Resolusi Tahun Baru: Tinggalkan Diet dan Lebih Langsing dengan Cara Alami

Resolusi Tahun Baru: Tinggalkan Diet dan Lebih Langsing dengan Cara Alami

1.2K
Udah bosen diet! Tetep bisa kok langsing dengan beberapa resolusi tahun baru yang sehat ini!

Diet yang Mama lakukan hanya membuat berat badan naik turun seperti yoyo? Well, mumpung ini adalah akhir tahun, dan kayaknya jadi momen paling oke untuk membuat resolusi tahun baru, so why don't we try something else?

Tinggalkan diet!

Wait, what?

Yes, untuk #MenujuLangsing2018, ayo, kita lakukan beberapa hal berikut agar Mama lebih sehat sekaligus langsing, capai berat badan ideal secara sehat dan alami.


Resolusi tahun baru #MenujuLangsing2018 tanpa diet

1. “Saya harus bisa!”


Resolusi tahun baru: Niat yang kuat

Setiap usaha selalu diawali dengan niat.

Tiga kata di atas bisa menjadi langkah awal. Tanam kata-kata itu dalam pikiran. Godaan pasti akan datang menghadang.

Namun, jika selalu ingat bahwa Mama harus bisa menepati resolusi tahun baru untuk bisa langsing secara alami dan menurunkan berat badan, maka Mama tidak akan mudah tergoda.

Ingat juga untuk selalu memotivasi diri sehingga tujuan yang Mama inginkan segera tercapai.


BACA JUGA


Resolusi Tahun Baru Sudah Terlupakan? Begini Cara Membuatnya Menjadi Target Hidup dan Bisa Direalisasikan!

Resolusi Tahun Baru Sudah Terlupakan? Begini Cara Membuatnya Menjadi Target Hidup dan Bisa Direalisasikan!

Resolusi tahun baru kadang sudah terlupakan di bulan kedua, karena nggak jelas target dan cara pencapaiannya. Cobain deh, cara saya ini. ...

Read more..


2. Tak Perlu Diet


Resolusi tahun baru: tinggalkan diet

Diet memang akan menurunkan berat badan Mama, tapi hanya untuk jangka pendek. Saat diet berhenti, maka berat badan akan naik lagi.

Mengonsumsi makanan yang aneh atau mengurangi beberapa jenis makanan juga tidak akan membuat berat badan turun, Ma. Yang penting adalah pilih makanan yang seimbang nilai gizinya sesuai dengan kebutuhan tubuh agar kalori yang dimakan bisa dimanfaatkan tubuh secara optimal.


3. Makan teratur


Resolusi tahun baru: makan lebih teratur.

Tubuh secara unik akan menurunkan metabolisme saat lapar. Hal ini tidak bagus untuk proses penurunan berat badan. Hindari dengan menerapkan pola makan harian yang teratur, sedikitnya 3 x sehari.

Jangan pula melewatkan sarapan untuk memberi Mama cukup tenaga saat beraktivitas seharian. Cukup dengan pisang, yoghurt, sereal, atau roti yang mengandung banyak serat dan protein, Mama akan tetap kenyang hingga waktu makan siang.


4. Baca ingredient


Resolusi tahun baru: lebih perhatian pada label kemasan

Perhatikan apa yang Mama makan. Itu sebabnya, Mama perlu menyediakan waktu sejenak untuk membaca kandungan gizi dan jumlah kalori pada kemasan makanan.

Yang terakhir ini sangat berperan dalam menambah berat badan bila dikonsumsi secara berlebih. Sesuaikan kebutuhan kalori Mama dalam sehari dengan bantuan catatan yang tertera dalam kemasan.


BACA JUGA


11 Resolusi Tahun Baru untuk Hidup yang Lebih Sehat di Tahun 2018 - Karena Resolusi Menurunkan Berat Badan Itu Terlalu Mainstream

11 Resolusi Tahun Baru untuk Hidup yang Lebih Sehat di Tahun 2018 - Karena Resolusi Menurunkan Berat Badan Itu Terlalu Mainstream

Resolusi tahun baru pengin menurunkan berat badan? Ah, mainstream sekali! Dan, apa hasilnya? Biasanya hanya tinggal jadi resolusi, tanpa ...

Read more..


