Makanan Bayi Juga Harus Tampil Semenarik Mungkin Agar Si Kecil Semangat Makan - Ini Dia 5 Cara Mudah Menyajikannya!

Makanan Bayi Juga Harus Tampil Semenarik Mungkin Agar Si Kecil Semangat Makan - Ini Dia 5 Cara Mudah Menyajikannya!

252
Tidak harus menjadi koki andal untuk membuat makanan bayi yang cantik. Hanya dengan 5 cara mudah yang bisa langsung Mama praktikkan di rumah. Semoga si kecil bisa berpetualang rasa dan juga belajar dari apa yang disantapnya ya!

Mama punya balita atau bayi di rumah? Apakah si kecil susah makan? Susah sekali untuk menghabiskan makanan bayi yang sudah disiapkan? Atau termasuk yang suka pilih-pilih makanan?

Penyebab balita tidak antusias makan bisa dikarenakan oleh banyak faktor. Salah satu faktor yang biasanya jadi penyebab utama--dan kerap dilupakan oleh Mama--adalah hidangannya tidak merangsang selera makan anak.

Balita sebenarnya sama saja dengan kita, Ma. Jika Mama disuruh memilih, Mama akan pilih hidangan yang bikin mata juga lapar, atau yang dipandang saja bosan? Pasti pilih yang pertama bukan?

Yes, seperti Mama, buah hati kita juga begitu. Sajian menarik, dengan tetap memperhatikan nilai gizi dan ragam varian bahan makanan bayi yang sudah disiapkan, pasti akan bikin si kecil penasaran ingin menyantapnya.

Mungkin Mama bisa saja berkilah, menyiapkan makanan bayi itu nggak gampang. sudah bisa matang saja sudah syukur, boro-boro mau bikin hidangan yang cantik. Hahaha. Begitukah, Ma?

Yah, boleh saja Mama berpendapat seperti itu. Tetapi ingat, bagi anak usia di atas 6 bulan, pengalaman makan akan menjadi pengalaman pertama mereka. Jika pengalaman pertama saja sudah tidak berkesan, apa jadinya dengan pengalaman kedua dan selanjutnya?

Pasti akan sangat sulit memperbaiki "trauma" akibat pengalaman makan pertama yang tidak berkesan tersebut. Tidak mau juga kan sudah capek-capek memasak makanan bayi, tetapi hanya sedikit dimakan, Ma? Atau, malah tidak disentuh sama sekali oleh si kecil?

Huhuhu. Sedih pasti kan, Ma, rasanya? Kayaknya tenaga dan segala cinta kita terbuang begitu saja dengan sia-sia. Betul?

Mengingat pentingnya pengalaman makan pertama bagi si kecil, maka Mama hendaknya mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang sebelum memasak makanan bayi ini. Agar meski dengan bujet dan bahan terbatas, Mama tetap bisa menghasilkan hidangan yang maksimal.


BACA JUGA


Makanan Manis Memberikan Setidaknya 5 Dampak Buruk bagi Si Kecil - Yuk, Ma, Batasi!

Makanan Manis Memberikan Setidaknya 5 Dampak Buruk bagi Si Kecil - Yuk, Ma, Batasi!

Makanan manis yang dikonsumsi anak secara berlebihan tak semanis hasilnya untuk kesehatan. Waspada dengan yang manis-manis ya, Ma

Read more..


Berikut ini 5 cara mudah membuat sajian makanan bayi yang cantik untuk balita

1. Usahakan membuat sajian makanan bayi yang "cantik" dilihat, dengan memakai bahan yang beraneka warna


Jika memang bujet, atau karena sebab yang lain, membuat hal di atas tidak memungkinkan, maka buatlah variasi warna dalam setiap sesi makan anak.

Tidak sulit kok, Ma, untuk membuat balita kita "dimanjakan" matanya. Tinggal pilih warna yang berbeda di setiap sesi makannya saja.

