergaya Minimalis, Berikut 6 Langkah Mudahnya!

Menata Rumah Bergaya Minimalis, Berikut 6 Langkah Mudahnya!

Menata rumah memang jadi hak prerogatif kita. Dan, gaya seperti apa yang ingin kita terapkan dalam menata rumah, akan menentukan kualitas ...

Read more..


Tapi, tidak perlu menyediakan biaya besar untuk masalah karpet lantai atau permadani ini, Ma. Yang penting alas lantai itu bisa membuat ruangan lebih hidup dan nyaman, sesuai fungsinya.

Nah, selamat berburu karpet, ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Karpet Lantai - Elemen Rumah yang Bisa Menyulap Rumah Mama Menjadi Lebih Hidup, Luas dan Nyaman!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


PutuAyu Winayasari | @ayuwinayasari

A whole-hearted writer. A caring teacher. A Rocking Mama. A loving wife-daughter. Visit me at [email protected] Reach me at [email protected] Or just come by to LIA-Bandung to have some bakso with me :)

Silahkan login untuk memberi komentar