5. Konsumsi serat dan protein


Resolusi tahun baru: lebih banyak serat dan protein

Serat yang kita makan dari buah dan sayur akan membantu menurunkan kolesterol dan memperlancar pengosongan saluran pencernaan.

Tak hanya itu, serat juga bisa mempercepat rasa kenyang sehingga secara alami mengurangi porsi makanan yang tidak berguna. Sebagian besar serat mempunyai kandungan air yang tinggi dan kalori yang rendah,sehingga sesuai dengan makanan yang kita butuhkan untuk menurunkan berat badan.

Selain serat, makanan yang mengandung protein juga akan membuat perit kenyang dalam beberapa jam. Dengan begitu, kebutuhan Mama akan makanan yang mengandung kalori tinggi bisa berkurang.


6. Jangan lupa bergerak


Resolusi tahun baru: jadwalkan olahraga hari ini juga.

Proses penurunan berat badan tak akan sukses jika tak disertai olahraga.

Jadi, jangan lupa gerakkan tubuh Mama. Sesuaikan olahraga dengan kondisi tubuh ya. Pilih saja yang murah meriah dan mudah dilakukan, seperti jalan kaki atau bersepeda. Mama bisa berjalan minimal 5 kilometer sehari, dan usahakan untuk selalu menambah jaraknya.

Ingat, olahraga tidak hanya menurunkan berat badan, tetapi juga mengencangkan paha dan membuat tubuh menjadi lebih sehat.


7. Jangan ngemil malam hari


Resolusi tahun baru: stop snacking at night!

Jumlah kalori setelah makan malam akan tertimbun di dalam tubuh. Ini bisa menghancurkan usaha Mama untuk menurunkan berat badan.

Kurangi keinginan mengemil dengan menggosok gigi setelah makan malam. Selain membuang kebiasaan mengemil di malam hari, ganti juga kebiasaan mengonsumsi gula saat membuat kopi dengan gula rendah kalori, hindari makanan gorengan dan lain-lain.

Pilihlah kebiasaan-kebiasaan yang sehat.


BACA JUGA


Doyan Makan, Meghan Markle Tetap Punya Body Langsing - Apa Rahasianya Ya?

Doyan Makan, Meghan Markle Tetap Punya Body Langsing - Apa Rahasianya Ya?

Meghan Markle--sang tunangan Pangeran Harry--ini memang cantik banget! Kalau dari jauh mirip-mirip Kate Middleton juga. Ngakunya doyan makan ...

Read more..


8. Cari motivator


Bisa sosok terkenal yang sudah berhasil menurunkan berat badan atau orang-orang di sekitar untuk dijadikan motivator.

Mereka akan membantu Mama memberikan dorongan bila suatu saat Mama mengalami kejenuhan dengan program penurunan berat badan yang sedang Mama lakukan.


9. Buat catatan


Resolusi tahun baru: catatlah berbagai kebiasaan baru yang sehat

Untuk melihat apakah program mencapai berat badan ideal ini sudah menunjukkan hasil, catatlah setiap perkembangan yang terjadi pada diri Mama.

Bila perlu bandingkan dengan pencapaian Mama dengan pencapaian teman yang juga melakukan program sejenis. Ini juga akan menjadi pendorong semangat agar tujuan Mama mendapatkan berat badan ideal bisa berhasil.


10. Minum yang cukup


Beberapa ahli mengatakan dengan minum yang cukup, maka Mama akan terhindar dari makan berlebih. Jadi, anjuran untuk minum 6 – 8 gerlas sehari jangan diabaikan ya. Tak melulu harus air putih juga kok. Teh, susu, dan jus pun bisa. Atau mungkin, coba mulai untuk teratur minum smoothie ala food combining ini.


BACA JUGA


Kalau Cara Diet Mama Seperti 7 Hal Ini, Yakinlah, Bukan Langsing yang Mama Dapat, Melainkan Penyakit!

Kalau Cara Diet Mama Seperti 7 Hal Ini, Yakinlah, Bukan Langsing yang Mama Dapat, Melainkan Penyakit!

Mau langsing boleh saja. Tapi cara diet yang dilakukan harus tepat, agar juga sehat

Read more..


Nah, segera mulai lagi yuk, program pencapaian berat badan ideal untuk resolusi tahun baru Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Resolusi Tahun Baru: Tinggalkan Diet dan Lebih Langsing dengan Cara Alami". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar