Mama Baru Belajar Masak? Tenang! Ini Dia 7 Tips dan Cara Belajar Masak Untuk Pemula!

Mama Baru Belajar Masak? Tenang! Ini Dia 7 Tips dan Cara Belajar Masak Untuk Pemula!

2.4K
Belajar masak itu yang penting jangan panik, jangan bingung dan nggak takut mencoba. Dan kenali beberapa prinsip memasak. Dengan latihan setiap hari, feeling kita akan bertambah peka. Yuk, masak!

Apakah ada di antara Mama yang masih mengandalkan beli dari warung untuk menyediakan hidangan bagi keluarga? No problem, Ma. Nggak usah malu atau takut mengakuinya. Memang kalau sedari lajang kita sudah terbiasa nggak memasak sendiri, setelah menikah jadinya bingung ya. Namun, semoga Mama masih punya semangat untuk belajar masak.

Yes, semangat untuk belajar masak ini penting. Karena kalau nggak ada semangat, ya pastinya Mama nggak akan pernah mau mulai memasak untuk keluarga Mama sendiri. Yah, bagaimanapun kan masakan yang kita olah sendiri pastinya lebih baik ketimbang selalu membeli di warung kan?

Tapi gimana mau belajar masak? Mau masak ikan, masih jijik pegang ikan. Mau masak sayur, iya sih resepnya banyak di internet. Tapi, kok kagok amat?

Tapi kalau nggak masak, suami dan anak-anak mau dikasih makan apa?


BACA JUGA


Resep Masakan Praktis dan Sehat untuk Mama Sibuk dan Mama yang Sedang Belajar Masak: Daging Sapi Asam Pedas

Resep Masakan Praktis dan Sehat untuk Mama Sibuk dan Mama yang Sedang Belajar Masak: Daging Sapi Asam Pedas

Resep masakan yang praktis memang selalu dibutuhkan oleh para mama sibuk ya? Cobain yang satu ini yuk, Ma! Dijamin tak akan makan waktu lama ...

Read more..


Well, tenang, Ma. Bukankah Rocking Mama selalu punya solusi untuk Mama yang sedang kesulitan melakukan sesuatu, termasuk saat belajar masak?

Jadi, bener nih, Mama mau belajar masak? Ikuti deh beberapa tips berikut.


1. Lengkapi peralatan masak


Belajar masak nggak akan bisa Mama lakukan kalau Mama nggak punya alatnya. Betul? Maka, ayo, Ma, sedikit demi sedikit lengkapi peralatan masak di dapur. Yang perlu Mama punya lebih dulu adalah wajan tumis, wajan teflon, panci, spatula, sendok sayur, cobek dan beberapa barang lain.

Yah, memang banyak sih. Tapi Mama bisa membelinya satu per satu, disesuaikan dengan bujet. Misalnya yang paling penting, Mama harus punya pisau dan wajan dulu. Wajan tumis bisa difungsikan untuk memasak sayur kalau darurat. Saat jalan-jalan ke mal, lihat ada talenan lucu dan ada uang, yuk, dibeli. Lagi belanja di supermarket, ada diskonan panci, beli.

Lama-lama pasti akan terkumpul deh peralatan yang diperlukan.


2. Lengkapi bumbu dasar


Bumbu dasar memasak yang harus ada selama Mama belajar masak adalah minyak sayur, bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas, cabai, garam, gula dan lain-lain.

Untuk awal tahap belajar masak, Mama mungkin juga bisa siapkan beberapa bumbu masak instan. Kalau sudah mahir nanti, Mama bisa mencoba membuatnya sendiri. Yang penting, perhatikan kemasan selalu ya, Ma. Teliti kandungan apa saja yang ada dalam bumbu instan kemasan tersebut, dan pastikan tidak ada bahan berbahaya.

Nggak perlu stok terlalu banyak dulu. Seperempat sampai setengah kilo bawang sudah cukup untuk beberapa hari. Biasanya para penjual sayur keliling juga sudah menyiapkan paket-paket bumbu masak. Belilah saja satu dua bungkus paket untuk sekali masak.


3. Cari resep


Yak, sekarang cobalah Mama mencari resep masakan yang ingin dicoba. Mama bisa mencarinya di majalah-majalah, atauu di aplikasi Cookpad di smartphone Mama. Yang paling oke sih, lihat resep di Rocking Mama, Ma. Ada banyak, dan semua mudah bikinnya, karena memang disiapkan untuk Mama yang ingin menyiapkan makanan terbaik untuk keluarga namun terkendala waktu atau kemampuan. Jadi, ditayangkanlah resep-resep yang praktis.

Mulailah dari resep yang dirasa paling sederhana dan mudah, kemudian resep makanan favorit, baru deh explore lagi ke resep-resep lain yang lebih rumit setelah Mama mahir.

Setelah ketemu resep yang oke, bacalah dulu, Ma, baik-baik sebelum mulai memasak. Untuk tahap awal, ikuti dulu deh resepnya, jangan dimodifikasi.


