Kepoin 9 Menu MPASI Para Bayi dan Balita dari Berbagai Belahan Dunia Yuk!

Kepoin 9 Menu MPASI Para Bayi dan Balita dari Berbagai Belahan Dunia Yuk!

286
Siapa tahu ada yang bisa disontek dari menu MPASI yang diberikan oleh mama-mama sedunia ini.

Ada yang sudah saatnya memberikan makanan pendamping ASI alias MPASI untuk si kecil? Wih, butuh perjuangan sendiri ya, kalau sudah saatnya mengenalkan makanan padat pada si kecil tuh ya, Ma? Terutama kalau berhubungan dengan menu MPASI.

Maunya sih kita pasti menyediakan makanan paling bergizi, paling berkualitas, tetapi juga tetap enak, jangan sampai si kecil terus "kapok" makan. Iya nggak sih?

Kalau di Indonesia, MPASI pertama itu biasanya berbentuk puree ya. Baik itu puree buah, atau dicampur dengan beras, daging, sayuran dan lainnya.

Nah, penasaran nggak dengan menu MPASI dari negara lain? Ternyata masing-masing negara tuh punya menu MPASI khas sendiri-sendiri lo!

Coba yuk, kita lihat! Siapa tahu juga bisa kasih ide ke Mama untuk menyusun menu MPASI si kecil kan?


Beberapa menu MPASI dari berbagai negara di dunia

1. Jepang

Nah, bubur nasi itu ternyata nggak cuma dikenal sebagai menu MPASI di Indonesia saja, Ma. Di Jepang pun, ibu-ibu biasa memberikan bubur nasi seperti ini untuk balita-balita mereka. Namanya okayu.

Awal pemberiannya ya hanya diberikan dalam bentuk bubur gitu aja, tanpa tambahan perasa apa pun. Lalu kalau umur bayi makin besar, maka ya disesuaikan saja lauknya.


BACA JUGA


5 Resep MPASI Praktis, Mudah dan Super Yummy yang Bisa Dimasak Kurang dari 15 Menit

5 Resep MPASI Praktis, Mudah dan Super Yummy yang Bisa Dimasak Kurang dari 15 Menit

Membuat makanan pendamping ASI di sela kesibukan Mama? Bisa! Berikut beberapa resep MPASI praktis dan sehat yang bisa Mama berikan pada si ...

Read more..


2. Kenya

Balita-balita di Kenya akan dikenalkan terlebih dahulu dengan ngwaci sebagai menu MPASI pertamanya, Ma. Ngwaci adalah ubi jalar, atau sweet potato. Biasanya sih dibikin semacam puree dulu, yang halus. Baru kemudian berkembang sesuai usia balita.

Ubi jalar kaya akan vitamin A, yang dipercaya sangat baik untuk sistem imun tubuh yang diperlukan oleh para balita, yang baik bagi kinerja mata, paru-paru, jantung, dan ginjal.


3. Swedia

Mama-mama di Swedia biasa memberikan apa yang disebut Välling untuk balita-balita mereka yang berusia 6 bulan. Välling ini semacam makanan pabrikan, Ma, kayak susu formula gitu tapi lebih kental hampir menyerupai cereal.


4. Prancis

Bayi dan balita Prancis langsung diperkenalkan pada berbagai jenis sayuran, Ma. Para mama Prancis biasanya memang concern banget mengenai nutrisi sehat, dan selalu berusaha memperkenalkan jenis sayuran baru pada anak-anak mereka setiap 3 atau 4 hari sekali.

Wow, bisa disontek tuh!


BACA JUGA


Masih Kesulitan Memberikan MPASI pada si Kecil? Coba Simak 9 Tips Berikut!

Masih Kesulitan Memberikan MPASI pada si Kecil? Coba Simak 9 Tips Berikut!

MPASI sudah harus diberikan saat bayi menginjak usia 6 bulan. Apa saja yang perlu dipersiapkan, diperhatikan dan diingat kala mulai ...

Read more..


5. Jamaica

Orang-orang Jamaica menyebutnya sebagai naseberry, Ma. Kalau saya lihat, kok kayak sawo ya? Hehehe.

