Menjadi Bagian Keluarga Kerajaan Inggris, Meghan Markle Tak Boleh Lagi Melakukan 15 Hal ini dalam Hidupnya!

Menjadi Bagian Keluarga Kerajaan Inggris, Meghan Markle Tak Boleh Lagi Melakukan 15 Hal ini dalam Hidupnya!

530
Meghan Markle sebentar lagi menjadi anggota keluarga Kerajaan Inggris. Namun ternyata, ada "harga mahal" yang harus ditebusnya.

Tahukah Mama, sebentar lagi putra bungsu mendiang Putri Diana, Pangeran Harry, menikahi Meghan Markle lo! Ah, tentu saja Mama sudah tahu ya. Tepatnya mereka menikah 19 Mei nanti.

Dan, hidup yang selama ini Meghan Markle jalani--yang memang sangat normal seperti kebanyakan wanita Amerika Serikat (AS)--sudah mulai berubah, terutama semenjak pengumuman pertunangannya dengan Pangeran Harry disiarkan di berbagai media internasional.

Meghan Markle yang aktivis humanitarian dan seorang aktris Hollywood ini pun harus melakukan banyak penyesuaian signifikan setelah resmi menjadi seorang duchess.

Mengertikah Mama, hidup yang penuh aturan tata krama seorang lady dari keluarga ningrat Inggris?

Semua serba ada aturannya lo, termasuk cara dia berinteraksi dengan masyarakat, cara berpakaian hingga cara duduk dan berjalan. Duh, pasti melelahkan ya! Semua itu demi menjaga citra keluarga kerajaan yang harus dijunjung tinggi.


Di bawah ini adalah beberapa gaya hidup yang mungkin harus ditinggalkan Meghan Markle untuk selamanya, yang akan membuat kita bersyukur sudah menjadi rakyat jelata


1. Dilarang selfie, welfie, oufie


Image via Parade

Untuk hal ini ternyata Meghan sudah memahaminya.

Awal Desember lalu, di sebuah acara resmi bersama Pangeran Harry, Meghan Markle menolak secara halus permintaan selfie dari penggemarnya, dan mengatakan, “Kami tidak diperbolehkan berselfie.”

Ratu Elizabeth sendiri pernah menekankan, bahwa dirinya tidak suka selfie. Di tahun 2014 lalu, Ratu Elizabeth menyampaikan ke Matthew Barzun (duta besar AS untuk Inggris) bahwa selfie itu memalukan dan aneh baginya.

Di samping itu, keluarga kerajaan Inggris juga dilarang menggunakan segala jenis filter media sosial, seperti puppy Snapchat yang diposting secara publik. Dia juga tidak diperbolehkan berpose sambil memegang minuman apa pun, kecuali ketika tampil resmi bersama keluarga kerajaan.

Waduh. Susah juga ya, kalau nggak boleh selfie, Ma!


BACA JUGA


Doyan Makan, Meghan Markle Tetap Punya Body Langsing - Apa Rahasianya Ya?

Doyan Makan, Meghan Markle Tetap Punya Body Langsing - Apa Rahasianya Ya?

Meghan Markle--sang tunangan Pangeran Harry--ini memang cantik banget! Kalau dari jauh mirip-mirip Kate Middleton juga. Ngakunya doyan makan ...

Read more..


2. Pergi ke luar sendirian


Image via Meghan's Mirror

Setiap anggota keluarga kerajaan dilarang pergi ke area publik sendirian. Kalaupun harus keluar mereka akan didampingi bodyguard ke mana pun anggota kerajaan itu pergi.

Bhay, belanja-belanji asyik sendirian!


3. Memberikan tanda tangan


Image via Vogue

Aturan lain yang sangat dilarang adalah memberikan tanda tangan kepada publik. Kecuali kalau ada event, seperti waktu resmi yang dikhususkan untuk sesi tanda tangan, Ma. Misalnya seperti pada saat pertunangan kerajaan. Nah, di situlah satu-satunya kesempatan di mana seluruh keluarga kerajaan boleh memberi tanda tangan pada masyarakat.

Aturan ketat terkait tanda tangan ini ternyata ada maksudnya lo, Ma. Rupanya pihak kerajaan berjaga-jaga agar tanda tangan anggota keluarga kerajaan tidak disalahgunakan oleh pihak yang berniat jahat.

Sebetulnya, Pangeran Charles di tahun 2010 pernah melanggar protokol tersebut, saat dimintai tanda tangan oleh salah satu korban banjir Cornwall. Tapi ya, untung, sepertinya tak ada kejadian apa-apa setelahnya.


4. Dilarang memposting di Instagram dan Twitter





Dalam bersosial media Ma, kerajaan memiliki satu akun yang dipakai beramai-ramai dengan nama @KensingtonRoyal yang selama ini digunakan Kate Middleton, Pangeran William dan Pangeran Harry.

Ketiganya selama ini mengupdate kegiatan amal yang dilakukan keluarga kerajaan di akun tersebut, sebagai satu-satunya jalur komunikasi antara anggota muda kerajaan dengan masyarakat.

