Mama Pengin Memulai Hobi Berkebun? Mulailah Dengan 11 Tanaman yang Mudah Ditanam Ini!

Hobi berkebun

Mama Pengin Memulai Hobi Berkebun? Mulailah Dengan 11 Tanaman yang Mudah Ditanam Ini!

255
Hobi berkebun bisa mendatangkan banyak manfaat buat Mama. Selain mengatasi stres, hobi berkebun juga memungkinkan Mama mengubah pola makan supaya lebih sehat lo!

Istilah apotek hijau sudah lama ya kita dengar sejak zaman sekolahan. Sekarang ini, masyarakat urban pun mulai menerapkan kembali hobi berkebun dengan penyediaan lahan kecil di rumah untuk ditanami tanaman yang termasuk dalam golongan apotek hijau. Meminjam istilah zaman now, disebut eco living.

Urusan menanam sayur di halaman dapur atau menggunakan media pot di dapur menjadi tren positif di kalangan peduli masakan dan yang mulai menerapkan gaya hidup sehat. Barangkali ada Mama yang sudah memulainya?

Hobi berkebun di halaman sendiri juga salah satu bentuk hobi positif yang bisa meredakan stres lo, Ma. Atau Mama pengin mengalihkan pikiran sejenak dari rutinitas, nggak ada salahnya mencoba untuk memulai hobi berkebun. Karena efek dari hal tersebut membuat Mama lebih hemat dalam hal bahan makanan, dan tentunya lebih sehat.

Mama pasti kenal yes celebrity chef, Jamie Oliver? Beliau sukses menggelar program Food Revolution, yang di berbagai aktivitas off air-nya ini, ia dan tim sukses menggiatkan langkah menanam sayuran sendiri di rumah. Keren banget ya kampanye sehat dari chef ganteng ini.

Tahu nggak, Ma, ternyata food revolution ala Jamie Oliver ini telah menjadi salah satu inspirasi komunitas urban farming di berbagai negara lo! *four thumbs up, Chef!

Nah, kalau di dalam negeri, ada juga komunitas Indonesia Berkebun yang bergerak gesit di ranah yang mirip. Psst, bapak Walikota Bandung, Ridwan Kamil tergabung di dalamnya lo! Komunitas ini memiliki semangat urban farming yang menginspirasi perempuan untuk selalu mencari ide gaya makan yang lebih sehat dan ekonomis.

Prinsipnya, dengan menanam sendiri, Mama bisa mengurangi penggunaan pestisida atau bahan kimia, dan bisa memaksimalkan penggunaan pupuk alami, seperti sampah alami homemade dari sisa bahan makanan yang dikubur dalam tanah selama beberapa hari.

Selain itu, hasil kebun Mama pun membuat sayuran segar dan sehat bisa didapat dengan mudah dan tidak semahal jika membelinya di pasar swalayan.

Keuntungannya, benar-benar bikin sehat tubuh dan juga kantong ya, Ma. Kalau hasil hobi berkebun Mama melimpah, bisa juga dijual.


BACA JUGA


Ingin Memulai Hobi Berkebun? Mulailah dengan Beberapa Hal Sederhana Berikut!

Ingin Memulai Hobi Berkebun? Mulailah dengan Beberapa Hal Sederhana Berikut!

Ingin memulai hobi berkebun? Ternyata nggak perlu mikirin yang terlalu susah

Read more..


Mama tertarik memulai hobi berkebun dan menanam sayuran sendiri? Mama bisa mulai dari 11 tanaman yang mudah untuk ditanam ini

1. Bawang Merah

Benih berupa umbi. Sinar matahari cukup (70%). Suhu rata-rata 25-30 derajat Celcius. Penyiraman pagi saja, atau pagi dan sore. Masa panen: 70 hari.


2. Bawang Putih

Benih berupa umbi. Sinar matahari cukup (50%). Suhu rata-rata 20-25 derajat Celcius. Penyiraman pagi saja, atau pagi dan sore. Masa panen: 90-150 hari.


3. Bawang Daun

Benih berupa biji maupun tunas. Sinar matahari cukup (50%). Suhu rata-rata 18-25 derajat Celcius. Penyiraman pagi dan sore. Masa panen: 90-150 hari.