Misalnya saja nih, bubur gurih original (warna putih) untuk makan pagi. Siang sajikan bubur susu+sari buah jeruk (warna oranye), sedang untuk malam bisa bubur gurih+brokoli ( hijau).

Untuk anak usia 1-5 tahun, lebih mudah lagi. Mama bisa memanjakan mata si kecil dengan memasak hidangan menggunakan 2 atau lebih warna, dalam setiap sesi makan.


2. Buat masakan yang beraroma menggoda dengan menambahkan bumbu-bumbu alami


Misalnya tambahkan ketumbar, lengkuas, dan daun salam untuk masakan gurih. Jika ingin menyajikan makanan bayi bercitarasa manis, coba tambahkan cengkih dan kayu manis. Untuk hidangan asin, tambahkan keju atau bawang-bawangan.

Catatan, untuk balita usia di atas 6 bulan sampai 1 tahunan, sebaiknya hindari atau jangan gunakan garam, gula, dan madu dalam setiap sajian. Ganti dengan bahan-bahan yang lain, seperti wortel dan jagung untuk rasa manis, tomat atau air jeruk untuk rasa asam, keju untuk rasa asin, dan lain sebagainya.


BACA JUGA


5 Resep MPASI Praktis, Mudah dan Super Yummy yang Bisa Dimasak Kurang dari 15 Menit

5 Resep MPASI Praktis, Mudah dan Super Yummy yang Bisa Dimasak Kurang dari 15 Menit

Membuat makanan pendamping ASI di sela kesibukan Mama? Bisa! Berikut beberapa resep MPASI praktis dan sehat yang bisa Mama berikan pada si ...

Read more..


3. Belajar teknik dasar potongan buah dan sayur agar ada variasi bentuk


Teknik dasar potongan, seperti chop atau cincang, julienne atau potongan tipis panjang (ketebalan 1-2 mm), battonet atau potongan korek api, brunoise atau dadu kecil (2 mm x 2 mm x 2 mm), bisa membuat sajian makanan bayi tidak hanya lebih menarik dan berbeda, tetapi juga tambah cantik.


4. Belajar simple fruit and vegetable carving


Ya, Mama bisa juga menambah keterampilan membuat ukiran buah dan sayuran yang sederhana, agar tampilan hidangan lebih semarak dan mewah.


5. Belajar menyusun menu yang baik


Menu yang baik mempertimbangkan variasi bahan, warna dan rasa. Pengulangan bahan, warna dan rasa menjadikan selera makan balita berkurang, sekalipun itu masakan yang sangat disukainya.

Jadi, Mama sebaiknya juga harus belajar menyusun menu makanan bayi yang variatif dan tidak membosankan untuknya.


BACA JUGA


Mama Sebaiknya Tidak Memberikan 6 Jenis Makanan Ini Untuk Dikonsumsi Oleh Anak Terutama Balita!

Mama Sebaiknya Tidak Memberikan 6 Jenis Makanan Ini Untuk Dikonsumsi Oleh Anak Terutama Balita!

Jenis makanan yang beragam memudahkan kita memberi makan ke anak. Tapi, ada jenis makanan tertentu yang harus Mama kurangi demi kesehatan si ...

Read more..


Nah, tidak harus menjadi koki yang andal bukan, untuk membuat sajian makanan bayi nan cantik untuk si kecil? Hanya perlu banyak belajar agar buah hati kita berpetualang rasa dan yang lebih penting bisa belajar dari sesuatu yang mereka santap.

Selamat mencoba ya, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Makanan Bayi Juga Harus Tampil Semenarik Mungkin Agar Si Kecil Semangat Makan - Ini Dia 5 Cara Mudah Menyajikannya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Elizabeth Septarini | @septarini

Ibu satu anak yang suka membaca dan menulis tentang parenting, anak, kuliner, dan semua hal yang menarik perhatian. Menulis artikel, review, blog dan tergabung dalam Pasukan Blogger alumni Joeragan Artikel. Pernah belajar di Jurusan Perhotelan di salah sa

Silahkan login untuk memberi komentar