Akun ini juga yang merilis foto resmi pertunangan Meghan dengan Pangeran Harry, Desember lalu, berikut juga pengumuman tanggal pernikahannya.

Di sinilah satu-satunya Meghan akan memposting semua fotonya. Hmmm. Pantas saja, akun Instagram Meghan Markle sekarang sudah deactive. Yang tersisa adalah akun-akun fanbase.


5. Memamerkan PDA (Public Display Affection) alias pamer kemesraan


Image via Cosmopolitan

Ada alasan kenapa hanya ada satu saja foto ciuman Kate dan Pangeran William setelah selama bertahun-tahun menikah dan itu adalah foto pertama di balkon Istana Buckingham di hari pernikahan. Juga hanya ada satu foto pelukan saat Olimpiade tahun 2010 di London, dan satu foto bergandengan tangan saat keluarga kerajaan ke gereja bersama saat Natal tahun lalu.

Menurut Myka Meier, pakar etiket kerajaan, tidak ada protokol resmi untuk melarang PDA, namun anggota keluarga kerajaan sendirilah yang sudah lama meminimalisir pamer kemesraan.


6. Memberikan suara pada saat pemilu


Image via Cosmopolitan

Menjadi anggota kerajaan Inggris sudah pasti mengharuskan Meghan Markle untuk mendapatkan kewarganegaraan Inggris, sebagai syarat legalnya. Meski resmi secara undang-undang menjadi warga negara Inggris dan memiliki hak sebagai warga negara, Meghan tidak akan diperbolehkan berpartisipasi dalam pemilu, seperti layaknya yang lain lo.

Bukan dilarang karena melanggar hukum sih, tapi lebih ke kebijakan inkonstitusional keluarga kerajaan sendiri.

Meski begitu, juru bicara istana juga memberikan penjelasan ke publik, bahwa terkait pemilu, pihak kerajaan pun tidak melakukan musyawarah apapun terkait hak voting mereka.


BACA JUGA


13 Gaya Super Affordable Kate Middleton untuk Inspirasi Busana Kasual Mama Namun Tetap Elegan

13 Gaya Super Affordable Kate Middleton untuk Inspirasi Busana Kasual Mama Namun Tetap Elegan

Apa pun yang dipakai Kate Middleton selalu bisa menyedot perhatian. Apalagi gayanya yang super affordable ini. Cucok deh kalau mau diadopsi

Read more..


7. Memakai gaun tembus pandang, seperti pada foto pertunangan meski harganya mencapai USD 75000 dan merupakan buatan Ralph & Russo

Image via Cosmopolitan

Meskipun tidak terbuka sepenuhnya, gaun yang dipakai Meghan saat itu dinilai cukup menarik reaksi. Sebab gaun tembus pandang tidak sesuai dengan protokol berpakaian kerajaan Inggris terlebih dalam acara resmi.

Baju transparan seperti ini dipandang menarik perhatian yang tidak perlu. Tidak hanya soal gaun tembus pandang Ma, Meghan juga dikritik karena tidak memakai stocking di hari pengumuman pertunangannya dengan sang Pangeran. Pokoknya, stocking itu wajib dikenakan apa pun dan di mana pun agendanya.

Duh, betapa ribetnya menjadi anggota keluarga raja ya. Mungkin kelak Meghan juga nggak akan bisa merasakan nyamannya berdaster ria seperti kita, spesies mama-mama paling keceh seantero jagat raya. Ya kan, Ma? Tsah. *lempar poni*


8. Dilarang memakai kutek berwarna-warni dan warna hitam


Image via Cosmopolitan

Protokol kerajaan juga melarang anggota keluarga memakai cat kuku warna heboh atau hitam. Mereka hanya boleh memilih warna natural, terlebih di acara-acara resmi.

Menurut Essie, Ratu Elizabeth punya merek cat kuku favorit bernama ‘Ballet Slippers’ yang warnanya sejenis pink terang dan sering dipakai sejak tahun 1989.


9. Memakai wedges


Image via Fashion Style Mag

Aturan ini diterapkan hanya saat event yang juga dihadiri Ratu Elizabeth.

Tahun 2015 lalu, seorang sumber mengatakan pada Vanity Fair, “Ratu tidak suka pada sepatu wedges. Sangat tidak suka dan para anggota keluarga kerajaan wanita sangat tahu akan hal ini.”


10. Menjulurkan lidah


Image via Youtube

Aturan ini fix ngga boleh dilakukan semua anggota keluarga kerajaan, kecuali yang masih kecil-kecil seperti Pangeran George dan Putri Charlotte.

Ngebayangin deh, habis Meghan Markle menjulurkan lidah seperti foto di atas, dia pasti menerima ceramah. Dan, ada satu hal yang saya sarankan kepada Pangeran George dan Putri Charlotte, julurkanlah lidah kalian sepuas dan sesering mungkin mumpung masih kecil. Hahaha.


