Selamat Hari Ibu! Bisakah Kondisi Ibu di Satu Negara Dibandingkan Perjuangannya dengan Kondisi Para Ibu di Negara Lainnya?

Selamat Hari Ibu! Bisakah Kondisi Ibu di Satu Negara Dibandingkan Perjuangannya dengan Kondisi Para Ibu di Negara Lainnya?

297
Selamat Hari Ibu! Saatnya untuk memberi penghormatan pada semua perempuan sedunia!

Ibu di dunia memiliki bahasa dan peran yang sama bagi anak-anaknya. Hanya wujudnya dipengaruhi oleh budaya, kebiasaan dan iklim tempat mereka tinggal.

Saya sedih, beberapa hari yang lalu ada yang menulis status yang kemudian viral di media sosial, yang membandingkan antara ibu yang hidup di Indonesia dan ibu yang hidup di Palestina.

Seakan-akan para ibu yang hidup di Indonesia itu nggak punya daya juang yang tinggi. Hvft!

Mau tahu nggak, Ma, seperti apa sih kondisi para ibu dari berbagai belahan dunia? Sama nggak sih dengan kita yang hidup di Jakarta, Bandung, Surabaya dan seluruh Indonesia ini? Apa benar, ibu di satu negara tertentu perjuangannya lebih berat ketimbang para ibu yang berada di negara lain?

Saya sih penasaran banget! Coba yuk, kita telusuri!


11 Profil ibu sedunia yang mewakili gambaran menjadi seorang ibu

1. Bali


Profil ibu sedunia - Bali. Image via PhotoExtract Photography Magazine

Para ibu di Bali bekerja sama kerasnya dengan para lelaki, demi menghidupi keluarganya. Mulai dari berjualan canang di pasar, bercocok tanam di ladang hingga menjadi penjahit pakaian pun dilakoni.

Salah satu peran ibu adalah mengenalkan agama pada anak-anaknya. Sejak dini mereka diajak menyiapkan saiban, sajen selesai masak, berupa sejumput nasi dan lauk yang usai dimasak.

Sajen itu diletakkan di 5 tempat berbeda, seperti tempat suci, pekarangan, tempat api, tempat air dan tempat beras.


BACA JUGA


Selamat Hari Ibu! Ini Dia 5 Momen Tak Terlupakan Bersama Anak Setelah Kita Menjadi Seorang Mama

Selamat Hari Ibu! Ini Dia 5 Momen Tak Terlupakan Bersama Anak Setelah Kita Menjadi Seorang Mama

Hai, Mama! Sebentar lagi kita akan memperingati Hari Ibu nih! Well, apa sih arti menjadi seorang ibu buat Mama?Menjadi ibu bagi saya adalah ...

Read more..


2. Italia


Profil ibu sedunia - Italia. Image via The Wall Street Journal

Mamma mia!

Begitulah orang Italia mengungkapkan rasa kagum, gembira ataupun cemas. Arti kata tersebut sendiri adalah “ibuku”.

Ibu di negeri ini terkenal hangat, modis dan pandai menyenangkan keluarga melalui makanan. Di antaranya aneka pasta, pizza dan tiramisu, yang kini dikenal dan digemari banyak orang di belahan bumi mana pun.


3. Rusia


Profil ibu sedunia - Rusia. Image via Russia Beyond.

Negara ini memiliki musim dingin yang panjang dengan salju tebal. Namun, dengan temperatur di bawah rata-rata itu, nggak menjadi halangan bagi ibu untuk mengajak putra-putrinya bermain di luar.

Mantel, sweater, topi, syal, kaus tangan, kaus kaki dan sepatu boot yang hangat memberi kesempatan pada mereka untuk bisa main perosotan, ice skating atau sekadar membuat bola-bola salju bersama si kecil.


4. Tiongkok


Profil ibu sedunia - Tiongkok. Image via Ira Block Photography.

Masa-masa para ibu di negara ini yang hanya menjaga rumah, mengurus suami dan anak-anak kini semakin tergeser.

Sekarang banyak ibu di Tiongkok memilih menjadi money maker di dalam keluarga, bos di perusahaan, dan penulis buku terkenal.

Seperti pepatah mereka, Ma.

Perempuan menguasai separuh langit.

Artinya, turut berperan penting dalam kehidupan.


BACA JUGA


Ini Dia 15 Film Hollywood dan Film Indonesia Bertema Ibu yang Paling Asyik dan Keren! Must Watch!

Ini Dia 15 Film Hollywood dan Film Indonesia Bertema Ibu yang Paling Asyik dan Keren! Must Watch!

Mama, ibu, bunda, ummi, ataupun sebutannya adalah seseorang yang pasti dimiliki oleh setiap manusia. Dari setitik jiwa sampai benar-benar ...

Read more..


5. Tajikistan


Profil ibu sedunia - Tajikistan. Image via Mercy Corps.

Para ibu di Tajikistan, Asia Tengah, memiliki kegiatan menggembala ternak, mencari rumput, menanam gandum di musim semi, dan menghabiskan musim dingin di rumah bersama keluarga.

Kesempatan itu digunakan untuk mengajarkan sopan santun pada anak, salah satunya adalah menyuapi orang yang lebih tua, juga dengan berjabat tangan dan saling menepuk dagu.

Hihihi. Lucu ya, Ma, kebiasaannya?


6. Swedia


Profil ibu sedunia - Swedia. Image via New York Post.

Pantaslah jika ibu-ibu di Swedia menjadi sumber iri ibu-ibu di dunia, Ma. Pasalnya, di negeri ini suami-istri yang baru punya anak bisa mengajukan cuti melahirkan selama 13 bulan dan tetap mendapat gaji lo!

4 bulan pertama harus diambil bersamaan oleh suami-istri. Sedangkan sisa cuti bisa diatur bergantian.

Nggak heran, orang tua baru di Swedia jadi punya bonding yang begitu kuat dengan anak-anaknya.


7. Suku Zulu


Profil ibu sedunia - suku Zulu. Image via Pinterest.

Orang-orang suku yang terbesar di Afrika ini menaruh hormat yang sangat besar terhadap para ibu. Bahkan ada aturan tak tertulis yang mewajibkan anak laki-laki di suku akan mendengarkan seluruh saran umama—panggilan untuk ibu—dibanding mendengarkan ayah mereka.

Suku yang aktif berperang melawan penjajahan di negerinya ini juga melarang menyakiti perempuan saat berada di medan perang.


BACA JUGA


Tentang Menjadi Seorang Ibu dan 6 Kekonyolan yang Menyertai - Pasti Tak Pernah Mama Bayangkan Sebelumnya!

Tentang Menjadi Seorang Ibu dan 6 Kekonyolan yang Menyertai - Pasti Tak Pernah Mama Bayangkan Sebelumnya!

Mama pasti dulu pernah merasakan jadi seorang single, kan? Mungkin saat sedang lagi single atau belum punya anak, Mama sering bergidik ngeri ...

Read more..


8. Kanada


Profil ibu sedunia - Canada. Image via quickenloans.

Musim berganti, kreativitas pun muncul. Ibu-ibu di Kanada mengajak bermain dengan daun-daun di musim gugur, di tengah udara yang mulai mendingin.

Apa pun musimnya, anak-anak harus tetap bermain dan gembira.


9. Peru


Profil ibu sedunia - Peru. Image via KQED.

Kesibukan para ibu yang tinggak di pedesaan Peru berjualan di pasar, membuat kerajinan tangan dan mengasuh anak tetap membuat mereka bersemangat untuk menggunakan hak pilihnya memilih presiden.

Sayangnya, menurut data-data dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), tingkat kematian ibu melahirkan di Peru adalah yang tertinggi di Amerika Selatan. Hal ini dikarenakan banyak perempuan yang menolak melahirkan di klinik, dan lebih memilih ditangani secara tradisional.


10. Amerika Serikat


Profil ibu sedunia - Amerika Serikat. Image via Lakeside Collection Blog

Di tengah kesibukan bekerja, belanja, mengantar anak-anak ke daycare dengan mengendarai mobil SUV, para ibu di Amerika Serikat dengan senang hati menemani kegiatan luar sekolah anak-anaknya. Seperti berenang, latihan bela diri atau main bola.

Mereka itulah yang kemudian disebut sebagai soccer mom. Istilah ini mulai digunakan di media massa tahun 1982.


11. Bedouin


Profil ibu sedunia - Bedouin. Image via Pinterest.

Perempuan Bedouin di Oman, Asia Barat, memilik tinggal di tenda, di tengah padang pasir dengan cara hidup, mengasuh anak dan bahasa mereka sendiri.

Mereka mengenakan pakaian panjang, penutup kepala dan wajah dengan warna-warna yang mencolok.

Untuk kehidupan sehari-hari, mereka memelihara kambing, membuat karpet dan keranjang yang mereka jual di pasar terdekat.


BACA JUGA


Hidup Bahagia Adalah Impian Semua Ibu. 8 Tips Ini Bisa Bantu Mama Mendapatkannya!

Hidup Bahagia Adalah Impian Semua Ibu. 8 Tips Ini Bisa Bantu Mama Mendapatkannya!

Hidup bahagia itu bukanlah sebatas fatamorgana. Terkadang, hal-hal kecil bisa membuat hidup bahagia lho, Ma

Read more..


See? Kehidupan para ibu di seluruh dunia ini berwarna banget ya, Ma. Masing-masing punya perjuangan sendiri-sendiri, sesuai lingkungan dan kondisi sosial di mana mereka tinggal. Kalau sudah baca-baca cerita di atas, pastinya Mama juga setuju kan, kalau satu ibu itu nggak bisa dibandingkan satu dengan yang lainnya.

Every mom has their own battle.

Bahkan yang tinggal di satu daerah yang sama pun tak bisa dibandingkan, mana ibu yang lebih baik dan mana yang tidak. Semua ibu mulia adanya, dengan kondisi masing-masing, dengan perjuangannya sendiri-sendiri.

Maka, yuk, kita hentikan pendiskreditan sesama perempuan, apalagi sesama ibu!

Selamat Hari Ibu!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Selamat Hari Ibu! Bisakah Kondisi Ibu di Satu Negara Dibandingkan Perjuangannya dengan Kondisi Para Ibu di Negara Lainnya?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar