Sebelum Usia 40 Tahun, Lakukanlah 5 Hal Ini Sebelum Menyesal Karena Terlambat!

Sebelum Usia 40 Tahun, Lakukanlah 5 Hal Ini Sebelum Menyesal Karena Terlambat!

Sebelum Usia 40 Tahun, Lakukanlah 5 Hal Ini Sebelum Menyesal Karena Terlambat!

865
Katanya, usia 40 adalah saatnya hidup dimulai? Masa? Kita mulai saja dari umur 30, yuk!

Hello, gorgeous Mama! Kalau boleh saya tebak, usia Mama sekarang ini adalah di atas 30 tahun tapi belum lagi menyentuh usia 40, ya? Well, congratulation! Selamat ya, karena pada usia ini, Mama sudah dapat dikategorikan sebagai seseorang yang dewasa dan cukup bijaksana. Kenapa 'cukup', karena bijaksana itu sendiri butuh pembiasaan selama seumur hidup. So, 'cukup' is enough-lah ya!

Dikatakan cukup bijak itu, karena Mama sudah melampaui masa pra-dewasa, yaitu saat-saat lepas dari masalah-masalah seperti galau karena pacar, sibuk menghiasi CV demi melamar pekerjaan, dipusingkan oleh curhatan gaje teman-teman, dan rata-rata sudah bebas dari pertanyaan, "Kapan mau nikah?".

Yup, rata-rata Mama usia 30an itu sedang asyik-asyiknya menjalani tingkat kedewasaan baru. Misalnya, menjadi seorang mahmud, alias mama muda yang kerepotan mengurusi anak yang masih kecil-kecil. Lalu, sedang sibuk menyesuaikan diri dengan Papa, sang belahan jiwa, dalam periode awal pernikahan. Juga, sedang menikmati berbagai pelajaran baru mengenai keuangan rumah tangga, ilmu kesehatan seputaran anak, parenting, teknik bercinta, dan sebagainya.

Seru, ya?

Well, seseru apa pun itu, jangan lupakan bahwa akan tiba masanya Mama berada di tahap 'settled' atau nyaman, ya. Tahap itu ada di usia 40 tahunan, di mana semua kerepotan sudah menjadi hal biasa yang semakin dikuasai, masalah hubungan sudah mampu diatasi dengan tingginya tolerasi, pelajaran-pelajaran sudah dikhatamkan, lalu Mama akan lebih tertarik mengisi waktu untuk diri sendiri.

Mama akan merasa lebih suka berada di rumah, mengurangi bersosialisasi, dan memperkaya diri (juga keluarga) dengan hal-hal yang lebih spiritual.


Nah, mumpung saat itu belum tiba, yuk, lakukan 5 hal yang menantang ini sebelum Mama menginjak usia 40 tahun!

1. Berbisnis

Seorang teman yang lulusan ilmu Psikologi pernah bicara tentang mental block, atau sesuatu yang keburu menghalangi kita bahkan sebelum sesuatu itu dimulai.

Berbisnis, salah satunya, yang memiliki banyak mental block. Misalnya, "Duh, saya nggak bakat jualan!", atau, "Saya orangnya nggak pintar ngatur keuangan!", dan sebagainya, akan dijadikan alasan untuk tidak melakukan.

Well,cut it all out, Ma! Sebagai makhluk Tuhan yang sempurna, kita bisa melakukan apa saja dalam izin-Nya. Termasuk berbisnis.

Jadi, pilih satu yang sesuai dengan kesukaan Mama sekarang juga--sebelum Mama menyentuh usia 40--lalu mulai jualan!

Bisnis sekarang kan tidak perlu dengan modal besar, tidak usah menggandeng partner atau sponsor, bahkan tidak perlu keluar rumah. Tinggal modal kuota internet dan berjualan dengan bahasa copywriting yang baik, dan voila! Mama adalah seorang pengusaha!


BACA JUGA


Ternyata Ini Resep Awet Muda Puspa Dewi Sehingga Tampak Selalu Cantik di Usia 50-an

Ternyata Ini Resep Awet Muda Puspa Dewi Sehingga Tampak Selalu Cantik di Usia 50-an

Untuk bisa menjadi cantik plus awet muda itu sebenarnya sederhana. Perawatan yang alami efeknya ternyata lebih luar biasa

Read more..


2. Kursus Dansa


Yup, ini perlu.

Pertama, Mama sudah bukan anak remaja yang ototnya lentur dan nggak ada capeknya. Akui saja, saat menjelang usia 40 ini, otot-otot di badan mulai kaku dan sudah gampang lelah, bukan? Jadi, apalagi yang bagus untuk semua itu, dengan tetap elegan dan keibuan, kecuali menari salsa dan samba?