BACA JUGA


Ini Dia 10 Rahasia Cantik dari Kate Middleton yang Bisa Mama Coba untuk Penampilan Anggun namun Effortless!

Ini Dia 10 Rahasia Cantik dari Kate Middleton yang Bisa Mama Coba untuk Penampilan Anggun namun Effortless!

Untuk terlihat cantik dan segar seperti Kate Middleton, ternyata tidak dibutuhkan usaha yang sulit, Ma

Read more..


11. Membawa tas besar


Image via Cosmopolitan

Tas besar itu nyaman disampirin ke pundak ya, Ma. Selain itu ruangnya juga cukup luas buat nyimpen berbagai buntelan camilan, dan seabrek kebutuhan perang perempuan, mulai dari makeup, berbagai jenis tisu, sampai botol minuman.

Tapi sebagai seorang duchess, Meghan kelak hanya boleh membawa clutch kecil yang adalah aturan baku kerajaan. Paling mentok Meghan akan diizinkan membawa tas tangan kecil, seperti yang dilakukan Ratu Elizabeth dan Kate Middleton selama ini.

Hal ini tentu bukan tanpa alasan, Ma, clutch bisa dipegang ketika anggota keluarga kerajaan perempuan tidak ingin berjabat tangan dengan orang tertentu.

Menurut pakar etiket kerajaan ini adalah protokol ketika anggota keluarga kerajaan tidak ingin berjabat tangan, maka kedua tangan mereka akan memegang clutch atau tas tangan, kecuali jika anggota keluarga kerajaan perempuan menjulurkan tangan terlebih dahulu.

Tuh kan, Ma, mau salaman aja pake protokol. Kita mah enak, bisa tos dengan temen-temen kita setiap saat. Hehehe.

Ada sedikit cerita lucu, Ma. Ternyata Putri Diana di tahun 80 dan 90-an juga sering membawa clutch, tapi bukan atas alasan protokol kerajaan. Semua demi kepraktisan. Menurut desainer clutch Lady Diana, Anya Hindmarch, sang putri menggunakan clutch untuk menutupi belahan dada, sehingga menyebut clutch desain Hindmarch sebagai ‘clutch belahan dada’. Hahaha.


12. Menghadiri Fashion Week


Image via Cosmopolitan

Agenda kerajaan untuk Meghan kelak akan dipadati dengan jadwal resmi yang ditujukan untuk men-support kedekatan antara Meghan dan Pangeran Harry.

Jadi nggak akan bisa lagi menghadiri acara seperti New York Fashion Week seperti ini deh.


13. Duduk di mana pun secara sembarangan


Kemungkinan Meghan Markle juga tidak akan lagi diizinkan duduk di spot-spot tongkrongan umum, meski nyaman dan asyiknya bukan kepalang.

Ada aturan ketika duduk bersama anggota keluarga kerajaan, semua diawali prosesi masuk ruangan, yang tentu akan diawali oleh Ratu Elizabeth, dan disusul anggota kerajaan lain sesuai urutan protokoler.

Hadeh. Bhay bhay, hangout bareng geng mama-mama sedunia!


14. Menyilangkan kaki


Menyilangkan kaki bukanlah aturan resmi protokoler keluarga kerajaan. Namun siapa pun anggota keluarga kerajaan perempuan yang duduk sambil menyilangkan kaki pasti akan menuai wajah cemberut dari anggota kerajaan lain.

Tata cara duduk yang paling sering dilakukan Lady Di dan Kate Middleton adalah cara duduk seorang putri yang disebut dengan ‘The Duchess Slant’, di kedua kaki condong ke satu sisi.


15. Tidur sebelum Ratu berangkat tidur


Sepertinya, hal ini hanya berlaku saat Meghan Markle dan Ratu tidur di kastel atau istana yang sama. Nggak harus setiap saat, Ma.


BACA JUGA


Ini Dia 7 Fakta Mengenai Putri Diana yang Barangkali Belum Banyak Orang Tahu

Ini Dia 7 Fakta Mengenai Putri Diana yang Barangkali Belum Banyak Orang Tahu

I like to be a free spirit. Some don't like that, but that's the way I am. ~ Princess Diana

Read more..


Nah, gimana, Ma? Barangkali kita melihat Meghan Markle memang seorang perempuan yang beruntung karena bakalan dipersunting oleh Pangeran Harry, dan menjadi anggota keluarga Kerajaan Inggris ya. Tapi, ternyata hal tersebut harus "dibayar mahal" juga olehnya.

Kalau Mama kira-kira gimana? Mau nggak menjalani semua protokoler dan etiket kerajaan yang rumit seperti ini? Hihihi.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Menjadi Bagian Keluarga Kerajaan Inggris, Meghan Markle Tak Boleh Lagi Melakukan 15 Hal ini dalam Hidupnya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Agustin Pramadewi | @agustinpramadewi

orang aneh yang menyebalkan

Silahkan login untuk memberi komentar