Titi Kamal dan Christian Sugiono Dikaruniai Anak Kedua - Apa yang Harus Dilakukan Ketika Si Kakak Mempunyai Adik?

Titi Kamal dan Christian Sugiono Dikaruniai Anak Kedua - Apa yang Harus Dilakukan Ketika Si Kakak Mempunyai Adik?

736
Titi Kamal dan Christian Sugiono dikaruniai anak kedua, banyak suka duka yang harus dilalui orang tua untuk membuat si kakak mengerti atas kelahiran adiknya, yah.

Titi Kamal dan Christian Sugiono menikah setelah 10 tahun berpacaran. Setelah menikah, Titi dan Christian dikaruniai anak pertama bernama Juna, dan kini Tian dan Titi juga sudah mempunyai anak kedua.

Juna yang kini berumur 4 tahun sempat tidak menginginkan kehadiran adiknya. Namun, dengan kerja sama antara Titi dan Christian, akhirnya Juna bisa menerima kehadiran sang adik yang kini telah lahir.

Kehadiran adik di tengah kebahagiaan sebagai anak tunggal merupakan mimpi buruk untuk si kakak yah, Ma. Namun hal ini bisa menyenangkan untuk si kakak, bila Mama dan Papa memberikan pengertian yang menyenangkan untuk si kakak.

Berkaca dari pengalaman Titi dan Christian, apa yang harus Mama dan Papa lakukan ketika si kakak mempunyai adik baru. Simak yuk hal berikut ini.


BACA JUGA


Pengin Hamil Lagi? Ingat 4 Hal yang Harus Jadi Pertimbangan Ini!

Pengin Hamil Lagi? Ingat 4 Hal yang Harus Jadi Pertimbangan Ini!

Hamil lagi? Tak perlu cemas. Jika Mama sudah mempertimbangkan 4 hal ini masak-masak, semua akan baik-baik saja

Read more..


Yang harus Mama persiapkan saat mulai hamil anak kedua

1. Ketika mulai hamil, berilah pengertian pada si kakak

Photo Credit : Tmall

Ketika Mama dinyatakan positif hamil anak kedua, maka hal pertama yang akan Mama lakukan adalah memberi tahu Papa pastinya. Nggak salah kok, Ma.

Hanya saja jangan lupa untuk memberi tahu si kakak juga mengenai rencana kehadiran si adik, tentunya dengan trik tertentu, ya. Agar si kakak lebih antusias akan kehadiran adik di tengah-tengah keluarganya.

Berilah pengertian dampak positif ketika si adik lahir. Misalnya, kakak akan memiliki teman bermain dan tidak perlu ke rumah tetangga untuk mempunyai teman. Si kakak pasti lebih antusias dengan kehadiran adiknya yah, Ma.


2. Selalu libatkan si kakak pada proses kehamilan

Ma, 9 bulan merupakan waktu yang tidak sebentar ya. Ini bisa jadi waktu yang cukup untuk mempersiapkan hadirnya anak kedua.

Maka, bangunah hubungan antara kakak dan adik sedini mungkin. Buatlah si kakak tidak sabar dengan kehadiran adik barunya, dengan melibatkan si kakak setiap memeriksakan kandungan.

Kakak pasti akan antusias melihat pergerakan adiknya saat Mama melakukan USG. Pastinya kakak akan sibuk bertanya, kapan adik baru lahir? Cewek atau cowok? Dan seterusnya.

Jangan lupa yah, Ma. Setiap Mama membelikan peralatan bayi untuk keperluan si adik, mintalah pada kakak memilihkan. Misalnya, baju dan mainan yang cocok untuk si adik. Buatlah ikatan secara tidak langsung, namun membuat kakak sangat menantikan kelahiran adiknya.


3. Ketika anak kedua lahir, buat si kakak mengenal adiknya dengan awal yang baik

Photo Credit : BlogNews

Terkadang saat Mama sudah melahirkan anak kedua, maka--baik secara sadar atau tidak--perhatian pada kakak juga akan teralihkan pada adik baru.

Nah, jangan sampai ini terjadi, Ma. Pertama, ketika Mama sudah melahirkan, maka buatlah perkenalan yang baik untuk si kakak. Intinya, buatlah si kakak agar tetap merasa nyaman.