Kedua, kursus dansa juga bakal menyenangkan Papa juga lo! Jago dansa itu sama dengan jago di ranjang, Ma! Panggul akan terlatih untuk berlenggak-lenggok, dan badan keseluruhan juga jadi lebih gemulai. Kayang di ranjang nggak akan jadi masalah deh!

Tunggu saatnya Mama jago berdansa ya, Pa!


3. Melakukan (minimal) satu kegiatan ekstrim

Misalnya, bungee jumping, paralayang, berenang dan diving di lautan (agak) dalam, naik wahana roller coaster di taman bermain, atau minimal menggantung di flying fox yang ada di tempat rekreasi outbond.

Jantung Mama masih cukup kuat menahan perasaan yang campur aduk, badan juga masih enak diajak berpetualang seperti itu, dan nggak terlalu malu juga kan, ada mama kinyis-kinyis berteriak keasyikan!

Ayo Ma, lakukan dan jangan takut! Dengan catatan, jika kondisi kesehatan Mama memang memungkinkan, ya!


BACA JUGA


Usia Bertambah? 8 Rahasia Awet Muda Ini Akan Membuat Mama Tak Takut Lagi!

Usia Bertambah? 8 Rahasia Awet Muda Ini Akan Membuat Mama Tak Takut Lagi!

Rahasia awet muda sudah banyak diungkap oleh para ahli. Lalu, bagaimana dengan 8 kebiasaan baik yang berikut, yang juga menjadi rahasia awet ...

Read more..


4. Tampil di depan umum


Tidak usah punya satu kebisaan khusus untuk membuat seseorang boleh tampil di depan umum. Cari wadah dan waktunya, sesuai kemampuan yang pas-pasan saja dan nggak harus ahli, Ma. Ada banyak, kok!

Misalnya, ikut menjadi sukarelawan pengajar di Kelas Inspirasi, yang membuat Mama mengajar tentang memanggang Kue selama satu hari saja di depan anak-anak SD di pinggiran kota. Teman saya yang seorang barista, Ma, sampai rela membawa set peralatan coffee brewing-nya demi wajah-wajah kecil yang ceria mendapatkan ilmu baru--walaupun mereka belum tentu mengerti benar tentang apa itu barista!

Contoh lain, Mama bisa saja menjadi pendamping dalam program konseling masalah anak broken home di karang taruna terdekat. Lalu lama kelamaan, dipercaya menjadi pembicara saat ada acara tingkat kelurahan. Selain ikhitiarnya menjadi sebuah amal, Mama jadi tambah percaya diri dan kaya batin.

Atau, minimal menyanyi keras-keras sajalah saat ada acara kantor atau RT. Berani tidak, hayo!


5. Camping berdua dengan Papa


Bukannya buka kamar di hotel lo, ya! Berkemah memerlukan keberanian tersendiri dan harus dilakukan sebelum usia 40 tahun. Well, bisa saja, sih, tapi kalau di umur 30an saja sudah ragu-ragu, apalagi sepuluh tahun di depan!

Pergilah berdua dengan Papa ke sebuah bumi perkemahan yang tidak terlalu mewah, dengan fasilitas yang tidak menyaingi hotel berbintang. Berada di alam terbuka dengan air dan makanan secukupnya akan menambah rasa kebersamaan dengan sang belahan jiwa tercinta.

Mama dan Papa juga akan berbagi ketakutan yang sama akan ancaman binatang liar (walaupun cuma nyamuk dan lebah) di dalam tenda, dan berbagi romantisme yang sama di bawah bintang-bintang di depan api unggun. Aih!


BACA JUGA


Hanya Perempuan Usia 40 Tahun ke Atas yang Mengalami Berbagai Hal yang Menguntungkan Ini, Maka Berbahagialah!

Hanya Perempuan Usia 40 Tahun ke Atas yang Mengalami Berbagai Hal yang Menguntungkan Ini, Maka Berbahagialah!

Adakah yang mau dibilang tua? Sepertinya sih nggak ada. Mama-mama pasti maunya muda selamanya. Yah, orang bilang, tua atau muda itu hanya ...

Read more..


Nah, jadi Mama siap melakukan yang mana dulu sebelum usia 40, nih? Yuk, siapkan mental dan nantikan euforianya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sebelum Usia 40 Tahun, Lakukanlah 5 Hal Ini Sebelum Menyesal Karena Terlambat!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


PutuAyu Winayasari | @ayuwinayasari

A whole-hearted writer. A caring teacher. A Rocking Mama. A loving wife-daughter. Visit me at [email protected] Reach me at [email protected] Or just come by to LIA-Bandung to have some bakso with me :)

Silahkan login untuk memberi komentar