4. Beli bahan masakan



Sudah baca resepnya? Sudah sampai hafal malah! Hehehe. Sekarang saatnya belanja bahan masakan.

Belilah bahan masakan yang ingin dimasak sesuai dengan resep masakan yang ingin dibuat. Sayuran, ayam, daging, tahu dan tempe, dan lain-lain. Pilihlah yang masih segar ya!

Rocking Mama juga punya beberapa tips memilih bahan masakan, seperti tips memilih ikan, tips memilih bahan seafood, tips memilih sayuran, dan lain-lain. Silakan dibaca-baca lagi ya.


5. Siapkan diri untuk memasak


Pelajari bagaimana cara mengiris bawang, memetik sayur, memotong ayam, daging dan ikan, juga bagaimana cara membersihkan cumi atau udang, dan lain-lain. Harus akrab ya, Ma, dengan pisau. Kalau Mama rajin berlatih sih, bakalan cepat luwes kok pegang pisaunya.

Ingat, Ma. Pelajari semua secara perlahan dan bertahap saja. Kalau sejak awal sudah memasang target harus bisa mengerjakan semuanya dengan baik dan sempurna sih, niscaya, semangat belajar masak Mama akan cepat turun deh.

So, pelan-pelan saja dan nikmati setiap prosesnya ya. Mama bisa belajar dengan melihat orang lain memasak, atau menonton video tutorial memasak di Youtube, dan lainnya.


6. Mulai memasak!



Yes, it's show time!

Yang pertama harus Mama lakukan adalah jangan panik, jangan takut salah, jangan takut api, jangan takut pisau dan jangan jijik.

"Habis ini bumbu apa nih yang masuk?"

"Sudah bisa dimasukin sayurnya belum nih?"

"Garam secukupnya nih seberapa sih? Ntar keasinan lagi!"

Yes, itu dia pertanyaan-pertanyaan penuh nada kebingungan dan kepanikan yang biasanya terlontar. Hehehe.

Calm down! Pede aja, Ma, untuk mencoba yes? Prinsipnya begini:

  • Sayur yang lebih keras, biasanya akan matang lebih lambat. Sayur yang matangnya lebih lambat harus dimasak lebih dahulu. Misalnya nih, ada wortel dan bayam, maka masaklah dulu wortelnya, baru masukkan bayam. Jangan kelamaan masak bayamnya ya.
  • Setelah masakan kita mulai matang, cicipi. Kalau kurang asin, tambah garam sedikit demi sedikit sampai tercapai rasa asin yang pas. Kalau keasinan, tambah gula pasir sedikit, yang sedikit demi sedikit hingga tercapai rasa yang pas. Memang sih, pakai perasaan. Selera lidah soalnya. Tapi makin sering masak, makin dapat feel-nya.


7. Jangan malu bertanya


Yes, jangan gengsi dan malu bertanya ya, Ma. Setiap orang pasti bermula dari nggak tahu atau nggak bisa dulu baru ke bisa. Betul?

So, bertanyalah pada orang-orang yang sudah mahir memasak. Bisa ke ibu, mertua atau keluarga lainnya. Bisa ke teman atau tetangga, atau bisa juga lho nanya ke pedagang atau sesama mama-mama lain yang lagi belanja. Banyak hal yang bisa ditanya, misalnya gimana cara memilih bawang merah atau bawang putih yang bagus? Gimana membedakan lengkuas, kunyit, jahe tanpa mengupas? Gimana ciri daun caesim muda? Dan lain sebagainya.


BACA JUGA


Ini Dia 7 Resep Masakan Praktis dan Cepat yang Cocok Banget buat Ibu Bekerja yang Nggak Suka Repot di Dapur!

Ini Dia 7 Resep Masakan Praktis dan Cepat yang Cocok Banget buat Ibu Bekerja yang Nggak Suka Repot di Dapur!

Resep masakan praktis dan cepat selalu diburu oleh ibu bekerja demi penghematan waktu dan tenaga. Jangan lupa, tambahkan resep masakan ...

Read more..


Nah, kalau sudah berhasil "membuahkan" satu masakan, selanjutnya Mama harus tetap semangat praktik dan latihan memasak ya. Karena dalam proses belajar masak, apalagi untuk pemula, sekali saja berhenti semangat akan turun lagi. Jadi malas buat memulai belajar masak lagi. Jadi mesti ngulang dari awal deh.

Practice makes perfect. Betul nggak, Ma?

Nah, semangat ya, Mama, semoga lancar terus masak-masaknya! Selalu ingat, bahwa masakan sehat berasal dari rumah.

Happy cooking!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mama Baru Belajar Masak? Tenang! Ini Dia 7 Tips dan Cara Belajar Masak Untuk Pemula!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Fera Marentika | @cicifera

Freelance Content Writer • Mom Blogger • Around @RSIAPratiwi, @Adiyantop & @FarwazIsmail • #1minggu1cerita • cicifera.com

Silahkan login untuk memberi komentar