Perkenalan ini akan sangat berpengaruh untuk tingkat emosi si kakak selanjutnya, jadi sebisa mungkin jangan membuat trauma pada si kakak atas kelahiran adik barunya.


BACA JUGA


Sibling Rivalry: Anak-Anak Sering Bertengkar? Atasi dengan Cara-Cara Sederhana Tanpa Teriakan Berikut!

Sibling Rivalry: Anak-Anak Sering Bertengkar? Atasi dengan Cara-Cara Sederhana Tanpa Teriakan Berikut!

Kakak dan Adik berantem melulu, Ma, di rumah? Ah, biasa itu mah. Di mana-mana juga sama. Persaingan antar saudara, atau yang biasa dikenal ...

Read more..


4. Selalu beri waktu luang yang dengan si kakak

Photo Credit : Site De Mulher

Kesibukan setelah melahirkan adalah momok utama ketika Mama tidak bisa membagi waktu bersama si kakak. Kompromikan kepada Papa untuk bisa membantu membagi waktu luang bersama si Kakak.

Ketika Papa bekerja tidak ada salahnya mengambil jatah Mama untuk mengurus si adik, dan Mama bisa membagi waktu bersama si Kakak.

Kerja sama antara Mama dan Papa sangatlah diperlukan di 40 hari pertama. Agar kelelahan dan kesibukan Mama setelah melahirkan tidak berdampak buruk pada psikologi si Kakak ketika adiknya hadir. Juga penting untuk kesehatan Mama sendiri lo.


5. Jangan membedakan antara kakak dan adik, berilah pengarahan tentang aturan

Photo Credit : cnn.com

Ketika anak kedua sudah lahir, usahakan jangan pernah membedakan antara kakak dan adik. Jangan pernah membuat aturan bahwa si kakak harus selalu mengalah pada adiknya.

Tapi berilah pengaturan tentang aturan yang boleh dan tidak yang harus dilakukan pada anak yang lebih besar terhadap anak yang lebih kecil. Ini beda ya, Ma. Contohnya: Ketika si adik merebut mainan kakaknya, Mama sebisa mungkin untuk tidak memarahi sikap si kakak yang berusaha mempertahankan mainan tersebut.

Mama harus membuat aturan yang mudah dipahami, dan tidak memihak pada si adik.


6. Jangan lupa membelikan apa pun untuk si kakak jika membelikan adiknya

Photo Credit : cnn

Barang-barang untuk baby memang sangat lucu yah, Ma. Tapi sebisa mungkin jangan lupa juga membelikan si kakak barang yang sama dengan adiknya.

Jika Mama membelikan baju, kakak juga harus dibelikan baju. Ini menghindarkan pola pikir anak yaitu 'pilih kasih' antara adik dan kakak.


7. Jangan lupa liburan bersama, agar kakak dan adik semakin dekat

Photo Credit : eonline

Sehabis melahirkan anak kedua, sepertinya liburan hanyalah mimpi ya. Tapi ada baiknya untuk merencanakan liburan keluarga ini setelah rutinitas yang Mama dan Papa jalani.

Hal ini juga berdampak positif agar si kakak dan adik semakin akrab. Bisa jadi, saat berada di luar rumah, naluri si kakak untuk melindungi adik justru akan semakin meningkat lo. Nah, secara tidak langsung membuat kakak dan adik semakin dekat deh.


BACA JUGA


Inilah Drama Yang Sering Terjadi Pada Anak Pertama Ketika Anak Kedua Lahir. Seru!

Inilah Drama Yang Sering Terjadi Pada Anak Pertama Ketika Anak Kedua Lahir. Seru!

I may fight with my sibilngs. But once, you lay finger on them, you'll be facing ME

Read more..


Nah Ma, sudah siap kan memiliki anak kedua seperti Titi kamal dan Christian Sugiono? Semoga bisa membantu yah, Ma, untuk mempersiapkan hadirnya adik baru bagi si kakak.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Titi Kamal dan Christian Sugiono Dikaruniai Anak Kedua - Apa yang Harus Dilakukan Ketika Si Kakak Mempunyai Adik?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Letta diva | @Vinaleta

Silahkan login untuk memberi komentar