Mama-mama Jamaica sudah mengenalkan berbagai macam buah pada balita mereka sebagai menu MPASI sejak dini. Karena iklimnya tropis, yang kurang lebih sama dengan di Indonesia, maka buah-buahannya pun juga buah-buah tropis, seperti naseberry itu, juga mangga, pepaya, jambu, dan masih banyak lagi. Mereka mencampur buah tersebut satu sama lain dalam bentuk puree, kemudian diberikan pada balita.

Hmmm, kayaknya seger banget ya emang. Sama deh kayak kita di sini ya.


6. Kamerun

Para mama di Kamerun biasa memberikan apa yang disebut dengan pap ini pada balita usia 6 bulan ke atas. Pap adalah sejenis bubur yang terbuat dari jagung, Ma.

Nah, ternyata pap ini nggak hanya menjadi menu MPASI balita doang, tapi orang dewasa di Kamerun pun suka menyantap pap ini juga, hanya saja suka ditambah dengan biji-bijian atau buah-buahan gitu. Ya, jadi kurang lebih kayak bubur oatmeal kita di sini ya, suka ditambah pisang atau stroberi gitu. Bahkan pap ini juga sering dibuat kukis di sana.


7. India

Bayi dan balita India biasa menyantap dalia sebagai menu MPASI pertama mereka. Dalia ini berasal dari biji gandum, tapi yang sudah pecah bukan utuh ya.

Tak hanya kaya akan karbohidrat, dalia ini juga mengandung banyak sekali zat besi dan serat yang bagus banget untuk tubuh bayi dan balita.


BACA JUGA


5 Tips Menyiapkan MPASI Rumahan yang Cepat dan Praktis Bagi Ibu Bekerja

5 Tips Menyiapkan MPASI Rumahan yang Cepat dan Praktis Bagi Ibu Bekerja

Tips menyiapkan MPASI secara praktis ini penting banget untuk diketahui oleh para ibu bekerja. Biar repot, namun kesehatan dan gizi yang ...

Read more..


8. Meksiko

Ternyata, orang Meksiko terkenal doyan masakan pedas itu memang sudah dari sononya. Buktinya, mama-mama di Meksiko punya trik untuk memberi sedikit saja bubuk pedas dalam makanan bayinya untuk mengakali para balita picky eaters, Ma.

Waaah. Apa ya nggak kepedasan ya? Katanya sih enggak. Justru para picky eaters itu makin lahap makannya, dan mau mencoba makanan baru.

Kalau bahan makanan MPASI-nya sih seperti halnya kita di sini ya, semacam buah-buahan gitu. Kadang juga untuk balita yang sudah punya gigi, para mama Meksiko juga memberi tortilla yang lunak.


9. Italia

Sudah pasti pasta deh, sebagai menu MPASI bayi pertama di Italia. Tapi tetap, dibikin jadi bubur gitu, hanya saja bahannya adalah pasta. Selain pasta, bayi Italia juga diperkenalkan dengan berbagai sayuran dan buah-buahan sejak dini.


BACA JUGA


7 Seleb Hollywood Ini Bikin Sendiri MPASI Bayi Mereka, Lho! Sontek Resepnya, Yuk, Ma!

7 Seleb Hollywood Ini Bikin Sendiri MPASI Bayi Mereka, Lho! Sontek Resepnya, Yuk, Ma!

Memasuki usia 6 bulan, bayi sudah boleh diberikan makanan pendamping ASI (MPASI). Tentu saja pengenalan terhadap makanan padat (solid food ...

Read more..


Wah, macem-macem juga ya menu MPASI balita sedunia ini. Itu baru dari 9 negara. Kalau mau bahas semua, wah, bisa sampai besok nih bahasnya. Hahaha.

Semoga bisa memberi sedikit ide menu MPASI buat si kecil ya, Ma! Dan bikin Mama makin semangat lagi untuk memberikan gizi terbaik untuk kesayangan Mama itu.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kepoin 9 Menu MPASI Para Bayi dan Balita dari Berbagai Belahan Dunia Yuk!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar