Sering Memanfaatkan Ojek Online? Berikut Tips Agar Selalu Aman di Jalan Raya!

Sering Memanfaatkan Ojek Online? Berikut Tips Agar Selalu Aman di Jalan Raya!

903
Nampaknya sih sepele, tapi menjadi penumpang motor ojek online pun perlu memperhatikan beberapa hal.

Situasi jalan raya di kota besar yang padat membuat motor menjadi alternatif untuk menghindari dari jebakan kemacetan panjang. Apalagi sekarang dengan ojek online, kita pun makin dimudahkan. Betul? Ya, meski dengan segala pro dan kontra yang ada, ojek online—mau nggak mau—harus kita akui memang sangat menolong kita.

Cuma beberapa waktu yang lalu, saya banyak lihat tuh, Ma, penumpang ojek online yang cara memboncengnya tuh--kalau nggak mapan dengan bener--ya kok sembarangan turunnya.

Yah, namanya ojek online, tetep aja kan pakai motor ya, yang menggunakan fasilitas umum. Keselamatan tetap nomor satu. Pengemudinya mungkin sudah taat peraturan, kita yang membonceng dan menggunakan jasanya, seharusnya juga tertib.

Mengendarai kendaraan apa pun di jalan raya, yang wajib tertib nggak cuma pengemudinya saja kan? Penumpangnya juga! Ketertiban akan berbuah keamanan dan kenyamanan pada siapa saja. Sepakat kan, Ma?

Apalagi naik ojek online yang sambil “sembunyi-sembunyi” kayak lagi selingkuh, karena di beberapa tempat ojek online ini dilarang beroperasi. Hahaha. Jadi bikin kita harus ekstra hati-hati.


BACA JUGA


Taksi Online Dilarang Beredar di Jawa Barat, Ini Dia Suara Hati Seorang Istri Driver Dalam Menghadapi Kesulitan yang Sama Seperti Angkutan Konvensional Lainnya

Taksi Online Dilarang Beredar di Jawa Barat, Ini Dia Suara Hati Seorang Istri Driver Dalam Menghadapi Kesulitan yang Sama Seperti Angkutan Konvensional Lainnya

Tak selamanya perkembangan zaman bisa diterima oleh masyarakat luas. Taksi online ini salah satunya, yang masih saja menuai banyak ...

Read more..


Nah, berikut beberapa hal yang perlu kita perhatikan sebagai penumpang motor—dan konsumen ojek online—agar perjalanan kita lebih aman dan nyaman.

1. Naik dan turun dari sisi kiri


Image via Grid ID

Ini adalah kebiasaan umum ya, Ma. Salah satu alasannya karena posisi knalpot ada di sebelah kanan sehingga Mama akan lebih aman saat naik dan turun di sebelah kiri.

Tumpukan kaki kiri pada pijakan kaki penumpang saat naik di jok belakang.

Penting, sebelum naik, pastikan si pengemudi ojek online sudah dalam posisi siap menahan beban ya.


2. Jangan menggantungkan kaki


Image via Techcrunch

Setelah berada di atas motor ojek online, taruh kaki pada pijakan. Jangan biarkan menggantung karena kaki Mama bisa tak sengaja masuk ke jari-jari roda, terkena rantai, knalpot, atau bahkan, aspal.

Juga hindari menurunkan kaki kalau pas si pengemudi ojek online berhenti, Ma. Biar saja dia yang menyangga motor. Mama nggak perlu “ikut membantu”. Hehehe.


3. Pegang pinggang pengendara ojek online


Image via INHILKLIK

Sebenarnya posisi terbaik saat dibonceng adalah memegang pinggang pengendara sehingga pergerakan tubuh Mama akan selaras dengannya, terutama saat motor berbelok.

Namun, kalau nggak nyaman melakukannya (lah, kalau pengemudi ojek online-nya suami sendiri, ya nggak apa-apa sih. Hahaha.), Mama bisa memegang besi pegangan di belakang boncengan motor. Atau just simply taruh kedua tangan Mama di atas lutut di kedua sisi motor ojek online.

Keep your weight centered over the motorcycle ya.


BACA JUGA


Ini Dia 5 Kesalahan Mengemudi Mobil yang Biasa Kita Lakukan dan Bisa Berbahaya

Ini Dia 5 Kesalahan Mengemudi Mobil yang Biasa Kita Lakukan dan Bisa Berbahaya

Menngemudi mobil memang nggak ada teori pastinya. Semua kita lakukan berdasarkan 'hukum jalanan' yang berlaku. Cermati beberapa hal berikut ...

Read more..


4. Tahan tubuh saat motor direm mendadak


Image via liveolive

Ketika pengendara ojek online mengerem secara mendadak, badan Mama pasti akan terdorong ke depan. Kalau hal ini terjadi, tak perlu panik. Segera kembali ke posisi semula.

Kalau Mama terdorong jauh ke depan sehingga posisi pengendara ikut maju, bisa membuat distribusi berat akan lebih banyak bertumpu pada ban depan, sehingga ban belakang bisa mengalami selip. Pengendara pun akan kesulitan mengontrol motornya.

Agar tubuh Mama nggak mendorong pengendara ke depan saat ia tiba-tiba mengerem, tekan kaki Mama pada pijakan untuk menahan tubuh. Mama akan lebih mudah menahan tubuh jika Mama berpegangan tangan pada besi di belakang motor.


5. Jangan banyak bergerak


Image via Kabarpadang

Usahakan agar tidak melakukan banyak gerakan ya, Ma, terutama saat pengendara ojek online sedang berbelok. Karena itu, perhatikan situasi jalan di depan Mama agar selalu siap dalam kondisi tak terduga. Seperti misalnya saat motor harus melewati jalan berlubang.

Jika motor berbelok ke kanan dan ke kiri, posisi kepala sebaiknya melihat ke bahu pengendara. Hal ini secara otomatis akan membuat beban tubuh Mama mengarah pada sisi ke mana motor akan berbelok.


6. Kalau Mama duduk menyamping


Image via CNN Indonesia

Jika memang terpaksa harus duduk menyamping karena mengenakan rok saat membonceng ojek online, maka beban tubuh Mama tidak akan terdistribusi merata antara kiri dan kanan.

Kalau nggak bisa memegang pinggang pengendara, maka Mama harus berpegangan pada besi di belakang jok.

Posisi ini sebenarnya kurang menguntungkan bagi pengendara sih, Ma. Karena itu sebaiknya Mama jangan banyak bergerak ya. Berhati-hatilah kalau Mama mengenakan rok atau mungkin gamis panjang, karena mudah tersangkut pada jari-jari roda.


BACA JUGA


Begini Cara Aman Berkendara Bersama Bayi dan Si Kecil untuk Mama dengan Mobilitas Tinggi

Begini Cara Aman Berkendara Bersama Bayi dan Si Kecil untuk Mama dengan Mobilitas Tinggi

Apakah memang aman berkendara sendiri bersama bayi dan si kecil? Well, pastikan aman dengan beberapa tips berikut

Read more..


Nah, Mama, ojek online memang menjadi alternatif oke bagi kita yang nggak punya kendaraan agar mobilitas kita tetap lancar ya. Semoga semua pro dan kontra mengenai ojek online ini segera teratasi, dan semua pihak bisa terfasilitasi dengan baik.

Semua lancar, semua puas.

Amin.

Meanwhile, yuk, menjadi pemanfaat jasa ojek online secara cerdas!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sering Memanfaatkan Ojek Online? Berikut Tips Agar Selalu Aman di Jalan Raya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar