Nggak Sempat Me Time? Ini Dia 7 Cara Jitu untuk Bisa Menciptakan Waktu untuk Diri Sendiri yang Berkualitas!

Nggak Sempat Me Time? Ini Dia 7 Cara Jitu untuk Bisa Menciptakan Waktu untuk Diri Sendiri yang Berkualitas!

Nggak Sempat Me Time? Ini Dia 7 Cara Jitu untuk Bisa Menciptakan Waktu untuk Diri Sendiri yang Berkualitas!

1.8K
Ketika bayi yang kita nantikan dengan sepenuh hati lahir, saat itu juga identitas kita bertambah. Atau berubah, tepatnya, menjadi seorang ibu. Lalu, mengapa harus ada me time?

Seperti yang kita tahu, menjadi ibu berarti banyak sekali peran yang harus kita jalankan. Dan bisa dibilang, hampir semua pekerjaan rumah tangga menjadi tanggung jawab kita. Termasuk menemukan barang yang hilang, mengambilkan camilan untuk anak-anak, merapikan rak buku mereka dan sebagainya. Setiap saat, bahkan ketika kita capek atau sakit sekalipun, dan pengin sedikit punya waktu untuk me time.

Kalau kita protes, biasanya mereka cuma akan menjawab, “Because, you’re the mom!”

Iya, benar juga sih. Secara alami, Mama pasti akan mendahulukan kepentingan keluarga daripada anak-anak. Tapi, Mama juga manusia. Punya rasa punya hati, jangan samakan dengan pisau belati *sodorin mic, nyanyi bareng* (Rocker Juga Manusia – Seurieus).

Maksudnya, Mama pun perlu memiliki waktu untuk merawat diri sendiri, baik secara fisik maupun psikis dengan melakukan sesuatu yang Mama sukai.

Hal ini sangat penting, Ma. Karena kita nggak akan bisa merawat keluarga dengan baik jika kita sendiri nggak sehat lahir dan batin, kan? Coba bayangkan kalau Mama selalu merasa lelah, dan jenuh. Pasti bawaannya ingin marah-marah aja kan, Ma? Dan siapa yang jadi korbannya kalau bukan suami dan anak-anak?

Menyisihkan waktu sejenak untuk diri sendiri--alias me time--bisa membantu kita rileks, Ma. Juga dapat mengisi lagi energi kita supaya dapat lebih fokus menjalani pekerjaan sehari-hari. Serta lebih sabar dan penuh cinta. Memiliki me time bisa membuat kita lebih menghargai waktu yang kita habiskan bersama keluarga.


BACA JUGA


Yuk, Melepas Penat dengan Minuman Kopi yang Cocok Untuk Me Time dan Quality Time Mama dan Keluarga

Yuk, Melepas Penat dengan Minuman Kopi yang Cocok Untuk Me Time dan Quality Time Mama dan Keluarga

Paling asyik dan nyenengin buat ngilangin penat ya cuma minum kopi ya, Ma. Eits, ada yang baru nih dari produk minuman kopi. Yang ini unik ...

Read more..


Tapi gimana sih caranya memiliki me time di sela kesibukan kita yang seakan nggak ada habisnya itu? Coba beberapa tips ini, Ma!



1. Bangun Lebih Pagi atau Tidur Lebih Larut

1.	Bangun Lebih Pagi Atau Tidur Lebih Larut - sumber foto: pixabay
sumber foto: pixabay


Di artikel Top 20 Indonesian Rocking Mama Tahun 2015, salah satu Rocking Mama punya prinsip bangun sepagi mungkin dan tidur semalam mungkin, serta tidak membuang waktu walau hanya sedetik. 

Tip ini juga biasanya kita dengar dari mama atau mertua atau mungkin nenek-nenek kita. Iya, sederhana memang sih. Tapi efeknya besar sekali lho, Ma.

Dengan bangun lebih pagi, kita jadi punya waktu untuk menghirup udara segar di halaman, mungkin lari pagi selama 15-30 menit, juga menyesap teh hangat favorit kita tanpa ada suara rengekan si kecil yang meminta disiapkan baju seragamnya. 

Tapi kalau mencuri me time pada pagi hari terasa sulit, coba untuk tidak langsung tidur setelah suami dan anak-anak tidur. Manfaatkan kesunyian itu untuk menikmati drama Korea favorit Mama, minum segelas cokelat hangat, atau apa saja yang bisa membuat Mama rileks.



2. Manfaatkan Waktu Tidur Siang Anak Sebaik Mungkin

2.	Manfaatkan Waktu Tidur Siang Anak Sebaik Mungkin - sumber foto: pixabay
sumber foto: pixabay


Seringkali saat anak tidur siang atau melakukan quite time di kamar mereka masing-masing, kita manfaatkan untuk melakukan pekerjaan rumah ya, Ma. 

Tapi sesekali coba untuk lakukan dengan kilat. Cukup membereskan mainan pada tempatnya atau menyapu sedikit jika lantai kotor sekali. Lupakan dulu piring bekas makan siang yang belum dicuci. Mereka bisa menunggu. 

Lalu, setelah sepagian bekerja keras, Mama berhak nikmati keheningan di siang hari itu untuk bersantai dan mengembalikan ketenangan kita. 



3. Buat Jadwal Me Time

3.	Buat Jadwal Me Time - sumber foto: wisegeekdotcom
sumber foto: wisegeekdotcom


Saking sibuknya, kadang kita nggak bisa fokus dengan apa saja yang harus kita kerjakan hari itu. Akibatnya, ada saja yang tercecer belum dikerjakan sehingga kita nggak sempat menyisihkan waktu untuk diri sendiri. 

Untuk itu, rencanakan waktu me-time di depan, Ma. Buat janji dengan sahabat untuk ngopi cantik di kedai kopi dekat rumah, atau panggil mbok pijat langganan setelah anak-anak berangkat sekolah dan suami pergi kerja. 

Atau sekadar menuliskan aktivitas ‘me time’ yang ingin Mama lakukan dengan warna cerah di kalender. Dengan demikian nggak ada lagi alasan untuk nggak punya me time kan, Ma?


BACA JUGA


Bosan dan Bokek? Tetap Bisa Me Time yang Asyik di Rumah dengan 10 Cara Ini!

Bosan dan Bokek? Tetap Bisa Me Time yang Asyik di Rumah dengan 10 Cara Ini!

Me time itu nggak harus ke luar rumah ketika sedang libur atau ketika tidak ada anak-anak di rumah. Mama bisa saja melakukan me time yang ...

Read more..


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Nggak Sempat Me Time? Ini Dia 7 Cara Jitu untuk Bisa Menciptakan Waktu untuk Diri Sendiri yang Berkualitas!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Alfa Kurnia | @alfakurnia

Mamah galau. Introvert yang suka gaul. Punya cita-cita abadi jadi kurus tapi doyan makan. Blogging at http://pojokmungil.com. Believe that “Blogging is not rocket science, it’s about being yourself, and putting what you have into it.

Silahkan login untuk memberi komentar