4. Cabai

Benih biji yang dikeringkan. Sinar matahari cukup (50%). Suhu rata-rata 25-30 derajat Celcius. Penyiraman pagi dan sore. Masa panen: 70-75 hari.


BACA JUGA


7 Jenis Tanaman Hias Ini Tak Sekadar Jadi Hiasan, Tapi Juga Bisa Bikin Udara dalam Rumah Bersih dan Segar Lo!

7 Jenis Tanaman Hias Ini Tak Sekadar Jadi Hiasan, Tapi Juga Bisa Bikin Udara dalam Rumah Bersih dan Segar Lo!

Tanaman itu sangat berjasa bagi hidup kita. Saat siang, daun-daunnya akan menyerap karbondioksida hasil embusan napas kita, dan mengeluarkan ...

Read more..


5. Daun Seledri

Benih berupa tunas. Sinar matahari minim (30%). Suhu rata-rata 16-25 derajat Celcius. Penyiraman pagi saja atau pagi dan sore. Masa panen: 6-8 minggu.


6. Daun Kemangi

Benih berupa tunas. Sinar matahari cukup (50%). Suhu rata-rata 16-25 derajat Celcius. Penyiraman pagi saja atau pagi dan sore. Masa panen: 7 hari.


7. Kunyit

Image from purelyb

Benih berupa akar. Sinar matahari cukup (5-7 jam sehari). Suhu rata-rata 25-30 derajat Celcius. Penyiraman pagi dan sore. Masa panen: 3 minggu.


8. Jahe

Benih berupa akar. Sinar matahari cukup (5-7 jam sehari). Suhu rata-rata 25-30 derajat Celcius. Penyiraman pagi dan sore. Masa panen: 3 minggu.


BACA JUGA


11 Tanaman Hias Unik Ini Bikin Mupeng untuk Dikoleksi. Nomor 4 Lucu Banget, Ma!

11 Tanaman Hias Unik Ini Bikin Mupeng untuk Dikoleksi. Nomor 4 Lucu Banget, Ma!

Tanaman hias terbukti sukses bikin rumah kita terlihat makin cantik

Read more..


9. Daun Bayam

Benih berupa biji atau tunas. Sinar matahari cukup (50%). Suhu rata-rata 25-30 derajat Celcius. Penyiraman pagi dan sore. Masa panen: 1-1 ½ bulan setelah tanam pertama, berikutnya tiap 1 minggu.


10. Kangkung

Benih berupa biji atau tunas. Sinar matahari cukup (50%). Suhu rata-rata 25-30 derajat celcius. Penyiraman pagi dan sore. Masa panen: 1 bulan setelah tanam pertama, berikutnya tiap 1 minggu.


11. Daun Selada

Benih berupa biji atau tunas. Sinar matahari cukup (50%). Suhu rata-rata 25-30 derajat Celcius. Penyiraman pagi dan sore. Masa panen: 1 bulan setelah tanam pertama, berikutnya setiap 1 minggu.


BACA JUGA


Menanam Tanaman di dalam Rumah untuk Menambah Kesegaran - Ini Tips Perawatannya!

Menanam Tanaman di dalam Rumah untuk Menambah Kesegaran - Ini Tips Perawatannya!

Sudah waktunya untuk menyingkirkan semua yang artifisial. Bunga plastik di dalam rumah? That is so yesterday! Yuk, menanam untuk membawa ...

Read more..


11 tanaman yang mudah ditanam itu semuanya sangat diperlukan di dapur Mama, ya. Kebayang dong berapa banyak duit yang bisa Mama hemat jika menanam semuanya. Hehehe.

Kalaupun Mama nggak punya lahan, gunakan saja media pot lalu disusun dalam rak-rak. Atau menggunakan metode hidroponik. Step by step-nya bisa Mama bikin sendiri dengan melihat video di Youtube.

Yuk, Ma, mulai hobi berkebun sekarang juga. Nggak mesti semua sekaligus ditanam, satu per satu saja, yang penting Mama telaten mengurusnya.

Semangat!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mama Pengin Memulai Hobi Berkebun? Mulailah Dengan 11 Tanaman yang Mudah Ditanam Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ranny Afandi | @rannyafandi

Content creator. Aquarian. Movie lover. Bookaholic. Read my stories at www.hujanpelangi.com | Find me on IG & twitter : @rannyrainy

Silahkan login untuk memberi komentar